Hal yang berbeda dilakukan oleh panitia penerimaan CPNS/PPPK khususnya BKN yang pada seleksi tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilakukan. Yakni Pemberian masa sanggah kepada pelamar CPNS/PPPK. Artinya, sanggahan disini diberikan kepada pelamar  yang gugur pada saat seleksi administrasi. Jadi pelamar diberikan kesempatan untuk MEMPERBAIKI KESALAHAN DATA kepada panitia seleksi CPNS ataupu mengunggah ulang dokumen.


 
Adanya masa sanggah ini karena pada tahun 2018 lalu banyak pelamar yang gugur seleksi administrasi, padahal sebenarnya layak untuk masuk ketahap berikutnya atau SKD. Hal ini terjadi karena kesalahan admin verifikator dalam memverifikasi berkas pelamar CPNS.

Dikutip dari buku panduan pendaftaran CPNS, Masa Sanggah pelamar adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan  kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI. Pelamar diberikan waktu sanggahan 3 (tiga) hari setelah
instansi mengumumkan hasil kelulusan seleksi administrasi, dan 7 (tujuh) hari bagi instansi untuk memproses sanggahan pelamar. Pelamar dapat mengecek hasil  sanggahan di Akun SSCASN.

Masa sanggah dilakukan jika hasil seleksi administrasi tidak sesuai dengan berkas yang sudah diunggah oleh pelamar yang merupakan kesalahan verifikasi instansi.  Cara melakukan sanggahan ini bisa dilakukan lewat akun SSCN pelamar, jadi tidak bisa langsung menemui panitia seleksi CPNS.


 
Pelamar dapat memilih tombol  untuk menyanggah hasil administrasi. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, pelamar harus  mengisi alasan menyanggah dokumen yang dinyatakan tidak lulus oleh instansi. Pelamar tidak dapat melakukan unggah ulang dokumen.

Masa Sanggah Pendaftaran CPNS 2019

cara melakukan sanggahan pendaftaran CPNS2019

Setelah memberikan alasan, maka pelamar dapat menandai checkbox dengan menyatakan bahwa alasan sanggah untuk alasan TMS persyaratan yang dibuat sesuai dengan dokumen sebenarnya dan apabila ternyata isian yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen maka bersedia menanggung akibat hukum yang ditimbulkan.


Jika melihat dari gambaran formulir sanggahan CPNS tahun 2019 lalu, pada dasarnya adalah kesalahan pada dokumen unggah, seperti dokumen KTP, Ijazah, dll. Bukan berupa isian. Namun untuk 2021 ini kita belum tahu ya. Nanti bagi Anda yang tidak lulus seleksi administrasi akan apa saja kesalahan saat melakukan proses pendaftaran.

Demikian tadi perihal pemberian masa sanggah bagi pelamar CPNS yang dianggap gugur pada saat pengumuman seleksi administrasi CPNS. Silakan dibaca juga penyebab kegagalan seleksi administrasi/berkas CPNS 

Baca Juga

Post a Comment