Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud telah merilis laman terbaru Info GTK tahun 2020. Yakni Untuk mengecek status validasi tunjangan guru yang berasal dari hasil sinkronisasi Dapodik 2021 atau periode Juli-Desember 2020. Jadi jika dapodik sekolah sudah melakukan sinkronisasi dengan sukses maka guru atau operator bisa mengecek Info GTK.

Adapun hingga artikel ini ditulis, laman Info GTK masih dalam tahap ujicoba. Tapi sudah bisa diakses atau login di laman tersebut. Adapun laman yang bisa dituju oleh GTK adalah alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini untuk login nya.

INFO GTK 2020 2.0

Perlu diketahui oleh guru sekalian, bahwa disini ada 2 pilihan opsi untuk login.
1. Login menggunakan akun GTK yang diinput di dapodik. (tulisan Login langsung ke GTK)
2. Login menggunakan SSO Dapodik (lewat laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id)


Untuk mengetahui email dan password atau akun login ke Info GTK silakan menghubungi operator dapodik masing-masing sekolah. Saya sendiri mencoba login dengan opsi pertama lewat Login langsung ke GTK menggunakan akun GTK yang sudah diinput lewat Dapodik. Jika Anda lupa password akun GTK dapodik bisa membuka artikel Cara mengetahui Akun GTK di dapodik.

INFO GTK 2020 2.0
login INFO GTK 2020 2.0







Baiklah setelah kita buka laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau Info GTK 2020 2.0 siapkan email dan password nya. Kita gunakan cara pertama. Masukkan email dan password serta kode Captcha lalu klik login. Akan muncul seperti gambar di bawah.



laman info GTK 2020 2.0 https://info.gtk.kemdikbud.go.id/dashboard
Status SKTP Info GTK


Seperti tahun-tahun sebelumnya, laman ini berisi informasi data Guru baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum. Intinya yang sudah terinput di dapodik. Karena Laman info GTK tidak hanya digunakan acuan untuk tunjangan profesi saja, namun juga tunjangan lain seperti tunjangan fungsional dan tunjangan khusus.


Di bagian akhir  pada menu Verifikasi Data Tunjangan Profesi bisa kita lihat centang-centang berwarna hijau seperti data NUPTK, Usia, Kelulusan sertifikasi dkk.


verifikasi tunjangan profesi guru di info gtk 2020 2.0
verifikasi data tunjangan profesi

Jika Kelengkapan Data masih tanda silang merah, tak perlu kuatir, karena ini masih tahap ujicoba dan tentu saja belum diverifikasi oleh Admin tunjangan profesi kabupaten/kota.

Cara Cetak Info GTK


Jika pada laman Info GTK tahun lalu kita tidak bisa mencetak langsung dari laman ini. Maka pada Info GTK 2020 2.0 ini kita bisa mencetak secara langsung dengan cara klik tombol cetak di bagian atas.


cara cetak info GTK 2020
cetak Info GTK 2020 2.0
cara mencetak  halaman Info GTK 2020 2.0

Pastikan komputer sudah terhubung dengan printer lalu klik print. Maka laman info GTK bisa dicetak.

Demikian informasi awal untuk Info GTK tahun 2020 periode semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 atau periode Juli - Desember 2020.  Saran saya login saja menggunakan akun GTK yang sudah diinput di dapodik, karena untuk login via SSO agak sulit.

Silakan kalau mau coba login untuk melihatnya ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/





Post a Comment