Banyak kendala yang dihadapi oleh operator dapodik pada tahun ajaran 2019-2020 ini. Dari aplikasi dapodik di awal yang masih banyak bugs/gangguan hingga aplikas PMP yang berlarut-larut tidak kunjung selesai dalam penyempurnaan aplikasi. Namun yang namanya tugas yang tetap harus dikerjakan.

Setelah kita ikuti panduan cara instalasi aplikasi PMP EDS offline pada artikel sebelumnya. Kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengisi angket EDS atau PMP offline 2019. Untuk mengisi angket ini pastikan Anda sudah menginstal EDS PMP yang terbaru versi 2019.12.

Baiklah kita ikuti secara lengkap cara mengisi angket EDS PMP 2019 ini:

1. Mengisi EDS Kepala Sekolah


Untuk mengisi kuesioner EDS Kepala Sekolah loginnya menggunakan akun Dapodik, nanti akan tertera nama operator dapodik (karena aplikasi ini memang terhubung dengan aplikasi dapodik).
Silakan Login menggunakan user (email dapodik) dan password yang sama untuk dapodik.

cara mengerjakan EDS PMP
cara isi EDS PMP 2019
cara mengerjakan EDS PMP


Untuk memulai pengisian angket silakan klik menu di sisi kiri aplikasi, Klik Kuesioner > Isi Kuesioner, akan muncul kuesioner A-H dari hasil belajar hingga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Pilih klik Lanjutkan untuk mencentang-centang angket. Klik rincian berfungsi untuk melihat rincian hasil pengisian angket, apakah ada yang tertinggal atau tidak. akan ketahuan disini butiran soal yang sudah terjawab dan yang belum.

isi angket EDS 2019

Catatan Penting

Setelah kita mengisi  angket EDS, baik satu STANDAR maupun satu klik angket, kemudian kembali ke menu Beranda, maka akan muncul konversi jawaban. Klik konversi jawaban.

konversi jawaban angket EDS


Pastikan setelah mengisi satu standar angket EDS, jangan lupa mengklik Hitung  Rekap Kemajuan Anda. Fungsinya agar semua standar menjadi 100% jika pengisian memang sudah selesai, (lihat gambar kedua) Jika tidak mengklik nya, maka progress, pengisian tidak akan berubah, dan tidak bisa sinkronisasi PMP.

Progress pengisian PMP



SINKRONISASI EDS PMP


Perlu diketahui oleh operator, bahwa sinkronisasi bisa dilakukan tanpa harus menunggu pengisian EDS PMP selesai semua dikerjakan. Misalnya kita selesai mengisi kuesioner kepala sekolah, silakan lakukan sinkronisasi. Jadi sinkronisasi pertama kali adalah wajib. Dan operator bisa berulang-ulang melakukan sinkronisasi.

Fungsi sinkronisasi di sini selain mengirim hasil pengisian kuesioner, juga untuk menambah data guru dan siswa di Manajemen Pengguna. Karena saat instal pertama kali, tidak semua nama guru/siswa yang akan mengisi EDS PMP muncul. Maka dari itulah perlu dilakukan sinkronisasi awal.
Pastikan Anda mengikuti jadwal sinkronisasi yang telah ditentukan pusat.

Silakan klik menu Sinkronisasi maka akan muncul seperti gambar di bawah

sinkronisasi EDS PMP


Pastikan status internet terkoneksi (Connected) Klik sinkronisasi, tunggu beberapa menit. Selesai.

2. Mengisi angket kuesioner Guru dan Siswa


Proses pengisian kuesioner guru dan siswa, tidak berbeda jauh dengan mengisi angket Kepala Sekolah. Untuk beralih mengisi EDS dari Kepsek ke guru silakan klik menu Pengaturan, pilih Tukar Pengguna. Perhatikan Jenis Responden, Klik untuk mengubah ke responden siswa atau komite.
Kemudian pilih nama guru yang akan diisi EDS PMPnya.



Selanjutnya sama, untuk siswa begitu pula prosesnya.

3. Mengisi angket Komite Sekolah



Proses isi kuesioner pada komite sekolah tidak berbeda dengan Kepsek, guru dan siswa, hanya saja kita perlu menambah atau membuat akun komite sekolah sebanyak 3 orang (3 kali di Manajemen pengguna) sebelum bisa mengisi angket.
tambah akun komite sekolah PMP

Klik Manajemen Pengguna, Klik tanda garis 4 di sudut kanan atas, Klik Tambah. Kemudian isi nama Komite/Orangtua siswa, masukkan email (tidak perlu asli) dan password 2 kali. Klik Simpan.


Jika sudah selesai mengisi keseluruhan kuesioner, saran saya jangan dulu melakukan sinkronisasi, namun silakan hitung dulu rapor PMP tahun 2019 nya. Bandingkan dengan rapor PMP tahun 2018. Apakah mengalami penurunan secara rata-rata atau tidak. Jika turun maka disarankan edit dulu isian kuesioner PMP 2019.
Rapor Mutu PMP


Selesai proses pengerjaan kuesioner dan sinkronisasi, maka langkah berikutnya adalah menghitung Rapor PMP dan Pakta Integritas. Jika sudah selesai. Silakan Sinkron ulang.

Update Silakan unduh versi PMP terbaru 2020.02.07





Post a Comment