Sebagaimana diketahui bersama bahwa Ujian Nasional akan digantikan oleh yang namanya Asesmen Nasional. Disini admin tidak akan berpanjang lebar menjelaskan apa itu asesmen nasional. Jadi kita berfokus pada aplikasi asesmen itu sendiri. Karena langsung kepada teknis berhubungan dengan tugas sebagai operator. Nah bagi Anda atau sekolah yang ditunjuk mengikuti SSB tahap 1 dan SSB tahap 2 yang diselenggarakan tanggal 5 Nopember besok saya kira akan tahu perihal masalah SSB ini.




Tugas Operator pada Simulasi Asesmen Nasional


Disebutkan diatas bahwa yang paling vital dari asesmen nasional yang berhubungan dengan operator adalah aplikasi itu sendiri tentunya tak lepas dari jaringan dan ketersediaan infrastruktur seperti komputer/laptop. Yang perlu diketahui, sudah 1 kali diadakan simulasi penggunaan aplikasi asesmen ini.

Simulasi sendiri diadakan via daring lewat website https://ubk.kemdikbud.go.id/ubkd/ dimana operator diberikan user dan password oleh dinas pendidikan kemudian login dan mengikuti via daring di web tersebut. Selain itu juga diselenggarakan Live via Youtube. Bagi sekolah yang ditunjuk silakan meminta user kepada admin dinas pendidikan. 


Di dalam web tersebut nantinya kita bisa mengunduh aplikasi yang namanya EXAM BROWSER yang digunakan untuk mengerjakan tugas asesmen. Aplikasi tersebut kita instal di laptop operator/peserta simulasi. Bagi yang ingin aplikasi exam browser bisa diunduh di bagian akhir artikel ini.


Kegiatan Simulasi Skala Besar AKM/UBKD Tahap 2


Kegiatan ini akan dilaksanakan besok atau tanggal 5 Nopember 2020, yang paling penting disiapkan operator selain laptop adalah aplikasi Exam browser serta jaringan internet yang stabil. (link unduhan aplikasi di bagian bawah artikel)

Jadi dalam kegiatan ini kita operator berperan sebagai peserta simulasi yang harus mengerjakan soal asesmen via aplikasi exam browser. Seolah oah kita sebagai siswa yang mengerjakan soal tersebut, jadi bukan mengumpulkan 20 siswa disekolah, tapi cukup operator yang ditunjuk dinas berperan seolah2 siswa yang mengerjakan soal asesmen.


Cara Download dan Instal Exam Browser

Saya sebutkan diatas, operator bisa emngunduh exam browser di laman https://ubk.kemdikbud.go.id/ubkd/, namun jika belum sempat mengunduh silakan unduh di link ini
Exam browser ini adalah versi 20.1014

Jika mengunduh gagal karena dianggap virus silakan unduh pake Google Chrome, masuk ke pengaturan atau chrome://settings/security lalu pada safe browsing pilih "tidak ada perlindungan". Lalu unduh ulang. Matikan anti virus laptop lalu extrak file zip tersebut.

Sebelumnya sebaiknya buat folder khusus untuk menaruh file. Lalu extrax file.


Unduh exam Browser
exambrowser



Buka folder lalu cari file bernama ExamBrowser, Ini nanti yang akan dijalankan pada saat simulasi tanggal 5 Nopember besok.



Cara Menjalankan Exam Browser


Seperti gambar di atas, klik 2 kali file ExamBrowser







Pastikan semua sudah tercentang hijau, lalu klik RUN. Jika masih ada silang merah, maka aplikasi tidak bisa berjalan.  Selengkapnya unduh saja panduannya di bawah.

Unduh disini aplikasi exambrowser 20.1014 untuk komputer 64 bit
https://app.box.com/s/1hjix4bzl6ijgg7nhz1xolsreetepid1

Untuk komputer 32 bit di link ini

Panduan membuka atau menjalankan Exambrowser Unduh di Tautan Ini

Aplikasi Proktorbrowser Unduh di tautan ini (64bit) dan ditautan ini (32bit)

Untuk username dan pasword exambro silakan hubungi proktor atau admin dinas masing2.



Demikian sekilas informasi untuk kegiatan Simulasi Skala Besar Asesmen Nasional 2020-2021

Post a Comment