Cek Keaslian Ijazah di SIVIL DITJEN BELMAWA Kemristek Dikti


Bagi seorang mahasiswa yang sudah begitu lelah penuh perjuangan selama lebih kurang 3 hingga 5 tahun menempuh kuliah di Universitas tentu ingin suatu saat kelak hasil selama menempuh pendidikan tersebut bisa bermanfaat. Baik bagi diri sendiri, orangtua dan keluarga maupun bangsa dan negara. Bagi diri sendiri manfaat yang ingin diraih tentunya setelah selesai kuliah ingin segera mendapatkan pekerjaan baik di sektor swasta dengan menjadi karyawan maupun penjadi abdi negara semisal CPNS. Setelah selesai kuliah  pastinya saja kita akan mendapatkan namanya jazah yang kelak ijazah itu nantinya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan.

cek keaslian ijazah di sivil belmawa ristek dikti
SIVIL BELMAWA RISTEK DIKTI

Tidak sedikit institusi, lembaga dan perusahaan baik negeri ataupun swasta mensyaratkan kriteria tertentu untuk melamar pekerjaan di intansi mereka. Misalnya saja wajib lulusan perguruan tinggi dengan akrditasi minimal B, atau adapula yang mensyaratkan minimal memiliki IPK 2,75.

Bukan tanpa alasan, tentu saja lembaga atau perusahaan tersebut ingin mendapatkan pelamar/karyawan yang mumpuni. Jika kita ingin menjadi CPNS di instansi pemerintah pun tidak terlepas dari persyaratan-persyaratan yang boleh dibilang cukup ketat tersebut.  Tidak cukup sampai disitu, pemerintah dalam hal ini lembaga penerimaan CPNS atau biasa disebut Panselnas CPNS akan mengecek pula keaslian ijazah milik kita. Apakah benar lulusan atau alumni perguruan tinggi tersebut. Atau hanya menggunakan ijazah palsu untuk melamar CPNS.

Untuk mengetahui hal ini bisa diketahui lewat aplikasi milik Kementerian Ristek Dikti yang disebut SIVIL DITJEN BELMAWA kepanjangan dari Sistem Verifikasi Ijazah secara Eletronik. Aplikasi ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi yang bisa digunakan oleh siapapun untuk mengecek atau melakukan verifikasi keaslian ijazah.
Adapun alamat websitenya adalah di alamat https://ijazah.ristekdikti.go.id/

Cara Cek Keaslian Ijazah


Siapkan dulu ijazah Anda agar proses pengecekan bisa lebih cepat.

contoh ijazah universitas sekolah tinggi
contoh nomor ijazah universitas


Hal yang perlu disiapkan dan diketahui kalau ingin melakukan verifikasi ijazah perguruan tinggi adalah nama perguruan tinggi, nama program studi, dan nomor ijazah. Kalau masih bingung mana nomor ijazah bisa dibuka artikel cara mengetahui nomor ijazah. Seperti disebutkan tadi untuk mengecek keaslian ijazah baik itu universitas, Sekolah tinggi, Politeknik, Institut maupun Akademi silakan menuju alamat web https://ijazah.ristekdikti.go.id/ akan muncul di sisi kanan seperti tampak pada gambar di bawah ini:


verifikasi keaslian ijasah universitas

Masukkan kata kunci nama perguruan tinggi sebagai contojh diketikkan mulawar maka muncul universitas mulawarman dengan kode perguruan tinggi 001015, Kemudian klik. Maka akan muncul opsi memilih program studi seperti gambar berikut. Geser terus ke bawah untuk mencari nama program studi sesuai ijazah.

cek asli tidaknya ijazah di belmawa dikti
Cek ijazah di sivil belmawa

Lalu masukkan nomor ijazah dan angka pengaman yang diminta. Klik Verifikasi.

verifikasi ijasah di SIVIL DITJEN BELMAWA

data ijazah  tidak ditemukan di sivil belmawa ristek dikti

Saat admin mengecek ijazah rekan admin, muncul tulisan seperti diatas. Data Tidak ditemukan/Pastikan anda telah mengisi nama PT dan Program Studi dengan benar. Padahal saya sudah memasukkan data berulang kali misalnya mengganti -ganti nomor ijazah. Namun ya tetap seperti itu. Mengapa demikian bisa saja nomor ijazah atau data ijazah yang admin cek tidak diinput ke dalam aplikasi SIVIL BELMAWA. Bisa jadi karena pihak universitas tidak menyerahkan data ijazah ke pihak Kementerian Ristek Dikti. Kasus ini juga terjadi pada ijazah-ijazah yang lama.

Saya kira ini bukan masalah, karena orang yang saya cek ijazahnya di SIVIL BELMAWA tadi sudah PNS. Bagi Anda yang baru lulus misalnya 5 tahun terakhir dan berniat untuk ikut tes CPNS, wajib kiranya untuk mengecek keaslian ijazah Anda. Bukan asli atau tidak sih... mengapa tidak muncul, atau tidak ditemukan namun terkadang masalahnya adalah pihak kampus perguruan tinggi tidak menyerahkan data ke pihak Kemristek Dikti dalam hal ini Ditjen BELMAWA.

Nah demikian tadi cara memverifikasi atau mengecek ijazah apakah sudah terdata di aplikasi SIVIL BELMAWA. Jika Anda sudah berulang kali mencoba namun data tidak ditemukan segeralah melapor ke pihak perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah. Ingat untuk bisa lulus CPNS akan dicek juga nomor ijazah Anda di aplikasi ini.

Cek verifikasi ijazah Universitas Terbuka



Berbeda dengan Ditjen Belmawa Kemristek Dikti, Universitas Terbuka atau UT memiliki sendiri fasilitas untuk pengecekan atau verifikasi ijazah bagi lulusan UT.  Adapun alamat web untuk cek ijazah UT adalah di https://www.ut.ac.id/ijazah/index.php 


cek keaslian ijazah universitas terbuka
ijasah UT


Silakan masukkan NIM atau Nomor Ijazah, salah satunya saja. Lalu masukkan tanggal lahir format tanggal/bulan/tahun kemudian kode captcha yang sesuai. Klik Verifikasi dan akhirnya keluar seperti pada contoh

cek keaslian ijazah universitas terbuka

Iseng-iseng ketemu contoh ijazah palsu Universitas terbuka nih. Bisa dilihat dan cek sendiri ya.  hehehe Linknya nih

ijazah palsu UT

0 Response to "Cek Keaslian Ijazah di SIVIL DITJEN BELMAWA Kemristek Dikti"

Posting Komentar