Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pendidikan Tinggi dulunya berada di bawah naungan Kementerian RISTEK DIKTI, namun pasca kepemimpinan presiden Jokowi yang kedua maka Dikti dikembalikan lagi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah menteri baru Nadiem Makarim. Efeknya tentu saja berimbas kepada aturan dan regulasi dasar Pendidikan Tinggi seperti Standar Nasional pendidikan Tinggi, Akreditasi Perguruan Tinggi, Penerimaan mahasiswa baru, dan ijin pendirian perguruan tinggi baru.

Berikut ini beberapa regulasi baru atau permendikbud baru yang mengatur Pendidikan Tinggi:

1. Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi




2. Permendikbud nomor 4 tahun 2020

Untuk meningkatkan  kualitas  pendidikan  maka perlu   memberikan   kemudahan   dan fleksibilitas bagi perguruan  tinggi  negeri  untuk  menjadi  perguruan  tinggi negeri badan hukum, maka perlu Perubahan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan   Nomor 88 Tahun   2014 Perguruan Tinggi  Negeri  Menjadi Perguruan  Tinggi  Negeri  Badan Hukum



3. Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Perguruan tinggi


Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yang  selanjutnya disingkat BAN-PT adalah badan yang  dibentuk oleh Pemerintah untuk melakukan dan mengembangkan Akreditasi Perguruan Tinggi secara mandiri. 



4. Permendikbud nomor 6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri



 Dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2020 mengatur masalah Jalur penerimaan mahasiswa baru,  Daya tampung mahasiswa baru di PTN, persyaratan seleksi dan calon mahasiswa dll.




5. Permendikbud NOMOR 7 TAHUN 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta

Post a Comment