Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Alur Pendaftaran Tes CPNS 2019


Proses pendaftaran tes CPNS tahun 2019 sebagaimana tersiar dalam beberapa hari terakhir akan mulai dibuka pada Oktober 2019. Adapun seluruh proses pendaftaran tes cpns tersebut akan dilakukan dengan terintegrasi lewat website SSCASN milik BKN yang beralamat di www.sscasn.bkn.go.id. Sebelumnya barangkali anda juga perlu mengetahui formasi-formasi yang dibuka dalam pengadaan CPNS tahun ini. Tentu sebagian besar seandainya lulus tentu ingin ditempatkan di daerah asal, namun jika formasi tidak tersedia, tidak ada salahnya anda mencoba peruntungan di daerah lain, bolehkah? Tentu saja boleh. Misalnya formasi CPNS untuk Guru Bahasa Inggris tidak tersedia di kabupaten anda, coba buka dan cari info dulu formasi tersebut di kabupaten atau kota terdekat.

Kemudian Anda pastikan sesuaikan jurusan pendidikan dengan formasi yang tersedia. Jika sudah cocok mantapkan hati untuk memilih formasi tersebut. Kemudian siapkan berkas yang dibutuhkan sebagai syarat mendaftar tes CPNS. Ketika hari H pas tanggal 19 berkas pendaftaran CPNS sudah lengkap barulah kita mendaftar tes CPNS tersebut. Sebelum mendaftarpun ada baiknya Anda pelajari pula seluk beluk alur pendaftaran CPNS agar tidak salah dan bingung nantinya.

Secara umum alur pendaftaran tes CPNS 2019 bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Alur Pendaftaran Tes CPNS 2018
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2019

1. Masuk ke portal sscasn.bkn.go.id


2. Membuat akun di website SSCASN

Dilihat lihat dulu informasi pengumuman penerimaan CPNS yang ada jika sudah mantap dan tersedia klik menu registrasi.
Melakukan pendaftaran pada menu pendaftaran, dengan mengisi NIK, nomor KK, alamat email yang aktif, password, dan pertanyaan keamanan yang ada.
Kemudian mengunggah pas foto berwarna
Kemudian mencetak kartu informasi akun untuk login di web SSCASN

3. Selanjutnya login di portal SSCASN

Pelamar mengunggah foto selfie diri sendiri sambil memegang KTP dan Kartu informasi akun serta KK
Login/Masuk di web SSCASN menggunakan NIK dan password yang telah di daftarkan pada langkah ke2
Memilih instansi, formasi dan jabatan pendaftaran CPNS
Mengunggah dokumen yang diminta instasni sesuai persyaratan instansi
Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form RESUME
Terakhir Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran di web SSCASN tahun 2019

4. Langkah berikutnya menyiapkan berkas-berkas fotokopi yang sudah dilegalisir dan  diserahkan ke panitia lokal penerimaan CPNS untuk dilakukan verifikasi, jika lulus seleksi administrasi, pelamar akan diberikan kartu dan nomor ujian peserta CPNS 2019. Tunggu pengumuman pelaksanaan tes CPNS online dengan CAT di wilayah anda mendaftar


Buka Juga

Formasi CPNS 2019 daerah Bali, NTB, NTT
Formasi CPNS 2019 daerah Jawa Timur
Formasi CPNS 2019 daerah Jawa Barat dan Banten
Formasi CPNS 2019 daerah Kalimantan Selatan
Formasi CPNS 2019 daerah Lampung

Jadi kesimpulan dari alur CPNS bisa admin simpulkan sebagai berikut
  1. Cek formasi CPNS yang tersedia sesuai latar pendidikan
  2. Membuat akun di web SSCASN
  3. Login di web SSCASN dengan akun di langkah kedua, dan mengisi biodata, mengunggah berkas pendaftaran dan untuk mendaftar di instansi yang diinginkan, kemudian mencetak bukti pendaftaran
  4. Pelamar mendatangi panitia penerimaan CPNS seperti BKD atau lembaga yang ditunjuk dengan membawa berkas persyaratan selengkapnya.
  5. Pelamar yang lulus berkas administrasi mendapatkan kartu dan nomor peserta tes CPNS selanjutnya menunggu pelaksanaan tes CPNS 2019

Nah saya kira sangat mudah dipahami alur pedaftaran tes CPNS 2019 ini ya. silakan disimak lagi gambar diatas agar mudah dipahami. Tentunya saat ini yang perlu dipersiapkan adalah berkas pendaftaran tes CPNS dan mengetahui formasi CPNS yang tersedia.

Related Posts