Inilah Tahapan Kegiatan Saat PPGJ

Saat ini sedang berlangsung pendaftaran seleksi kemampuan akademik atau pretes bagi guru di SIM PKB. Selain itu juga sedang berlangsung PPGJ angkatan ke-5 untuk tahun 2019 ini. Tentunya ada beberapa rekan guru yang ingin mengetahui apa saja dan bagaimana tahapan dan kegiatan-kegiatan dalam PPGJ. Berdasarkan info yang admin dapatkan di sebuah grup facebook berikut ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama PPGJ berlangsung dengan beberapa kalimat tambahan.


Tahapan Kegiatan Saat PPGJ


1. Tahapan Pretest /Seleksi Akademik


Tahapan pretes adalah tahapan awal menjaring calon peserta PPGJ, tentunya tidak semua bisa mengikuti pretes karena harus melalui proses seleksi administrasi (pendaftaran online pretes di SIM PKB). Tahap ini akan diseleksi linieritas, masa kerja guru   dll. Selanjutnya adalah pelaksanaan pretes. Dari hasil pretes akan didapatkan nilai pretes. Dari sini kemudian Kemdikbud menentukan calon peserta yang berhak mengikuti PPGJ. Perlu diketahui peserta yang ingin lolos ke tahap selanjutnya harus memenuhi persyaratan, salah satunya nilai minimal pretes. Sebagai contoh nilai pretes yang ditentukan adalah minimal 60, jika guru mendapat nilai 55 atau di bawah 60 jangan harap bisa ikut PPGJ. Tidak heran jika ada guru yang sampai ikut pretes 2-3 kali sejak 2015 lalu karena nilai pretesnya tidak memenuhi KKM. Jika dinyatakan lulus pretes tahap selanjutnya adalah pemberkasan.

2. Pemberkasan calon peserta PPGJ

Setelah peserta memenuhi syarat dan lulus pretes, tahap selanjutnya adalah pemberkasan PPGJ. Sekedar diketahui tahapan pelaksanaan PPGJ tidak serentak secara keseluruhan. PPGJ dilaksanakan bergelombang atau per angkatan. Misalnya di tahun 2019 ini dilaksanakan sebanyak 5 angkatan. Jadi bisa saja jika lulus pretes dipanggil di angkaan 1, 2, 3 dan angkatan lainnya. Maka dari itu guru harus memantau secara berkala laman SIM PKB atau laman sergur di www.sergur.id ataupun www.sergur.kemdikbud.go.id. Guru yang terpanggil pemberkasan selanjutnya adalah pelaksanaan PPG yang diawali dengan belajar daring (dalam jejaring)

3. Kuliah Daring

kuliah daring saat PPGJ

Tahapan awal PPGJ adalah Kuliah dalam jaringan, pada fase ini setiap peserta PPG dituntut menyelesaikan/memahami semua modul pedagogik & mapel yg diampu, kemudian mengerjakan tugas, tes formatif dan sumatif. Pada masanya target minimal nilai tes formatif & sumatif 75.
Alamat website untuk pelaksanaan kuliah daring PPGJ bisa di akses di laman http://ppg.spada.ristekdikti.go.id/master/ sedangkan login pembelajaran di https://ppgspada.brightspace.com/d2l/login


TIPS LULUS DARING:

Pastikan aktif mengikuti diskusi, download semua materi & tugas, selesaikan semua tugas, kerjakan tes formatif berulang2 hingga mendapat nilai diatasi 75, & pastikan sudah menguasai semua materi untuk mengerjakan tes sumatif.  (Jika pada tahapan kuliah daring peserta tidak lulus maka tidak ada pengulangan &  peserta dinyatakan gugur, otomatis pula bisa lanjut ketahap berikutnya atau workshop di perguruan tinggi LPTK sergur).

4. Workshop di LPTK

workshop atau kuliah tatap muka PPGJ di perguruan tinggi
Workshop merupakan kuliah tatap muka langsung di LPTK, workshop merupakan pendalaman materi yang ada pada kuliah daring. Kegiatannya meliputi: dosen menyampaikan materi, peserta diskusi, mengerjakan tugas, & presentasi. Pada juknis, peserta PPG diharuskan melaksanakan 2x PRE-TEACHING sebagai penilaian pada semua bahasan workshop. Pre-teaching biasanya dilakukan 2 pekan sekali (penguji adalah dosen & seorang guru yang sudah mempunyai pangkat & jabatan sesuai ketentuan pada juknis).

