Sebagaimana diketahui bersama, Badan Pusat Statistik pada tahun 2020 ini akan mengadakan hajatan yakni Sensus Penduduk tahun 2020. Sensus penduduk dilaksanakan secara bertahap yakni Sensus penduduk secara mandiri online dan sensus wawancara bagi warga yang tidak melakukan sensus online.

Sensus penduduk secara online sendiri sudah dibuka mulai kemaren tanggal 15 Februari 2020 dan berakhir tanggal 30 Maret 2020. Bagi Anda yang ingin melakukan sendiri sensus penduduk silakan buka artikel cara mengisi sensus penduduk tahun 2020.

Untuk melakukan sensus wawancara tentunya BPS membutuhkan petugas yang akan terjun langsung ke rumah-rumah warga untuk melakukan wawancara dan mengisi kuesioner yang telah disediakan oleh petugas sensus.  Petugas Sensus Penduduk ini nantinya akan direkrut oleh Badan Pusat Statistik dan diadakan pelatihan bagi petugas sensus sebelum melakukan tugasnya. Diperkirakan BPS akan merekrut 390 ribuan petugas di seluruh Indonesia.

Persyaratan Pendaftaran Petugas Sensus 2020
Persyaratan Pendaftaran Petugas Sensus 2020

Saat ini belum dibuka untuk proses pendaftaran petugas sensus, namun diperkirakan rekrutmen akan dilaksanakan di bulan Februari tahun 2020 ini secara online. Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar menjadi petugas sensus tahun 2020 ini maka ada baiknya ketahui dulu persyaratan-persyaratan apa saja untuk melamar jadi petugas sensus penduduk tahun 2020.

Adapun persyaratan bagi pelamar petugas sensus penduduk 2020 adalah:

  1. Berijazah minimal SLTA
  2. Berusia kurang dari 50 tahun per 1 April 2020
  3. Bertempat tinggal di wilayah sensus yang akan dilaksanakan
  4. Memiliki Smartphone Android

Persyaratan berkas 
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi eKTP
  • Pas foto ukuran 4x2 cm
  • Mengisi biodata

Berapa honor petugas Sensus?


Deputi Bidang Statistik Sosial BPS M Sairi Hasbullah dilansir dari liputan6.com menyatakan bahwa honor bagi petugas sensus akan disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR). Namun belum diketahui daerah mana yang akan dijadikan standar honorarium petugas sensus ini.


Nah demikian tadi informasi awal persyaratan pendaftaran petugas Sensus penduduk tahun 2020. Silakan dapatkan informasi lain mengenai info lowongan petugas sensus dengan mendatangi kantor Badan Pusat Statistik di wilayah Anda.


2 Komentar

Posting Komentar