Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Sekolah Ikatan Dinas Beasiswa Kementerian


Sekolah Ikatan Dinas begitu populer di kalangan pelajar, dimana sekolah ini merupakan favorit. Bagaimana tidak, selain diberikan beasiswa, setelah lulus bisa langsung bekerja. Namun tentu saja tidak semua mereka yang ingin masuk menjadi mahasiswa sekolah ikatan dinas bisa. Persaingan yang begitu ketat dari seluruh Indonesia dan kuota yang sedikit tiap tahunnya.

Sekolah Ikatan Dinas

Selain itu ada beberapa tahapan tes dalam penerimaan menjadi mahasiswa ikatan dinas tersebut, sehingga tidak hanya dituntut otak yang encer namun juga kesiapan fisik dan mental yang kuat untuk masuk ke sekolah tersebut. Tentu setiap sekolah ikatan dinas berbeda-beda ujian atau tahapan tesnya.

Bagi pelajar SMA/SMK yang ingin tau lebih banyak tentang sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia terutama nama dan jurusannya bisa disimak uraian nama-nama sekolah ikatan dinas di bawah ini.


1.  Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)


PKN STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Sesuai namanya "keuangan" bidang studi atau jurusan dalam Ikatan Dinas PKN STAN ini tidak lepas dari hal-hal berbau duit, seperti urusan perpajakan, akuntansi, beacukai, dan manajemen aset negara. Bagi kamu yang memiliki bakat dan minat dalam hal tersebut di atas mungkin ini jurusan yang cocok jika ingin ikut mendaftar sekolah ikatan dinas.
Pengumuman penerimaan, pendaftaran bisa dicek di alamat website kementerian keuangan www.kemenkeu.go.id atau di web PKN STAN di www.stan.ac.id

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


IPDN atau dulu dikenal STPDN berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Para lulusannya nanti akan bekerja di bidang pemerintahan. Misalnya sebagai camat, sekretaris camat dan jabatan pemerintahan daerah lainnya. IPDN termasuk sekolah ikatan favorit dan cukup sering terdengar di telinga kita seperti di pemberitaan media massa.

Untuk mengetahui jadwal pendaftaran dan penerimaan mahasiswa IPDN bisa di akses di situs IPDN di https://www.ipdn.ac.id/  atau di http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/ atau bisa juga di website Kementerian Dalam Negeri www.kemendagri.go.id/

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)


Bagi kamu yang suka dengan hitung-hitungan dan suka matematika rasanya cocok untuk memilih Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV dan D-III yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang biasa melakukan sensus penduduk. STIS mempunyai tiga program studi: Program Studi D-III Statistika, Program Studi D-IV Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi D-IV Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi. Untuk mengetahui seluk beluk STIS bisa membuka situs web http://stis.ac.id/
Pengumuman penerimaan mahasiswa baru ikatan dinasnya biasanya juga bisa dilihat di situs BPS https://www.bps.go.id/

4. Sekolah Ikatan Dinas kementerian Perhubungan


Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
STTD merupakan sekolah ikatan dinas dibawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).  Secara umum Kementerian Perhubungan juga menaungi sekolah tinggi lain yang berhubungan dengan transportasi laut dan Udara yang nanti akan dijelaskan dibawah. Di STTD membuka 5 jurusan program studi antara lain, perkeretaapian, penguji kendaraan bermotor, Lalu lintas angkutan jalan. Cocok bagi kamu yang menyukai otomotif, teknik kelistrikan, mesin, teknik informatika dan komputer.

Informasi pendaftaran ikatan dinas STTD bisa di buka di web http://www.sttd.ac.id/beranda/ atau http://sipencatar.dephub.go.id/ atau di www.dephub.go.id

Berikut Nama Sekolah Tinggi Transportasi yang berada dibawah naungan Kemenhub;
Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi
 Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal
 Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun
 Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
 Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya
 Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug
 Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya
 Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar
 Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan
 

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). STMKG beralamat: Jl. Perhubungan I No. 5, Pondok Betung, Pondok Aren, Pd. Betung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15221 Provinsi: Banten
Alamat situs webnya di https://stmkg.ac.id/

7. POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN (POLTEKIP)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan merupakan perguruan tinggi ikatan dinas yang berada dalam naungan Kementerian Hukum dan HAM, yang tarunanya dididik untuk menjadi petugas di lembaga pemasyarakatan.
Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Jl. Raya Gandul No. 4 Cinere – Kota Depok 16512
Telephone 021-7540077 | 7540124
Alamat Website di http://poltekip.ac.id/

8. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung berdiri sejak tahun 1964 sebagai peningkatan dari Kursus Kejuruan Sosial Tingkat Tinggi (KKST). STKS berada dibawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos)
Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosia

Alamat STKS di Jl.Ir.H.Juanda No.367 Bandung Jawa Barat -Indonesia 40135
Telp : +6222-2504838 Fax : +6222-2502962 e-mail : humas@stks.ac.id
Website  http://www.stks.ac.id/

9. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional merupakan perguruan tinggi ikatan dinas dibawah Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Pada tahun 1996, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Agraria/Kepala BPN No. 12 tahun 1996, juga Surat Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dibuka Program Pendidikan Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadasteral. Berbeda dengan D-IV yang calon mahasiswanya adalah PNS murni yang sudah mengabdi di wilayah masing-masing, Diploma I adalah lulusan SMA atau sederajat yang direkrut lewat jalur terbuka.
Jl. Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293 Telp: 0274-587239
Email stpn@stpn.ac.id  Website http://stpn.ac.id/


10. Sekolah Tinggi Perikanan


Sekolah Tinggi Perikanan adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang mendidik tenaga professional di bidang Perikanan darat dan laut. Sekolah ini di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Alamat Website di http://stp.kkp.go.id/


11. Sekolah Tinggi Pariwisata

Sekolah Tinggi Pariwisata adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Perguruan Tinggi Pariwisata yang berada di bawah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) :
  1.     Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung) http://stp-bandung.ac.id/
  2.     Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP Bali) http://stpbali.ac.id/
  3.     Politeknik Pariwisata Medan (Poltekpar Medan) http://akparmedan.ac.id/
  4.     Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar Makassar) http://poltekpar-makassar.ac.id/
  5.     Politeknik Pariwisata Palembang (Poltekpar Palembang)  http://poltekpar-palembang.ac.id/
  6.     Politeknik Pariwisata Lombok (Poltekpar Lombok) http://ppl.ac.id/

12. Sekolah Tinggi Penerbangan


Sekolah Tinggi Penerbangan  berada dinaungan Kementerian Perhubungan . Membuka Jurusan Penerbangan, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan, dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Alamat Website di http://stpicurug.ac.id/


13. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral

Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM “Akamigas”) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. STEM melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional Program Diploma I, II, III dan IV yang ditujukan pada keahlian di bidang minyak dan gas bumi serta panas bumi.  Sekolah Tinggi Energi dan Mineral merupakan perguruan Tinggi Kedinasan, di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.
Silakan kunjungi alamat  http://www.akamigas.ac.id/

14. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

bersambung ....

Related Posts