Aplikasi Dapodik 2022 sudah dirilis, sebagian operator sekolah tentu telah mengerjakan dan melakukan sinkronisasi dapodiknya. Terkait dalam hal ini ada kebijakan baru dari pengembang aplikasi yakni perubahan paksa untuk mengubah password login bagi GTK di aplikasi dapodik.

Artinya guru dan tendik yang masuk di aplikasi dapodik setelah berhasil login, maka wajib mengubah password. Perubahan ini berdampak pada akun GTK di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.

Maksudnya begini, Akun GTK di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ semua direset oleh pusat, sehingga guru yang akan login di laman PTK datadik tidak bisa dan muncul "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok". Maka operator atau guru yang bersangkutan wajib mengubahnya di aplikasi dapodik.

Berikut langkah-langkah mengubah password.

1. Keluar dari akun operator

2. Login ke akun GTK salah satu guru menggunakan password lama, pastikan Guru tersebut memang sudah dibuatkan akun.



3. Pilih role peran, akan muncul pop up pemberitahuan perubahan aplikasi dan perubahan password

Masukkan password lama dan password yang baru untuk login. Jika benar ada opsi Untuk Log Out

ubah password akun dapodik GTK


4. Login Ulang menggunakan email dan password yang baru. Berhasil.


5. Jika Anda operator, dan membantu perubahan passsword GTK tadi, selesai itu maka lakukan sinkronisasi agar bisa  login di laman PTK Datadik https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.

Cara Kedua


Operator bisa melakukan perubahan password tanpa perlu masuk ke akun GTK. Atau lewat akun operator saja dengan Memilih Menu GTK Guru atau Tendik. Pilih PTK lalu klik penugasan dan Klik Buat Ubah Akun PTK, masukkan password baru. Simpan.




Apakah perubahan ini nanti juga berdampak pada password akun GTK di laman Info GTK guru, saat saya coba login di Info GTK tanggal 4 Agustus, untuk login ke Info GTK masih menggunakan password yang lama.


Demikian tadi cara ubah password GTK di dapodik agar bisa login di PTK Datadik.

Baca Juga

Post a Comment