Blanko EKTP Prioritas Untuk Perekaman Baru



Hampir tiap hari, bahkan tiap saat ada pertanyaan tentang KTP elektronik atau e-KTP.
Kapan blangko KTP elektronik tersedia? Kapan bisa menukar surat keterangan KTP ke bentuk KTPel? Kenapa bisa lama? Kenapa bisa tidak ada blangko?

Blanko EKTP
Blanko EKTP


Prioritaskan Blanko KTP-el Untuk Perekaman Baru

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyatakan blangko KTP Elektronik (KTP-el) hasil pengadaan tahun anggaran 2019 sudah terdistribusi sebanyak 16 juta keping. Dia mengakui, saat ini sejumlah Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota kekurangan blanko KTP-el, sehingga diperlukan langkah-langkah khusus.

Dalam surat edarannya kepada seluruh Kadis Dukcapil Kabupaten/ Kota No. 471.13/6153/Dukcapil, Prof. Zudan antara lain menyebutkan, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang meliputi 23 jenis output dokumen agar tetap berjalan seperti biasa.

Selanjutnya, terkait ketersediaan blanko KTP-el yang sangat terbatas, dirinya mengimbau agar diprioritaskan untuk hal-hal mendesak dan perekaman baru.

"Pencetakan untuk pengganti KTP-el yang rusak, hilang, pergantian elemen dta agar diterbitkan Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas (Suket) yang diatur dalam Pasal 59 ayat (2) huruf m dan putusan MK tanggal 26 Maret 2019," papar Zudan dalam surat edarannya.

Zudan juga mengarahkan agar Suket yang diterbitkan di masing-masing Kabupaten/Kota dicatat dan didokumentasikan dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Berikut ini edaran resmi Dirjen DUkcapil Kemendagri
edaran Dirjen DUkcapil Kemendagri

Dinas Dukcapil Hanya dijatah 500 Keping Blangko

Kelangkaan dan sulitnya membuat EKTP dengan blangko asli tidak terlepas dari jatah yang digelontorkan Dukcapil pusat kepada kantor-kantor dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah.
Berdasarkan pantauan di berbagai situs dukcapil daerah, Dukcapil daerah hanya menerima jatah 500 blangko EKTP kosong tiap periodenya.
Ada yang sebulan, ada yang perminggu bahkan ada yang tiap 2 bulan hanya mendapat 500 keping blangko EKTP tersebut.

Sebagai contoh di Gresik, Dukcapil Gresik mendapat 500 keping blangko dan hanya dalam waktu 3 hari blangko tersebut langsung ludes.
Padahal antrian mencapai puluhan ribu.

0 Response to "Blanko EKTP Prioritas Untuk Perekaman Baru"

Posting Komentar