Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Download Aplikasi Erapor SD Kurikulum Merdeka

Rapor dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti laporan resmi (kepada yang wajib menerimanya). Dalam dunia pendidikan rapor berarti dokumen resmi yang dikeluarkan oleh sekolah sebagai laporan hasil belajar siswa baik berupa nilai maupun deskripsi yang dibagikan 2 sampai 4 kali dalam setahun.

Kalau dulu kita masih sekolah menerima rapor dalam bentuk buku dan dalam bentuk yang sederhana. Namun sekarang di era digital rapor bisa diakses baik lewat media online maupun nilai dalam bentuk lembaran atau buku. Guru dalam menghasilkan nilai kebanyakan memakai aplikasi dalam format microsoft excel yang cukup mudah pengaplikasiannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pembinaan Sekolah Dasar telah merilis aplikasi Erapor untuk sekolah dasar. Apa itu erapor? Sebagian operator dapodik saya yakin apa itu Erapor. Sebagian lagi mungkin masih terasa asing karena belum mengetahui aplikasi tersebut.

Download Aplikasi Erapor SD Kurikulum Merdeka


Aplikasi erapor Kemdikbud adalah aplikasi pengolah nilai rapor yang terkoneksi dapodik. Jadi guru-guru pengguna Erapor tidak perlu lagi mengetik nama siswa, data individu siswa, data sekolah. Cukup mengakses aplikasi erapor, database sudah tersedia. Guru cukup memasukkan nilai-nilai kedalam dokumen excel menggunakan metode import, yang dibutuhkan seperti nilai harian, nilai UTS, nilai ulangan semester dan dokumen rapor langsung bisa dicetak dan terdokumentasi dalam bentuk file pdf.

Hingga kini Aplikasi Erapor sendiri tersedia dari tingkat SD hingga SLTA. Khusus di SD aplikasi Erapor aplikasi yang dirilis adalah aplikasi Erapor Kurikulum Merdeka.

Apakah aplikasi Erapor resmi?

Aplikasi erapor adalah aplikasi resmi yang disiapkan oleh masing-masing direktorat pembinaan masing-masing jenjang di Kemdikbud. Penggunaan aplikasi erapor sendiri secara resmi diumumkan lewat Surat Edaran Dirjen PAUD DIKDASMEN di poin 4 yang berbunyi "Sekolah melakukan pengisian data nilai rapor menggunakan aplikasi e-rapor yang terintegrasi dengan aplikasi Dapodik, yang aplikasinya telah disiapkan oleh masing-masing direktorat teknis." silakan unduh di tautan ini edaran resmi penggunaan erapor.

Bagaimana cara mengakses Erapor?


Bagi guru yang ingin menggunakan Erapor hal pertama adalah silakan menghubungi operator dapodik. Karena aplikasi erapor harus diinstal dulu di komputer yang juga terinstal aplikasi dapodik. jadi guru tidak bisa menginstal erapor di komputer masing-masing. Guru bisa mengakses erapor menggunakan jaringan intranet wifi. Biasanya memakai alat router untuk berbagi jaringan. Untuk instalasi dan cara akses erapor silakan unduh panduannnya di link di bawah ini.

router untuk erapor

Download aplikasi Erapor dan Panduan penggunaan erapor


Saya sebagai operator dapodik telah menggunakan dan menginstal erapor, yang pada proses sebelumnya telah diadakan workshop erapor di tingkat sekolah. Jadi tugas operator dapodik disini otomatis juga sebagai admin erapor. Tugas pertama erapor sendiri terletak pada admin erapor. Yang paling sulit tentunya adalah mengajari guru, karena tingkat pengetahuan guru tentunya berbeda-beda. Ada yang goyang-goyang pegang mouse, dan yang paling penting tentunya adalah kemampuan dasar mengoperasikan komputer. Secara garis besar, dalam mengakses Erapor, yang paling sering dibuka adalah browser baik itu Google Chrome, Firefox atau Opera. Jika guru kurang terbiasa berselancar di dunia maya menggunakan komputer, pengalaman saya mengajari guru erapor agak sulit. Apalagi jika laptop guru memiliki spesifikasi yang rendah ,dijamin lelet deh.

Tidak perlu bertele-tele ya. Silakan unduh aplikasi erapor SD dan panduannya di bawah ini.

1. Aplikasi Erapor SD kurikulum merdeka di link ini .
2. Panduan penggunaan aplikasi erapor SD untuk admin dan guru di link ini 
3. Panduan Untuk Guru bisa diunduh disini
4. Panduan Untuk Administrator/Operator di tautan ini


Selanjutnya adalah Persiapan Dapodik dan Cara Instal Erapor  SD



Related Posts