Tugas Berat Operator Sekolah yang Wajib Diketahui



Urusan administrasi merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan. Tak terkecuali di lembaga pendidikan seperti sekolah. Di era digital sekarang berbagai urusan administrasi tentunya harus mengikuti perkembangan jaman.  Lembaga pendidikan seperti sekolah, urusan administrasi dan pendataan dikerjakan berbasis komputer. Jika tidak menguasai komputer tentunya kita akan ketinggalan jaman.

Terkait hal ini dikenal istilah Operator Sekolah, apa itu operator sekolah? Istilah ini muncul sejak mulai diluncurkannya aplikasi dapodik pada 2013 lalu.  Jadi bagi petugas yang menangani aplikasi dapodik ini disebut operator sekolah.  Pada intinya adalah operator sekolah merupakan petugas administrasi di sekolah, baik tingkat PAUD, dasar hingga Menengah atau kadangkala disebut juga tenaga Tata Usaha.

Seiring perkembangan, tugas operator sekolah tidak hanya menangani aplikasi dapodik dan tugas ketatausahaan saja, namun aplikasi turunan dari Dapodik lain yang lebih kompleks.

Kali ini akan kita ketahui apa saja pekerjaan dan tugas operator sekolah yang saat ini dilakukan.

1. Aplikasi Dapodik


Aplikasi dapodik merupakan pusatnya aplikasi Kemdikbud. Dari Aplikasi Dapodik inilah kemudian diturunkan aplikasi lain yang terhubung dan atau sumber datanya diambil dari dapodik. Aplikasi ada di semua tingkatan, dari PAUD, SD, SMP hingga SMA. Tugas utamanya adalah menginput data ke dalam aplikasi, kemudian mengirimkan (sinkronisasi) secara online data tersebut ke server pusat.  Adapun data yang paling banyak dikelola adalah data siswa, sekolah seperti data sarana dan prasarana, data guru dan lainnya.

2 laman website yang harus sering dikunjungi adalah laman Portal Dapodik di
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan Manajemen Dapodik  di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id untuk dapodik tingkat dasar dan menengah serta laman https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ untuk dapodik tingkat PAUD

aplikasi dapodik operator sekolah

2. Aplikasi Verval PD


Aplikasi Verval PD atau singkatan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik merupakan aplikasi untuk mengubah data siswa secara online. Data siswa yang kita input di dapodik dan kita kirim ke server kemungkinan bisa saja salah,  jadi di aplikasi verval PD inilah kita mengubahnya. Pekerjaan ini bisa dilakukan setiap waktu operator sekolah.
aplikasi verval PD

3. Cek Info GTK


Cek Info GTK merupakan laman web untuk mengecek data guru hasil pengiriman data dapodik, khususnya data guru yang berhubungan dengan tunjangan guru.
Sebenarnya untuk membuka info GTK merupakan tugas pribadi seorang guru namun tidak sedikit guru yang meminta bantuan kepada operator sekolah untuk membuka Info GTK.
Tugasnya adalah membuka info GTK kemudian mencetak laman Info GTK tersebut yang dipakai untuk persyaratan pencairan tunjangan.  Cek Info GTK dilakukan secara periodik, yakni setelah pengiriman dapodik selesai. Biasanya dilakukan dibulan September-Nopember (untuk semester 1) dan Maret-April (semester 2) di laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

cek info GTK

4. Aplikasi PMP/EDS


Salah satu tugas operator sekolah lainnya adalah sebagai admin aplikasi PMP/EDS. Aplikasi ini wajib dikerjakan oleh sekolah.  Aplikasi ini tugas utamanya adalah mengklik isian atau kuesioner, yang terdiri dari kuesioner bagi Kepsek, guru, siswa dan komite sekolah.

Tugas operator dapodik tidak terlepas sebagai admin aplikasi PMP. Karena aplikasi dapodik terhubung dengan aplikasi PMP/EDS ini dalam satu komputer.  Disebutkan di atas aplikasi PMP adalah mengisi angket oleh guru, siswa dan kepsek, serta komite sekolah. Namun tidak sedikit guru yang menyerahkan tugas ini kepada operator sekolah dan opsek mau tidak mau harus mau mengerjakan.
aplikasi PMP EDS

Aplikasi PMP dilakukan hanya setahun sekali yakni di awal semester. Operator sekolah bisa mengetahui informasi aplikasi PMP dengan mengakses website EDS PMP di laman web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

5. Aplikasi Program Indonesia Pintar (PIP)


Aplikasi PIP ini berbasis online yang bisa diakses di laman web masing-masing tingkatan pendidikan.  Tugasnya adalah memverifikasi dan validasi siswa yang layak dan tidak layak mendapatkan bantuan PIP ini. Kalau dulu untuk mendapatkan PIP otomatis diambil datanya dari dapodik. Namun sekarang harus melewati manajemen PIP secara online.

