Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Kuota CPNS 2019 Kemenag, Ini Alokasi Formasinya

Pada tahun 2019, Kemenag akan menerima 17.175 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Ahmadi dalam Rapat Koordinasi tentang Persiapan Penyelenggaraan Penerimaan Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Tahun 2019 di Jakarta, Rabu (12/09). Dari 17 ribuan kuota tersebut. Diperkirakan 8000 disediakan untuk guru.

Update informasi CPNS kemenag silakan buka di website Kemenag
jatah kuota cpns guru madrasah kemenag 2018
cpns 2019 kemenag

Dari 59.309 formasi yang ditetapkan untuk 76 Kementerian dan Lembaga, sebanyak 17.175 formasi atau 29% ditetapkan untuk Kementerian Agama,” ucap Ahmadi. Sementara itu dalam kesempatan yang sama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tiga hal yang harus dimiliki oleh CPNS  Kemenag.

Pertama, Menag menginginkan CPNS yang direkrut memiliki kompetensi profesional yang dibutuhkan oleh satuan kerja. Lebih lagi menurut Menag, formasi yang dibuka  paling banyak diperuntukkan bagi guru dan dosen. Maka, kompetensi profesional menurut Menag bukan hal yang bisa ditawar. “Cermati betul, bahwa yang terpilih nanti adalah yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan pos dan bidangnya,” ujar Menag.

Hal kedua yang harus dimiliki CPNS Kemenag adalah komitmen keagamaan. “Komitmen keagamaan juga menjad cermatan. Yang saya maksud dengan komitmen keagamaan adalah mereka yang diterima nanti tidak lagi punya masalah dengan persoalan keagamaan,” tutur Menag.

Menag menginginkan, CPNS Kemenag yang direkrut apapun agamanya memiliki pemahaman keagamaan yang moderat. “Mereka harus paham dan memiliki pengamalan keagamaan yang baik. Mereka yang moderat, yang dapat menjadi role model bagi masyarakat luas,” tandas Menag.

Komitmen kebangsaan, menjadi hal ketiga yang harus dimiliki oleh CPNS Kemenag. “CPNS Kemenag harus punya pemahaman memadai, syukur-syukur pemahaman yang baik, tentang apa itu Pancasila, apa  itu konstitusi kita, NKRI kita, Bhineka Tunggal Ika, dan sebagainya,” tegas Lukman.

Tiga hal ini menurut Menag Lukman harus menjadi cermatan dalam proses rekrutmen CPNS Kemenag. Mengingat, sebaran CPNS yang akan direkrut  bukan hanya ada pada kantor pusat tetapi menyebar di seluruh satuan kerja Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

alokasi formasi CPNS tahun 2018 untuk Kementerian Agama RI.
Berikut ini alokasi formasi CPNS tahun 2019 untuk Kementerian Agama RI.

Guru dari pelamar umum 10.520
Guru Honorer K-2 1.480
Dosen 4.485
Penghulu 132
Penyuluh 60
JFT 453
JFU 45

Related Posts