Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Website Kemdikbud Yang Harus Dikunjungi Guru

Sejak tahun 2013 saya menjadi operator sekolah internet sudah mulai marak. Berbagi macam aplikasi dalam dunia pendidikan khususnya untuk instansi sekolah mulai dipublikasikan. Saat itu dimulai dengan Dapodik kemudian disusul web online padamu negeri.

Seiring waktu berjalan aplikasi semakin berkembang, ketika padamu negeri tidak lagi dipakai oleh Kemdikbud, aplikasi dapodik yang awalnya hanya untuk sekolah tingkat dasar disusul kemunculan Dapodik PAUD dan Dapodikmen. Kemudian Dapodikmen dilebur menjadi Dapodikdasmen yakni aplikasi Dapodik untuk tingkat sekolah dasar dan menengah.

Dapodik dijadikan sumber data utama data pokok pendidikan yang akhirnya hingga kini menelurkan berbagai macam aplikasi turunan baik itu yang digunakan oleh operator sekolah maupun guru. Dapodik sebagai sumber data utama dijadikan sumber penarikan data aplikasi lainnya, sebut saja Info GTK, SIM PKB, Sergur ID yang diakses oleh guru. Verval PD, Verval PTK, web PDUN untuk dikelola oleh Operator Sekolah.

Sesuai pembahasan kali ini akan kita bahas apa saja website milik Kemdikbud yang bisa diakses oleh guru. Kita bahas satu persatu.

Web Info GTK


Situs INFO GTK merupakan alamat website yang paling sering diakses oleh guru. Bagaimana tidak, jutaan guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik wajib mengetahui valid atau tidak nya Info GTK mereka. Info GTK dijadikan rujukan sebagai dasar penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang diterbitkan setiap 6 bulan sekali. Dengan terbitnya SKTP maka otomatis salah satu syarat agar tunjangan sertifikasi terpenuhi. Guru tinggal menunggu saja rekeningnya terisi transferan duit sertifikasi.

Untuk login ke Info GTK alamat yang bisa dituju guru adalah di http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk loginnya menggunakan akun GTK yang bisa diminta kepada operator sekolah. Cara login lain ke info GTK adalah lewat Situs Manajemen Dapodik. Namun guru menyerahkan sepenuhnya kepada  bantuan operator sekolah untuk mengecek Info GTK.

Untuk mengakses Info GTK sebaiknya menggunakan komputer karena selain untuk mengecek validitas guru tentunya ingin mencetak tampilan INFO GTK.

INFO GTK


SIM PKB


SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Dari namanya jelas SIM PKB merupakan wadah guru untuk mendapatkan berbagai informasi pendidikan dan pelatihan khususnya yang diselenggarakan oleh Kemdikbud pusat.

Sejarah SIM PKB diawali dengan nama Guru Pembelajar, sehingga sampai kini masih ada yang menyebutnya SIM GPO (Guru Pembelajar Online). SIM PKB memuat data hasil atau nilai UKG dan diklat PKB dari tahun ke tahun.

SIM PKB juga bisa diakses bagi guru yang ingin mendapatkan informasi pendaftaran sertifikasi guru khususnya PPG dalam Jabatan. Dari proses pretes PPGJ, pengumuman hasil pretes, hingga seleksi administrasi calon peserta PPGJ.


SIM PKB/ SIM GPO

Web Sergur ID

Satu lagi website yang harus dikunjungi guru khususnya guru yang ingi mengetahui jadwal pelaksanaan PPGJ yakni di situs yang beralamat di www.sergur.id. Di laman ini guru menyiapkan nomor UKG yang bisa diinput ke dalam form untuk mengetahui apakah namanya dipanggil sebagai peserta PPGJ. Selain itu guru bisa mengetahui informasi penting lain terkait sertifikasi guru di web tersebut. Adapun alamat yang bisa dikunjungi guru ada di https://sergur.id


Situs NUPTK Kemdikbud


Situs yang beralamat di http://gtk.data.kemdikbud.go.id bisa dijadikan guru sebagai rujukan masalah NUPTK. Sebagaimana diketahui NUPTK sangat penting untuk keperluan sertifikasi guru, tunjangan guru dan lain-lain. Di situs ini guru bisa mengetahui bagaimana prosedur pengajuan NUPTK, syarat penerbitan NUPTK, Cek status NUPTK dan lain-lain.


NUPTK

Demikian sekilas informasi mengenai 4 alamat website yang harus diketahui dan dikunjungi oleh guru untuk berbagai keperluan. Masih banyak situs-situs resmi Kemdikbud lain yang bisa diakses untuk mendapatkan berita dan informasi kependidikan lain.

Related Posts