Laman manajemen PIP berbeda-beda
Untuk tingkat SD silakan ke pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/
Untuk tingkat SMP di link pipsmp.kemdikbud.go.id
Tingkat SMA di tautan pip.psma.kemdikbud.go.id
sedangkan untuk SMK pada laman web pipsmk.ditpsmk.net

6. Aplikasi Erapor


Aplikasi ini diluncurkan oleh masing-masing tingkatan direktorat pembinaan sekolah. Saat ini Aplikasi ini tidak wajib dilaksanakan oleh sekolah. Hanya beberapa propinsi dan kabupaten kota saja yang melaksanakannya.

aplikasi erapor SD SMP SMA

Aplikasi ini bisa dikatakan terbilang rumit. Dan membutuhkan kerjasama yang baik antara operator sekolah dan guru. Aplikasi ini terhubung dengan aplikasi dapodik, jadi admin dapodik secara otomatis memegang pula sebagai admin Erapor. Aplikasi erapor tersedia dari tingkat SD, SMP dan SLTA

7. Aplikasi BOS/SIPLAH


Aplikasi BOS dan SIPLAH ini sebenarnya adalah tugas dari Bendahara BOS, namun lagi-lagi terkadang karena terkendala dengan kegaptekan individu bendahara, maka tugas pelaporan dana BOS tersebut akhirnya diserahkan ke operator sekolah. Portal dana BOS di laman bos.kemdikbud.go.id


8. Aplikasi Verval GTK

Tugas lain operator sekolah adalah menangani aplikasi Verval GTK. Yakni aplikasi untuk manajemen data Guru dan tenaga kependidikan di sekolah. Namun aplikasi ini tidak begitu merepotkan, karena kalau data guru sudah benar dan cocok di aplikasi dapodik, maka aplikasi verval GTK tidak perlu dibuka. Aplikasi verval PTK bisa dibuka di laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

9. Tugas administrasi lain di sekolah.


Selain memegang beberapa aplikasi di atas, tugas operator sekolah lainnya adalah mengurus administrasi sekolah lainnya, seperti urusan surat menyurat mutasi siswa, data sarana-prasarana, laporan bulanan, presensi pegawai sekolah dll. 

Bisa dibayangkan jika di sekolah tenaga administrasi hanya memiliki 1 orang petugas, maka tugas operator sekolah cukup banyak. Apalagi di tingkat Sekolah Dasar.

Modal untuk menjadi operator sekolah


Jika melihat berbagai tugas operator sekolah di atas, tentunya ada persyaratan tertentu yang wajib dimiliki oleh operator sekolah misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan pengetahuan dasar tentang internet dan website. Tanpa itu tampaknya akan kesulitan nantinya.

Karena bagaimanapun operator sekolah mau tidak mau harus membantu tugas yang tidak sanggup dilaksanakan oleh guru.

Berapa gaji operator sekolah?
Sulit untuk menentukan berapa standar gaji operator sekolah. Karena pengangkatan operator sekolah biasanya dilaksanakan oleh kepala sekolah. Jadi gaji atau honorarium bulanan operator didasarkan pada kemampuan dana sekolah.

Terkadang sekolah yang minim dana dan siswanya sedikit, tugas operator sekolah dirangkap oleh kepala sekolah sendiri atau guru yang memiliki kemampuan lebih dibidang komputer.  Ada yang bertanya layak nggak gaji opsek 500ribu/bulan? Jika anda ditawari gaji 500 ribu perbulan atau jauh di bawah UMR untuk menjadi operator sekolah lebih baik cari pekerjaan lain. Hehehe

Sebenarnya masih banyak beberapa pekerjaan dan aplikasi lain yang dikelola oleh operator sekolah. Tentunya semakin tinggi tingkatan sekolah, akan semakin banyak aplikasi yang dikerjakan.

Berminat menjadi operator sekolah?

0 Response to "Tugas Berat Operator Sekolah yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar