Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Pendaftaran dan Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas

Pendaftaran dan Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas
 
Pemerintah propinsi Kalimantan lewat Gubernur Isran Noor memberikan beasiswa pendidikan bagi siswa dan mahasiswa yang berdomisili di Kaltim, bersekolah di Kaltim maupun mahasiswa yang sedang kuliah di luar propinsi Kaltim lewat program Beasiswa Kaltim Tuntas

Tahun 2023 ini akan dibuka kembali pendaftaran Beasiswa Kaltim yang bisa kita lihat pengumuman resminya di laman kaltimtuntas.id dan http://beasiswa.kaltimprov.go.id/

Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur Tahun 2023

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan kesempatan kepada Mahasiswa dan Siswa Kaltim untuk mengikuti seleksi program Beasiswa tahun 2023 dengan penjelasan sebagai berikut :

Waktu pendaftaran :

Untuk Mahasiswa     :  20 Februari s/d 31 Maret 2023


Untuk Siswa             : 1 Maret s/d 7 April 2023

Laman Pendaftaran :

          https://beasiswa.kaltimprov.go.id/

Diharapkan kepada pendaftar untuk :

    Membaca dan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang ada didalam Petunjuk  Teknis.
    Petunjuk Teknis untuk masing-masing kategori dan jenis beasiswa dapat dilihat pada :

           https://beasiswa.kaltimprov.go.id/ mulai tanggal 14 Februari 2023.

    3. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan / dipersyaratkan, sesuai ketentuan yang ada.

Demikian pengumuman ini disampaikan agar menjadi perhatian bagi para calon pendaftar.Demikian untuk menjadi perhatian sebagaimana mestinya.
Ketua BP-BKT
Drs. Iman Hidayat, M.Si.

Beasiswa Kaltim Tuntas


Apa itu beasiswa Kaltim Tuntas?


Beasiswa Kaltim Tuntas adalah program beasiswa yang dilaksanakan oleh pemerintan Propinsi Kaltim yang dibuka sejak tahun 2019. Beasiswa ini diberikan bagi siswa/santri maupun mahasiswa yang memiliki NIK/Kartu Pelajar/Kartu mahasiswa dan Kartu Keluarga dari Kalimantan Timur.

Jenis Beasiswa Kaltim


A. Beasiswa Kaltim Tuntas


Sasaran penerima beasiswa
  1. Mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kalimantan Timur yang menempuh pendidikan tinggi.
  2. Mahasiswa yang secara khusus dikirim oleh Pemerintah Daerah untuk menempuh Pendidikan Tinggi.

Jangka Waktu Beasiswa
Beasiswa diberikan sekaligus atau bertahap, dengan alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan, jenis pendidikan, tempat perguruan tinggi atau menurut perjanjian kerjasama serta ketersediaan anggaran.

    Beasiswa diberikan paling lama :
  1.         Diploma I maksimal 1 (Satu) tahun
  2.         Diploma II maksimal 2 (Dua) tahun
  3.         Diploma II maksimal 3 (tiga) tahun.
  4.         Diploma IV maksimal 4 (empat) tahun.
  5.         Strata 1 (satu) maksimal 4 (Empat) tahun.
  6.         Strata 2 (dua) maksimal 2 (Dua) tahun.
  7.         Strata 3 (tiga) maksimal 4 (Empat) tahun.
  8.         Mahasiswa Perkeretaapian Rusia S1 dan S2 maksimal 6 (Enam) tahun.


Kategori Beasiswa
  1. Beasiswa umum adalah bantuan yang diberikan kepada Mahasiswa Kalimantan Timur yang didasarkan kepada prestasi akademik dan prestasi non akademik.
  2. Beasiswa khusus adalah bantuan yang diberikan kepada Mahasiswa Kalimantan Timur yang berkategori : miskin, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari pedalaman daerah Terluar, Terpencil, Terisolir (3T), anak / cucu veteran, anak korban KDRT, penghafal kitab suci / Al-Qur’an (Hafidz / hafidzoh 30 Juz), beasiswa luar negeri.
  3. Beasiswa kerjasama diberikan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan pada program studi yang bekerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Perguruan Tinggi.

B. Beasiswa Stimulan


Sasaran penerima beasiswa
  • Siswa/Santri /Mahasiswa yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/Kartu Keluarga Kalimantan Timur ;
  • Siswa/Santri /Mahasiswa asal Kalimantan Timur yang secara mandiri atau secara khusus dikirim oleh Pemerintah Daerah untuk menempuh pendidikan di luar daerah dan luar negeri;
  • Siswa/Santri / Mahasiswa yang menempuh pendidikan pada satuan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri;
  • Siswa yang sedang mengikuti sertifikasi keahlian atau Keterampilan.

