Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Download Pedoman & Silabus OSN SD & SMP Tahun 2023

Download Pedoman OSN SD & SMP Tahun 2023

Pedoman OSN SD Tahun 2023

Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar (OSN-SD) merupakan salah satu wadah strategis  untuk  menyiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang handal dibidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, dan tahan uji. Efektiļ¬tas program tersebut  ditentukan  melalui proses kompetisi melalui tahap penyisihan dan tingkat nasional.

Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Telah lebih dari 2 (dua) dekade OSN diselenggarakan. Pada 3 (tiga) tahun terakhir, karena kondisi pandemi, OSN diselengarakan  secara daring.  Antuasiasme  siswa  SD untuk tetap berprestasi di tengah situasi pandemi terlihat tetap terjaga. OSN telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Pada  tahun  ini  OSN  SD  pada  beberapa  tahapan  dilakukan  tetap secara daring, dan yang terbaik akan diundang untuk berkompetisi secara luring pada tingkat nasional. Pedoman ini disusun untuk menjadi acuan para peserta didik dalam mengikuti OSN tahun ini. Disamping itu dengan pedoman ini, guru, kepala sekolah/pengawas, pemerintah  daerah  dan  orang  tua  dapat  ikut  membimbing  dan mendorong peserta didik untuk meraih prestasi.

Tujuan umum OSN-SD Tahun 2023 adalah  sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan khusus OSN-SD Tahun 2023 adalah sebagai berikut:
        a.  Menyediakan wahana bagi peserta didik  SD  dan  atau yang   sederajat   untuk   mengembangkan   talenta   di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
        b.  Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
        c.  Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
        d. Memotivasi  guru  untuk  meningkatkan  kualitas  dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;
        e. Memotivasi     institusi/lembaga     pendidikan     untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan;
        f. Memotivasi   para   pemangku   kepentingan   untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi
tanggung jawabnya.

B. Strategi Pelaksanaan

  1. OSN-SD tahun 2023 ini dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap yaitu:
    a. OSN-K dan OSN-P dilaksanakan secara daring
    b. OSN Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring.
  2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi dan media lain yang telah disediakan oleh panitia pusat.


3.  Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

C. Bidang Kompetisi

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN-SD Tahun 2023 yaitu:
1.  Matematika
2.  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Persyaratan

1. Peserta
Peserta OSN-SD tahun 2023 memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.  Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.
b.  Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2023 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.
c.  Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA.
d.  Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.
e.  Peserta  belum  pernah  meraih  medali    emas,  perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition  (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

2. Pendamping OSN Tingkat Nasional


Pendamping  OSN  Tingkat  Nasional  tahun  2023  memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.  Pendamping adalah petugas yang ditetapkan oleh Dinas
Pendidikan Provinsi melalui Surat Tugas.

b.  Pendamping OSN Tingkat Nasional berjumlah 2 (dua) orang pembina lomba terdiri dari 1 bidang Matematika dan 1 bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina mampu melakukan moderasi jawaban peserta dengan tim juri.

E.  Registrasi/Pendaftaran Peserta

  1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah itu sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/ses sion/index?jl=osn untuk mengunggah kelengkapan berkas dan membuat akun tes peserta.
  3. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  4. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OSN SD secara akurat dan benar.
  5. Sekolah mengunggah surat keterangan sekolah pada laman pendaftaran.


F.  Prosedur Pelaksanaan

OSN-SD tahun 2023 dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut:

1. OSN-K (Kabupaten)

    a.  Dilaksanakan  secara  daring  menggunakan  aplikasi  yang disiapkan panitia pusat.
    b.  Waktu pelaksanaan Uji Coba pada tanggal 2 - 3 mei 2023
    c.  Waktu pelaksanaan pada 8 – 9 Mei 2023.
    d.  Sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) peserta per bidang.
    e.  Babak ini memilih maksimal 5 orang peserta untuk mewakili kabupaten/kota pada OSN-P.
    f.  Peserta yang lolos OSN-K untuk setiap bidang ditetapkan dengan  Surat  Keputusan  Kepala  Balai  Pengembangan Talenta Indonesia dan akan mengikuti OSN-P tahun 2023.
    g.  Balai  Pengembangan  Talenta  Indonesia  mengumumkan hasil OSN-K melalui laman website Pusat Prestasi Nasional dan media lain.

2. OSN-P (Propinsi)

    a.  Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang disiapkan panitia pusat.
    b.  Waktu uji coba pada tanggal 29-30 Mei 2023
    c.  Waktu pelaksanaan pada 19-20 Juni 2023.
    d.  Hasil OSN-P akan memilih 114 orang per bidang lomba sebagai peserta OSN Tingkat Nasional yang terdiri dari:
        1) Peserta ranking nasional sebanyak 76 orang
        2) Peserta perwakilan provinsi masing-masing 1 (satu) orang (1 x 38 = 38 orang)
    e.  Pada  peserta  ranking  nasional,  setiap  provinsi  dapat diwakili oleh maksimal 5 orang per bidang. Sehingga, setiap provinsi akan diwakili oleh minimal 1 peserta dan maksimal 6 peserta per bidang.
    f.  Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh maksimal 2 orang peserta per bidang pada OSN Tingkat Nasional.
    g.  Peserta yang lolos OSN-P untuk setiap bidang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan akan mengikuti OSN Tingkat Nasional tahun 2023.
    h.  Balai  Pengembangan  Talenta  Indonesia  mengumumkan hasil OSN-P melalui laman website Pusat Prestasi Nasional

Buka Juga Juknis/Panduan Registrasi OSN tahun 2023

 


 

  

 Download SILABUS OSN SD



 Pedoman OSN SMP tahun 2023

Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. Salah satu penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan. Menindaklanjuti hal di atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Sekretariat Jenderal melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi IPA, Matematika dan IPS yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengankemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan  itulah  yang  diperlukan  agar  peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh olimpiade. Selain itu melalui kegiatan olimpiade ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta  didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

download pedoman SMP tahun 2023

Mengingat kondisi Indonesia saat ini dimana pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, sehingga kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP yang semula dilakukan hanya dengan Dalam Jaringan (Daring) dengan memanfaatkan aplikasi dengan media teknologi dan jaringan internet, sekarang dikombinasikan dengan mekanisme Luar Jaringan (Luring) untuk pelaksanaan tingkat nasional.

Pemanfaatan media teknologi dalam olimpiade ini sudah bukan menjadi hal yang baru bagi siswa, sehingga pembiasaan perlu dilakukan agar siswa lebih siap secara teknologi. Dengan adanya perubahan ini maka pedoman kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2023 disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi
Covid-19.



 

Download Silabus OSN SMP


Related Posts