Beberapa jam yang lalu, Patch dan installer dapodikdasmen terbaru versi 2020.b telah dipublikasikan di laman dapodikdasmen. Bagi operator sekolah yang sudah tidak sabar mengerjakan dapodik semester 2 tentunya tinggal melakukan instalasi patch terbaru tersebut. Jika ingin instal ulang, maka bisa menggunakan installer terbaru.

Nah jika dapodik 2020b sudah terinstal maka operator sekolah bisa melakukan sinkronisasi. Namun ada perbedaan mendasar pada proses sinkronisasi dapodik versi 2020b, yakni sinkronisasi harus melalui akun kepala sekolah. Artinya Operator harus keluar dulu dari akun operator kemudian login ke Kepala Sekolah.

Sebelum memulai tahapan sinkronisasi, setelah kita instal jika masih login operator, maka harus keluar dulu lalu login lagi untuk memastikan kita sedang mengerjakan dapodik semester genap 2019-2020.

Kemudian lakukan langkah validasi dengan mengeklik Menu Validasi, maka akan muncul data invalid di validasi data sekolah dan kawan-kawannya.

cara sinkronisasi dapodikdasmen terbaru 2020b  Pengguna tidak aktif
invalid dapodikdas 2020b
Misalnya di tab menu Sekolah akan muncul 3 invalid salah satunya adalah perintah untuk mengisi apakah sekolah memungut iuran pada orangtua siswa atau tidak pada formulir data pelengkap sekolah.

Nah disinilah kita harus mengisinya dengan cara login di akun GTK kepala sekolah.

Namun sebelum melakukan sinkronisasi tentunya data invalid yang merah harus di hilangkan nol kan. Cara tercepat adalah dengan melakukan cara salin data periodik.

Milsanya Klik Menu Sarpras dan Bangunan > Klik Menu Aksi > Klik Salin Data Periodik > Klik Ya.
Maka Invalid di tab Sarpras akan NOL (0) Silakan cek Validasi > Sarpras, lalu klik ikon refresh.

Untuk Invalid di Tab Rombongan Belajar dan Jadwal maka operator wajib membuat ulang di Menu Rombongan Belajar secara manual.

Untuk data INVALID lain silakan lakukan sendiri ya.

Cara login Akun Kepala Sekolah di Dapodikdasmen


Ada 2 cara login akun Kepala Sekolah di aplikasi Dapodik. Cara pertama memakai akun yang telah dibuat di tab penugasan di Menu GTK Kepala Sekolah. 

Disebutkan di atas bahwa untuk melakukan sinkronisasi dan memperbaiki invalid di tab Sekolah pada validasi maka harus login ke akun kepala sekolah. Sedangkan untuk login ke akun Kepsek silakan keluar dulu dari aplikasi dapodikdasmen. Klik Keluar pada menu keluar di bagian kiri bawah aplikasi.

Nah disini terkadang operator lupa password yang dipakai untuk login akun kepala sekolah. Untuk login akun GTK lain seperti guru dan kepsek silakan buka cara membuat dan melihat user GTK di dapodikdasmen.


Cara kedua menggunakan Fitur Baru Dapodik Tukar Akses Pengguna

Caranya Klik Menu Pengaturan di bagian kiri Bawah

Lihat Menu Tukar Akses Pengguna


Masukkan kode Registrasi Dapodik, Klik OK

tukar akses pengguna dapodikdas 2020b
sinkronisasi dapodik 2020b
Ketik atau cari nama Kepala Sekolah, (Klik Pilih), kemudian tukar Pengguna

tukar akses pengguna dapodikdas 2020b


Cara Sinkronisasi Dapodik versi 2020b


Selanjutnya untuk melakukan sinkronisasi terlebih dulu melakukan validasi, lihat menu di sisi kiri.
Jika invalidnya 0, maka sudah bisa melakukan sinkronisasi.
Klik Sinkronisasi, Maka akan dihadapkan pada Lembar Konfirmasi Sinkronisasi, Klik Lanjut. Kemudian klik item yang ada, centang (klik) semua item. Klik Isian Dapodik.

sinkron dapodikdasmen 2020b
sinkronisasi di dapodik lewat akun Kepsek
cara sinkronisasi dapodik baru versi 2020b



Kemudian tahap akhir adalah klik Lanjut Sinkronisasi.Selesaikan proses sinkronisasi dapodik hingga tuntas tas tas. Selamat Bekerja

Permasalahan Dapodik Terbaru


Ada beberapa permasalahan yang muncul saat kita instal dapodik 2020b antara lain:

Pengguna tidak aktif, saat akan melakukan sinkronisasi. Solusinya adalah dengan merefresh browser atau tekan tombol F5 pada keyboard. Atau keluar dan buka ulang dapodik.

Kemudian masalah selanjutnya adalah menu sinkonisasi tidak muncul atau hilang. Sebenarnya tidak dihilangkan, ini sudah dijelaskan di atas. Sinkronisasi dilakukan dengan cara login ke akun Kepsek. Jadi menu sinkron baru bisa muncul di akun Kepala Sekolah.


Post a Comment