Jangka Waktu

Beasiswa diberikan sesuai kebutuhan pada tahun anggaran berjalan, dengan alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan/pelatihan

Kategori Beasiswa
  • Beasiswa umum adalah bantuan yang diberikan kepada Siswa/Santri / Mahasiswa Kalimantan Timur yang didasarkan pada nilai akademik dan non akademik serta kondisi sosial ekonomi calon penerima, dan pertimbangan spesifik lainnya.
  • Beasiswa khusus adalah bantuan yang diberikan kepada Siswa/Santri /Mahasiswa Kalimantan Timur yang berkategori : miskin, penyandang disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari pedalaman daerah Terluar, Terpencil, Terisolir (3T), anak/cucu veteran, anak korban KDRT, penghafal kitab suci/Al Qur’an (Hafidz/hafidzoh 30 Juz).

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas


Waktu pendaftaran :

Untuk Mahasiswa     :  20 Februari s/d 31 Maret 2023


Untuk Siswa             : 1 Maret s/d 7 April 2023

Syarat Pendaftaran


Untuk syarat pendaftaran berbeda-beda setiap jenis dan kategori beasiswa.

1. Beasiswa Kaltim Tuntas


a. Kategori Beasiswa Umum


Berikut ini adalah persyaratan pendafataran Beasiswa Kaltim Tuntas pada kategori beasiswa umum
a.   Prestasi Akademik
  1. Terdaftar sebagai Mahasiswa aktif yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa disertai Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Kartu Rencana Studi (KRS) yang sedang berjalan, pada Perguruan Tinggi yang memperoleh izin resmi penyelenggaraan program studi minimal berakreditasi B dari BAN PT/Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi/Kementrian Pendidikan Nasional atau Perguruan Tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional, dan bukan merupakan pendidikan jarak jauh atau kelas jauh, kecuali Universitas Terbuka (UT).
  2. Melampirkan copy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang memiliki rata-rata minimal 6,00 (bagi mahasiswa semester I)
  3. Menyerahkan copy transkrip nilai akademik dengan IPK minimal 3,00 (bagi mahasiswa semester 2 keatas)
  4. Bagi yang sedang menjalani tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun lembaga swasta wajib menandatangani surat perjanjian diatas kertas bermaterai cukup untuk kembali mengabdi ke instansi/lembaga asalnya.
  5. Melampirkan fotokopi buku rekening bank aktif dengan nama pemilik rekening yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri.
  6. Melampirkan surat pernyataan bermaterai cukup tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik Pemerintah (pusat dan daerah), Pemerintah Negara lain maupun swasta dalam dan Luar Negeri, kecuali beasiswa yang sifatnya merupakan pendanaan bersama.
  7.  Melampirkan bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan.
  8. Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa disini
  9. Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.

b.   Prestasi Non Akademik (Penghargaan Nasional dan Internasional)
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa prestasi non akademik sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Melampirkan copy Sertifikat / Piagam / Penghargaan Tingkat Nasional dan atau Internasional kategori juara 1, 2 dan 3, yang diperoleh pada saat menempuh pendidikan SMA/Sederajat atau 2 tahun terakhir

 

B. Kategori beasiswa khusus KALTIM TUNTAS


a.   Miskin
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa miskin sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik<
  2. Menyerahkan copy kartu peserta program keluarga harapan (PKH) atau surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa / Lurah / Camat.
b.   Disabilitas dan berkebutuhan khusus
  1.  Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa Disabilitas dan berkebutuhan khusus sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2.  Menyerahkan copy surat keterangan penyandang disabilitas dari lembaga yang berwenang.
c.   Berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T)
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Melampirkan copy surat keterangan yang menyatakan berasal dari pedalaman, terpencil, terluar dan terisolir dari Kepala Desa atau sebutan lain.
d.   Anak/Cucu Veteran
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Anak/Cucu Veteran sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Menyerahkan surat keterangan anak atau cucu kandung veteran dari legiun veteran setempat.
e.   Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Menyerahkan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Prov Kalimantan Timur
f.   Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz / hafidzoh 30 Juz)
  1.  Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz / hafidzoh 30 Juz) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Menyerahkan copy sertifikat / Syahadah dari lembaga terkait dan dilegalisir Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan atau Kabupaten / Kota.
g.   Mahasiswa Luar Negeri
          Pemberian beasiswa bagi mahasiswa luar negeri (usulan baru) belum dapat diakomodir pada tahun anggaran 2019 dan petunjuk teknisnya akan diatur kemudian.


c. kategori beasiswa kerjasama


Berikut ini adalah persyaratan pendafataran Beasiswa Kaltim Tuntas pada kategori beasiswa kerjasama
         
a. Terdaftar sebagai Mahasiswa aktif yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa disertai Surat Keterangan Aktif Kuliah pada Perguruan Tinggi yang bekerjasama.
b. Seleksi dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
c.       Melampirkan fotokopi buku rekening aktif dengan nama pemilik rekening bank yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri.
d.       Melampirkan surat pernyataan bermaterai cukup tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah (pusat dan daerah), pemerintah negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, kecuali beasiswa yang sifatnya merupakan pendanaan bersama.
e.       Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa disini
f.       Seluruh dokumen persyaratan dalam bentuk copy harus dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
g.       Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.


