Sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu isu kampanye Presiden Joko Widodo saat menjelang pemilihan presiden 2019 lalu adalah menerbitkan kartu prakerja. Masih banyak yang salah paham tentang apa dan bagaimana kartu prakerja tersebut. Macam-macam tanggapan muncul terkait program pemerintahan Joko Widodo yang satu ini. Ada yang menanggapi dengan positif namun tidak sedikit yang berasumsi negatif terhadap program Kartu Pra Kerja ini.  Ada yang mengatakan untuk menggaji pengangguran... Nah sebelum kita beranggapan aneh-aneh tentang kartu prakerja ada baiknya kita ketahui dulu apa itu kartu pra kerja.

Apa yang dimaksud dengan Program Kartu Pra Kerja?

Program Kartu Prakerja

Menurut Peraturan Presiden nomor 36 tahun 2020, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/ buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Sedangkan Kartu Prakerja sendiri adalah kartu penanda atau identitas yang diberikan kepada penerima manfaat Program Kartu Prakerja.


Kartu Prakerja Diberikan Kepada Siapa?


Siapa yang berhak mengikuti program Kartu Prakerja dan mendapatkan kartu Prakerja adalah:
  1. Kepada para pencari kerja
  2. Pekerja atau buruh yang terkena PHK
  3. Pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan kompetensi atau ketrampilan kerja.

Jadi bagi kamu yang misalnya lulusan SMA, SMK maupun perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan, maka berhak mendapatkan kartu pra kerja tentunya dengan persyaratan tertentu.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Tidak sulit untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan kartu prakerja ini, adapun persyaratan utamanya adalah;
  1. Warga negara Indonesia dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal, yakni tidak sedang bersekolah atau kuliah.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Bagi Anda pencari kerja atau karyawan yang kena PHK yang ingin mendapatkan kartu prakerja harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di situs resmi program kartu prakerja yang telah ditentukan pemerintah. Hingga saat ini situs resmi untuk pendaftaran kartu prakerja belum ditentukan oleh pemerintah. Jadi persiapkan diri untuk mendaftar jika Anda berminat mendaftar program kartu prakerja ini.


cara mendapatkan kartu prakerja

Untuk mendapatkan kartu prakerja sendiri akan melalui proses seleksi atau tes setelah selesai mendaftar. Jadi tidak semua yang mendaftar akan diterima dalam program Kartu Prakerja.

Pada artikel terdahulu telah diketahui bersama apa itu program prakerja yaitu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/ buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Sedangkan Kartu Prakerja sendiri adalah kartu penanda atau identitas yang diberikan kepada penerima manfaat Program Kartu Prakerja.

Pemerintah lewat Kementerian Tenaga Kerja secara resmi telah merilis untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai kartu prakerja yakni di alamat https://prakerja.kemnaker.go.id/ dan https://www.prakerja.go.id/

Di kedua situs tersebut kita bisa mengetahui informasi teranyar mengenai program prakerja yang digagas pemerintah, selain itu di wesbite tersebut nantinya kita bisa mendaftar secara online untuk bergabung dalam program prakerja dan mendapatkan kartu prakerja.

Program Kartu Prakerja ini dicanangkan pada masa kampanye capres-cawapres tahun lalu, dan akan segera direalisasikan sesuai Perpres Nomor 36 tahun 2020 tentang Kartu Prakerja. Perlu diketahui bahwa untuk mengikuti program ini tentunya harus mendaftar dulu, yang rencananya pembukaan program kartu pra kerja akan dibuka pada bulan April 2020.


Cara Mendapatkan Kartu Prakerja


Bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja sudah dipaparkan sebelumnya. Jadi kita harus mendaftar dulu secara online di situs resmi kartu prakerja di alamat https://www.prakerja.go.id/. Untuk mendaftar sendiri nanti akan didampingi oleh petugas dari Dinas Ketenagakerjaan masing-masing daerah.

Penginputan Data dan Seleksi Online

Petugas Pengantar Kerja/Antar Kerja di Disnaker mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.

Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri

Yaitu pelatihan yang ada dalam layanan SISNAKER atau di laman https://pelatihan.kemnaker.go.id/programs?acceptPreWorkCard=1 lalu membayar menggunakan saldo Kartu Prakerja maksimal Rp3.000.000 untuk online dan maksimal Rp7.000.000 untuk offline. Biaya pelatihan ditanggung pemerintah alias gratis, asalkan lulus saat pendaftaran.


Selanjutnya Mengikuti Pelatihan di SISNAKER baik  secara Online maupun Offline sesuai pilihan di awal.

Peserta Pelatihan Mendapatkan Insentif Setelah selesai mengikuti pelatihan, adapun  insentif yang diberikan sebesar Rp500.000 dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo Kartu Prakerja.

Demikian informasi awal bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja. Pendaftaran secara onlie belum dibuka. Jika dekat dengan kantor Dinas Tenaga Kerja, sebaiknya cari informasi lebih detail disana mengenai mekanisme pendaftaran kartu prakerja. Bisa juga memantau situs prakerja di https://prakerja.kemnaker.go.id/ dan https://www.prakerja.go.id/



Apa yang didapatkan setelah mendapat Kartu Pra kerja


Manfaat kartu prakerja bagi mereka yang mengikuti program ini yakni mendapatkan insentif dan pelatihan kerja. Apa itu insentif? Insentif yang dimaksud disini adalah sejumlah dana yang diberikan kepada penerima kartu prakerja yang diharapkan berguna untuk mencari pekerjaan. Jadi dana yang didapat bukan untuk keperluan sehari-hari namun hendaknya digunakan untuk proses mencari pekerjaan.

manfaat Program Kartu Prakerja

Apakah insentif sekonyong-konyong cair begitu kartu prakerja keluar? Tidak. Sebelum pemilik kartu prakerja mendapat duit insentif, tentu harus melalui pelatihan dulu.  Jadi sebelum mendapatkan insentif, maka wajib mengikuti pelatihan atau kursus yang telah dipilih. Biaya pelatihan/kursus itu sendiri akan dibiayai oleh pemerintah.

Dari paparan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa kartu prakerja bukan untuk menggaji pengangguran, karena kartu prakerja diberikan kepada para pencari kerja yang tidak memiliki pekerjaan dan membutuhkan skill serta kompetensi untuk masuk ke dunia kerja. Selain itu tidak semua orang yang bisa mendapatkan kartu pra kerja karena untuk mendapatkannya melewati proses pendaftaran dan seleksi. Anda berminat? Kita tunggu saja perkembangan terbaru bagaimana cara pendaftaran. Untuk terus mengupdate sebaiknya pantau terus website www.kemnaker.go.id untuk mendapatkan informasi resminya atau kunjungi kantor dinas ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

Informasi Resmi Tentang Program Pra Kerja


Pemerintah lewat Kementerian Tenaga Kerja telah merilis situs resmi program prakerja yakni beralamat di https://www.prakerja.go.id/ dan https://prakerja.kemnaker.go.id/


Silakan diunduh juga Peraturan Presiden nomor 36 tahun tentang Kartu Pra Kerja disini

Post a Comment