Sebagaimana artikel terdahulu mengenai alur pendaftaran beasiswa Kaltim 2020 khususnya beasiswa stimulan bagi siswa/santri, disebutkan bahwa sebelum siswa melakukan pendaftaran, pada tahapan sebelumnya didahului oleh pengajuan atau pengusulan siswa yang berhak dan layak mendaftar beasiswa oleh operator sekolah. Adapun untuk pengusulan tersebut operator bisa mengakses laman https://sekolah.kaltimtuntas.id/ dimana sebelumnya meminta terlebih dahulu user berupa NPSN sekolah serta passwordnya kepada admin dinas pendidikan setempat.

Baca juga 
Cara Daftar Beasiswa Kaltim Untuk Siswa
Mekanisme Pendaftaran Beasiswa KALTIM 2020; Kategori Beasiswa Stimulan Siswa

Nah hari ini website Beasiswa Kaltim 2020 telah merilis fitur terbaru yakni pengecekan siswa yang diusulkan sekolah. Apakah sudah diinput dan diusulkan oleh sekolah ataukah belum. Fitur ini berguna bagi orangtua sebelum mendaftarkan anaknya agar dapat kepastian sebelum mendaftar, yang sebagaimana diketahui bahwa jadwal pendaftaran beasiswa kaltim 2020 ini resmi dibuka mulai 15 Mei 2020.

Bagi orangtua yang ingin mengetahui anaknya diusulkan apa belum bisa membuka alamat https://kaltimtuntas.id/informasi/lihat-nisn

Yang perlu disiapkan adalah NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional. Silakan cari di Google untuk mengetahui NPSN sekolah. Dengan kata kunci pencarian "NPSN SDN ........." Kemudian NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional, biasanya tertera di raport atau kartu pelajar anak.


Untuk mengetahui NPSN bisa dilihat pada gambar. Sebagai contoh saya mencari NPSN SDN 012 Tenggarong, maka akan muncul seperti di bawah. Yakni angka 30404771 adalah NPSN milik SDN 012 Tenggarong, Kukar.

Untuk mengetahui NPSN juga bisa membuka alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

cara cek npsn sekolah
cek NPSN


Jika NPSN dan NISN sudah diketahui, silakan menuju link https://kaltimtuntas.id/informasi/lihat-nisn  lalu input NPSN dan NISN serta kode captcha seperti yang tampil di layar. Kemudian klik lihat.

cara Cek Nama Siswa yang Diusulkan ke Beasiswa Kaltim 2020 https://kaltimtuntas.id/informasi/lihat-nisn
cek usulan beasiswa kaltim

Akan muncul 2 opsi apakah sudah diusulkan oleh sekolah atau belum.


Jika siswa belum diusulkan akan muncul tulisan "data tidak tersedia silakan hubungi sekolah Anda"
Sesuai perintahnya maka ortu bisa menghubungi dan berkoordinasi dengan pihak sekolah. Jika merasa sudah mendaftar ataupun ingin mendaftar.

Namun perlu diketahui orangtua, jika muncul tulisan diatas atau belum diusulkan, sabar saja dulu, karena proses input data usulan ke web kaltimtuntas.id oleh operator sekolah juga membutuhkan waktu.

https://kaltimtuntas.id/informasi/lihat-nisn
siswa belum atau tidak diusulkan oleh sekolah



Kedua, jika sudah diusulkan akan muncul tulisan seperti contoh "data tersedia pada kategori stimulan - umum - prestasi-akademik - silahkan melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan."

siswa sudah diusulkan mendaftar beasiswa kaltim 2020
siswa sudah diusulkan mendaftar beasiswa kaltim 2020

Jika muncul keterangan seperti di atas, maka artinya nama siswa sudah diusulkan oleh tata usaha atau operator sekolah. Dan orangtua bisa mendaftarkan anaknya di laman kaltimtuntas.id mulai tanggal 15 Mei 2020 hingga 28 Juni 2020.

Demikian tata cara mengecek atau mengetahui apakah siswa sudah diusulkan untuk mendaftar beasiswa kaltim 2020 di web www.kaltimtuntas.id


1 Komentar

  1. Kalo sdh terdaftar trus mau rubah data lagi gmna kak. Mohon solusix

    BalasHapus

Posting Komentar