Syarat Pendaftaran PPPK 2019

Penerimaan PPPK 2019 akan segera dibuka, walau pada awalnya pendaftaran PPPK 2019 khususnya tahap 1 untuk honorer K2 ditunda namun hal ini sudah bisa dipastikan sembari menunggu peraturan menteri terkait. Apa itu PPPK saya kira para pembaca sudah paham dan bisa dibaca kembali pada Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Bagi Anda baik Honorer K2 maupun kategori umum, pemerintah membuka kesempatan untuk menjadi PPPK. Sebelum pendaftaran resmi dibuka ada baiknya disimak dulu hal hal terkait penerimaan PPPK tersebut.

Syarat Pendaftaran PPPK 2019 Tahap 1


Diberitakan sebelumnya seleksi PPPK akan dibagi 2 tahapan yakni tahap 1 khusus untuk honorer eks K2, khususnya tenaga guru, Kesehatan, Dosen PTNB serta Tenaga Harian Lepas TB Penyuluh Pertanian,  Serta tahapan kedua untuk kategori umum.

Adapun syarat pendaftaran Untuk Honorer K2 sebagai berikut.

Berusia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum BUP dalam jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

 A. Untuk Tenaga Pendidik :

1. Berusia Maksimal 57/59 tahun per 1 April 2019
2. Pendidikan Minimal S1/DIV dengan jurusan relevan dengan mata pelajaran pada kurikulum
3. Masih aktif mengajar sampai saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah/Kepala Dinas yang menyatakan masih aktif yang memuat informasi minimal NUPTK/NIK, nama, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, mata pelajaran yang diampu, Kab/Kota/Provinsi.
4. Menandatangani Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri Kab/Kota/Provinsi sesuai wilayah tempat mengajar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini.


B. Untuk Tenaga Kesehatan :

1. Memiliki Pendidikan minimal D-III bidang kesehatan sesuai dengan persyaratan jabatan dan mempunyai STR yang masih berlaku (bukan STR internship) kecuali untuk epidemiolog, Entomolog, Administrator kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan dengan Pendidikan D-III/S1- Kimia/Biologi.
2. STR (Surat Tanda Registrasi) di unggah melalui SSCASN
3. Ijazah diunggah melalui SSCASN
4. Surat Keputusan Pengangkatan Terakhir di unggah melalui SSCASN
5. Daftar persyaratan jabatan


C. Untuk Tenaga Penyuluh Pertanian : 


Persyaratan sesuai dengan Permenpan No.2 tahun 2008 dan PP No.49 tahun 2018
Berusia maksimal 57 tahun per 1 April 2019


B. Untuk Tenaga Dosen :





Selain persyaratan umum pendaftaran PPPK tahap 1 untuk K2 diatas, calon pelamar hendaknya menyiapkan juga berkas-berkas pendaftaran yang nantinya akan diunggah dan juga diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah setempat.

Dokumen Pendaftaran PPPK 2019 Tahap 1

Dokumen yang harus disiapkan dan discan untuk diunggah

- Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg
- Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg
- Scan Ijazah 700 Kb bertipe file pdf
- Scan Transkrip nilai Ijazah 500 Kb bertipe file pdf
- Scan Dokumen lainnya maksimal 500 Kb bertipe file pdf
- Scan Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri Kab/Kota/Provinsi 500kb bertipe Pdf ( guru dan tenaga Pendidik).
- Scan Surat Penugasan dari Kepala Sekolah 500 Kb berformat pdf (guru dan tenaga Pendidik)
- Scan Surat Tanda Registrasi (STR) Untuk dokter 500 Kb Bertipe pdf.

untuk tenaga pendidik :
1. Ijazah dan Transkrip Nilai S1/DIV
2. Surat Penugasan dari Kepala Sekolah/Kepala Dinas yang menyatakan masih aktif yang memuat informasi minimal NUPTK/NIK, nama, tempat tanggal lahir, nama sekolah, mata pelajaran yang diampu, Kab/Kota/Provinsi.
3. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri Kab/Kota/Provinsi sesuai wilayah tempat mengajar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini.

Untuk Tenaga kesehatan :
1. STR (Surat Tanda Registrasi )

Untuk Tenaga Penyuluh pertanian :
1. THL-TB Penyuluh Pertanian

Demikian beberapa persyaratan dan berkas pendaftaran PPPK 2019 khusus tahap 1. Bagi Anda tenaga honorer eks K2 yang berminat mendaftar PPPK sebaiknya persiapkan berkas pendaftarannya dari sekarang...

Untuk persyaratan pendaftaran PPPK  2019 tahap 2

Menurut PP nomor 49 tahun 2018, persyaratan umum untuk mendaftar PPPK sebagai berikut:

  • berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan ;
  • tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  • tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK,Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan  yang mempersyaratkan;
  • sehat jasmani jabatan dan rohani sesuai dengan persyaratan yang dilamar;
  • persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.
 
Nah demikian syarat pendaftaran PPPK tahun 2019. Segera persiapkan dokumennya. 
BERIKAN KOMENTAR ()