Cek Info GTK Tanpa Memakai Account PTK

Beberapa hari terakhir laman info GTK sudah resmi dibuka oleh Ditjen GTK        yang disediakan bagi guru baik yang sudah sertifikasi   maupun yang belum untuk mengetahui status validasi tunjangan profesi. Tentunya guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik tersebut berharap agar Info GTK nya valid dan tidak ada masalah.

Sebagaimana kita ketahui informasi yang ditampilkan pada halaman Info GTK masing-masing guru merupakan hasil dari isian dapodik yang kemudian dikirimkan ke server dapodik, selanjutnya data dipergunakan pula oleh Info GTK untuk ditampilkan di laman tersebut.

Berdasarkan laporan banyak kendala yang ditemui oleh guru yang mencoba men cek Info GTK. Namun tidak sedikit pula yang dengan cukup mudah mengetahui hasil info GTK. Adapaun hambatan yang banyak ditemui guru adalah tidak bisa login di Info GTK dengan pemberitahuan berupa Data Tidak Ditemukan. Hal ini terjadi karena semenjak semester 2 tahun 2019 ini, ada kebijakan baru bahwa untuk login Info GTK wajib menggunakan account PTK. Padahal di lapangan banyak PTK yang belum dibuatkan akun PTK di aplikasi dapodik. Sehingga tidak bisa login. Adapula yang baru dibuat dan password diubah sehingga muncul pemberitahuan data tidak ditemukan atau pemberitahuan lain yang intinya guru tidak bisa melihat informasi pada laman Info GTK untuk mengetahui validasi tunjangan profesi tadi.

Baca Juga
Cara login Info GTK memakai account PTK
Login SIM PKB Guru


Jika dibandingkan periode sebelumnya guru juga bisa dengan mudah masuk ke InfoGTK menggunakan NUPTK atau NRG atau NIK masing-masing. Selain itu dulu juga bisa login info GTK bisa lewat akun SIM PKB guru.

Adapula yang bisa dengan mudah masuk ke Info GTK namun data belum valid padahal isian di dapodik sudah benar. Namun ini kasus berbeda ya. Jadi intinya guru ingin melihat langsung atau berhasil login di Info GTK. Apalagi lembaran cetak atau print out tampilan Info GTK ini dipergunakan untuk pemberkasan pencairan tunjangan profesi. Bagaimana bisa mencetak jika Info GTK tidak bisa dibuka?

cek info gtk guru lewat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Sebenarnya ada cara alternatif untuk bisa melihat tampilan pada laman  di Info GTK masing-masing guru yakni lewat manajemen dapodik. Apa itu manajemen dapodik adalah laman yang beralamat di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dimana laman ini bisa diakses hanya oleh operator dapodik saja. Namun bisa dipergunakan juga untuk mengecek info GTK masing-masing guru yang terdata di daplikasi dapodik sekolah.

Jadi kembali ke asal guru bisa meminta bantuan operator dapodik atau sekolah untuk melihat info GTK nya. Karena itu tadi yang punya hak akses adalah operator dapodik. Ya sembari minta simpankan laman info GTK ke format Pdf jika sudah valid. Demikian informasi mengenai cara alternatif melihat laman info GTK lewat alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

cek info gtk guru lewat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Oke segera saja hubungi operator sekolah Anda ya. Jalin kerjasama dan koordinasi yang baik. Hehhe

Cara login di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Untuk bisa login di alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ adalah dengan menggunakan username dan password dapodikdasmen.  Bagi operator dapodik ini tentunya bukan hal yang sulit. Silakan langsung saja ke alamat cek info gtk guru lewat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

0 Response to "Cek Info GTK Tanpa Memakai Account PTK"

Posting Komentar