5. PPL

Praktik lapangan, saya rasa Bapak/Ibu sudah pernah mengalami hal ini. Pelaksanaan PPL tdk jauh beda dengan saat kita kuliah S1. Bedanya peserta PPG dituntut melakukan LESSON STUDY 2x sebagai syarat mengikuti UKIN. Lesson study wajib dihadiri dosen pembimbing atau guru pembimbing lapangan.

6.UKIN (Uji Kinerja)

Ukin atau Uji kinerja adalah ujian praktik mengajar di kelas. Penilaian meliputi kelengkapan perangkat mengajar, penguasaan kelas, & penguasaan materi. Penguji adalah dosen & guru yang memiliki pangkat dan jabatan sesuai ketentuan pada juknis. UKIN dilaksanakan 2 jam pelajaran, setelah ukin selesai dosen & guru bersama2 menginput nilai pada saat itu juga secara online.


TIPS LULUS UKIN:
Buatlah perangkat mengajar lengkap sesuai ketentuan & Ujikan dengan percaya diri. Tidak lulus hanya cocok buat mereka yg belum punya pengalaman mengajar sama sekali.
Pastikan lulus ukin, mengulang UKIN akan dikenai biaya sebesar Rp 1 Juta. Kebanyakan yang tidak lulus sebelumnya adalah mereka PPG Prajabatan yang belum punya pengalaman mengajar.

7. Uji Pengetahuan (UP)

Uji Pengetahuan, hampir mirip saat pretest. Materi yang diujikan semua yang pernah dipelajari di daring ditambah intelejensi umum.

TIPS LULUS UP:
Pelajari latihan2 soal tryout di akun SPADA, ikuti simulasi UP & ingat soal-soal yg ditampilkan disimulasi (berdasar  pengalaman banyak soal simulasi yg keluar di UP). Pastikan bisa lulus UP, mengulang UP dikenai biaya sebesar 300rb persekali ujian.

Demikian tadi tahapan kegiatan-kegiatan dalam PPGJ. Jika guru dinyatakan lulus UP maka tinggal menunggu saja penerbitan sertifikat pendidik oleh kampus LPTK.

Mengenai pembayaran banyak juga yang JULIT nich! Uang dikemanakan, buat apa?
Jangan asal tuduh, semua itu sudah diluar tanggung jawab  pemerintah yg mendanai kita. Biaya UKIN sebesar 1juta tadi di transfer langsung ke LPTK digunakan untuk fee & akomodasi 2 dosen yang menguji, serta anggap saja sebagai biaya pinjam kelas & menganggu KBM siswa. (Tahu sendirikan susahnya mengatur semua itu, dari penyesuaian jadwal hingga ini itu).

Sedangkan biaya UP sebesar 300rb ditransfer langsung ke panitia pelaksana UP digunakan untuk sewa gedung, perangkat komputer, server, fee panitia yg mengcover kalian semua mulai dari pendaftaran hingga mengondisikan saat ujian berlangsung, dll. Jadi yaa... kalau tidak mau bayar2 melulu, sebaiknya belajar benar2 biar bisa langsung lulus tanpa mengulang.

Habis biaya berapa  saat PPG?

Siapkan saja 4-10jt (biaya dihitung dari daring)
Sebenarnya fleksibel, menyesuaikan kebutuhan & dimana kamu ditempatkan.
Jika ditempatkan di LPTK dekat rumah cukuplah 4jt-an bisa jadi sisa (makan & tinggal di rumah).
Luar kota, LPTK di wilayah kota kos lumayan mahal antara 400-600rb, yg dekat LPTK bisa jalan kaki 1jt-an. Bisa lebih irit kalau ada asrama mahasiswa.
Saya dulu dapat harga 550rb, kamarnya sempit di lantai dasar tidak ada sinyal, kasur lantai, lemari mini, 1 kamar mandi buat 6 orang. Kalau sudah seperti itu biaya bisa 5-8jt tapi aku dulu habis 10jt (karena kejuruan saat daring ada membuat produk selain print2 tugas, kebutuhan PPG lain, & makan)
Bagaimana yg ditempatkan diluar pulau, sebaiknya menyiapkan 10jt, beberapa ribu untuk keperluan tidak terduga. (Tahu sendirikan harga tiket pesawat domestik lebih mahal dari pada tiket internasional).

Semoga bermanfaat. Jika ada yg kurang bisa ditambahkan.

0 Response to "Inilah Tahapan Kegiatan Saat PPGJ"

Posting Komentar