1. Beasiswa Kaltim Stimulan

a. Beasiswa Umum

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran Beasiswa Kaltim Stimulan pada kategori beasiswa umum
     
a.   Nilai Akademik
  1. Siswa/Santri/Mahasiswa berdomisili di Kalimantan Timur yang ditandai dengan NIK/KTP dan/atau Kartu Keluarga Kalimantan Timur
  2. Terdaftar sebagai Mahasiswa aktif yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa disertai Surat Keterangan Aktif Kuliah dan Kartu Rencana Studi (KRS) yang sedang berjalan, pada Perguruan Tinggi yang memperoleh izin resmi penyelenggaraan program studi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi/Kementrian Pendidikan Nasional atau Perguruan Tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional, dan bukan merupakan pendidikan jarak jauh atau kelas jauh, kecuali Universitas Terbuka (UT).
  3.  Menyerahkan copy transkrip nilai / raport.
  4.  Melampirkan fotokopi buku rekening aktif dengan nama yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri.
  5. Melampirkan surat pernyataan bermaterai cukup tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah (pusat dan daerah), pemerintah negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, kecuali beasiswa yang sifatnya merupakan pendanaan bersama.
  6. Melampirkan copy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (bagi mahasiswa semester I).
  7. Mengisi formulir beasiswa melalui laman beasiswa disini
  8. Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.
b.   Prestasi Non Akademik
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa prestasi non akademik sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Melampirkan copy Sertifikat / Piagam / Penghargaan Tingkat Provinsi kategori juara 1, 2 dan 3, yang diperoleh pada saat menempuh pendidikan SMA/Sederajat atau 2 tahun terakhir
c.   Tugas Akhir / Skripsi / Thesis / Desertasi
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa Tugas Akhir / Skripsi / Thesis / Desertasi sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik kecuali poin 6.
  2.  Melampirkan proposal yang sudah disetujui oleh tim pembimbing / promotor.
  3.  Membuat Surat Pernyataan kesanggupan segera menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi / Thesis / Desertasi.

B. Kategori beasiswa khusus

Persyaratan pendaftaran Beasiswa Kaltim Stimulan pada kategori beasiswa khusus

a.   Miskin
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa miskin sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Menyerahkan copy kartu peserta program keluarga harapan (PKH) atau surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa / Lurah / Camat.
b.   Disabilitas dan berkebutuhan khusus
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa Disabilitas dan berkebutuhan khusus sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Menyerahkan copy surat keterangan penyandang disabilitas dari lembaga yang berwenang.

c.   Berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T)
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi Siswa / Santri / Mahasiswa berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Melampirkan copy surat keterangan yang menyatakan berasal dari pedalaman, terpencil, terluar dan terisolir dari Kepala Desa atau sebutan lain.
d.   Anak/Cucu Veteran
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi Siswa / Santri / Mahasiswa Anak/Cucu Veteran sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik
  2. Menyerahkan surat keterangan anak atau cucu kandung veteran dari legiun veteran setempat.
  
e.   Siswa SMK yang sedang mengikuti sertifikasi keahlian atau keterampilan
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi Siswa SMK yang sedang mengikuti sertifikasi keahlian atau keterampilan sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Melampirkan ijazah SMK.
  3. Melampirkan surat keterangan sedang mengikuti sertifikasi keahlian atau keterampilan dari lembaga penyelenggara sertifikasi
 f.   Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
  1. Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi bagi Siswa / Santri / Mahasiswa Anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2. Menyerahkan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Prov Kalimantan Timur
   
g.   Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz / hafidzoh 30 Juz)
  1.  Melengkapi syarat pendaftaran beasiswa bagi bagi Siswa / Santri / Mahasiswa Penghafal Kitab Suci Al Qur’an (Hafidz / hafidzoh 30 Juz) sebagaimana diatur pada persyaratan beasiswa umum kategori nilai akademik.
  2.  Menyerahkan copy sertifikat / Syahadah dari lembaga terkait dan dilegalisir Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi dan atau Kabupaten / Kota.

Cara Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas


Untuk mendapatkan beasiswa Kaltim tentunya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Yakni dengan mengakses website https://kaltimtuntas.id/




Related Posts