Dibeberapa artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu kaltim tuntas, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kaltim tuntas, alur pendaftaran serta mekanisme pendaftaran beasiswa kaltim tuntas tahun 2020. dari 3 kategori secara umum salah satunya adalah kategori stimulan siswa, yakni beasiswa Kaltim yang diberikan kepada pelajar siswa atau santri dari tingkatan SD hingga SMA.

cara login beasiswa kaltim tuntas operator sekolah


Alur pendaftaran secara teknis berbeda dengan pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa. Jika pendaftaran beasiswa bisa secara langsung, namun untuk siswa sekolah ataupun madrasah, harus melalui sekolah. Jadi orangtua yang ingin mendaftar harus melapor atau berkonsultasi dulu dengan pihak sekolah apakah anaknya berhak diajukan beasiswa Kaltim.

Pada artikel kali ini admin akan berbagi cara mengajukan atau mengusulkan beasiswa  untuk siswa SD hingga SMA. Adapun alamat yang bisa diakses adalah https://sekolah.kaltimtuntas.id/.

Buka juga

Pengumuman Hasil Seleksi beasiswa kaltimtuntas 2020
Cara Daftar Beasiswa Kaltim Untuk Siswa
Mekanisme Pendaftaran Beasiswa KALTIM 2020; Kategori Beasiswa Stimulan Siswa

Laman ini khusus dikelola atau diakses oleh operator sekolah. Untuk user login silakan operator sekolah meminta username dan password ke admin dinas pendidikan setempat.Nanti akan diberikan user berupa NPSN sekolah serta passwordnya.

Menu atau tampilan dalam dasbor pengajuan beasiswa bisa dilihat pada gambar di bawah.

Ada 4 menu yang tersedia,

  1. Prestasi Akademik; untuk input data beasiswa prestasi akademik
  2. Prestasi Non Akademik; untuk input data beasiswa prestasi non akademik
  3. Khusus; menu isian beasiswa kategori khusus (misalnya kategori siswa miskin)
  4. Sertfikat; untuk siswa SMK yang sedang mengikuti Sertifikasi Keterampilan di Lembaga Sertifikasi Profesi.


https://sekolah.kaltimtuntas.id/


Operator Sekolah bisa mengusulkan beasiswa kaltim dengan mengklik menu yang tersedia. Operator juga bisa memilih cara mengunggah data usulan, apakh dengan format template excel ataukah dengan cara langsung input di dasbor. Kalau saya pribadi lebih senang dan menurut saya lebih mudah jika diinput lewat dasbor secara langsung, dengan cara meng klik Tambah Peserta Beasiswa.

Lebih mudah karena form input lebih sedikit, dan lebih mudah dikontrol, dalam arti jika ada kesalahan lebih mudah dilihat. Karena pandangan lebih sempit, berbeda jika kita menggunakan template excel harus geser kiri kanan format untuk mengisinya.

https://sekolah.kaltimtuntas.id/ menu input beasiswa prestasi akademik
tampilan tambah siswa usulan beasiswa kaltim


Cara Mengisinya Bisa diketik secara manual ataupun teknik copy paste. Pastikan yang bertanda bintang merah wajib terisi.


Untuk mengisi data kita juga tinggal menyalin data dari data dapodik. di menu unduh daftar siswa di Menu Peserta Didik > Unduh > Data PD.

Jadi terserah operator sekolah mau pilih yang mana. Kalau diatas rekomendasi saya agar mengisi usulan beasiswa lebih mudah.

Jika sudah selesai maka akan ditampilkan data yang bisa kita cetak langsung maupun diunduh dalam format MS excel.

Cara Usul Beasiswa Kaltim oleh Operator Sekolah
Cara Usul Beasiswa Kaltim oleh Operator Sekolah


Demikian saya kira tidak usah berpanjang lebar. Karena cara mengisi nya saya kira cukup mudah. Silakan menuju alamat https://sekolah.kaltimtuntas.id/ untuk action selanjutnya.


Post a Comment