NRKS ini adalah nomor registrasi pada sertifikat yang didapatkan setelah lulus diklat Kepala Sekolah

Pada awal rilis dapodik 2020 lalu, operator dapodik diminta untuk menginput Nomor Unik Kepala Sekolah disingkat NUKS ke dalam aplikasi dapodik. NUKS tersebut diinput ke dalam form data isian kepala sekolah. Jika Kepala Sekolah pernah mengikuti pelatihan calon kepala Sekolah dan lulus tentunya memiliki sertifikat tersebut. Diklat Calon Kepala Sekolah diselenggarakan oleh LPPKS atau Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Perkembangan terbaru untuk mengetahui atau mengecek NUKS sudah ditutup dan tidak bisa lagi dilakukan. Istilah NUKS sendiri telah diganti menjadi NRKS atau Nomor Registrasi Kepala Sekolah. Namun LPPKS saat ini telah menyediakan situs berupa pengecekan data kepala sekolah yang pernah mengikuti diklat calon Kepala sekolah maupun yang sudah pernah mengikuti diklat penguatan kepala sekolah yakni di Sistem Informasi Nomor Registrasi Kepala Sekolah yang beralamat di laman http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp#cari_sertif.

Bagi Anda Kepala Sekolah yang ingin mengecek apakah sudah terdata di SIM Registrasi Kepala Sekolah bisa membuka laman LPPKS tersebut.

Buka juga Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020 Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan
SIM NRKS nomor registrasi kepala sekolah di LPPKS
SIM NRKS LPPKS


Caranya, ketik alamat website LPPK di http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp#beranda
Klik Cari STTPP

Silakan pakai cara yang mana, kepsek bisa menggunakan NIP, NUPTK, NUKS ataupun nama lengkap. Sebagai contoh saya ketik Riduan.

Lalu pilih wilayah/daerah propinsi Anda. Klik Cari Sekarang.

cara mengetahui data kepala sekolah di SIM NRKS
cek NRKS di LPPKS



Kemudian akan muncul data berupa nama kepala Sekolah, Unit kerja, NRKS dan status pelatihan kepala sekolah.

cek NRKS di http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp#cari_sertif
cara cek NRKS


Klik Detail atau icon tanda seru, dan Anda bisa mencetak. Namun untuk saat admin mencoba tidak bisa dicetak. Jadi silakan dicatat saja Nomor Registrasi Kepala Sekolah Milik Anda. Siapa tahu nanti dibutuhkan.
SIM NRKS di http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp#cari_sertif
Demikian informasi terbaru mengenai NUKS yang sudah lagi tidak digunakan sebagai nomor identifikasi kepala sekolah dan digantika dengan Nomor Registrasi Kepala Sekolah atau NRKS. Silakan dishare semoga bermanfaat.Video tutorial silakkan buka disini https://youtu.be/arJianFZs-8

Post a Comment