Besaran Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenag



Kebijakan pemberian tunjangan Kinerja teah dilaksanakan di beberapa kementerian ataupun instansi pusat. Tidak terkecuali lingkup Kementerian Agama. Dan kita ketahui bersama bahwa di lingkungan Kemenag yang paling banyak adalah pegawai pendidik atau guru. Apakah guru di lingkup Kemenag mendapatkan tunjangan kinerja? Jawabannya iya. Wah enak ya, tunjangan lumayan besar. Bayangkan kalau guru sudah sertifikasi ada pula tunjangan kinerja lagi. Belum lagi tambahan uang lauk-pauk... Namun sebelum menyimpulkan terlalu jauh ada baiknya dipahami dulu PMA tentang Tukin di lingkup Kemenag ini. 

Agar lebih tahu bagaimana tunjangan kinerja di lingkungan Kemenag sudah diatur lewat Peraturan Menteri Agama nomor 11 tahun 2019 tentang Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai pada Kementerian Agama.

Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 11 tahun 2019.

Pemberian tunjangan Kinerja di lingkungan Kemenag besarnya diberikan berdasarkan Kelas Jabatan yakni klasifikasi jabatan dalam satuan organisasi yang didasarkan hasil evaluasi jabatan. Untuk mendapatkan secara penuh tunjangan kinerja, hal yang harus dipenuhi pegawai Kemenag adalah memenuhi capaian kinerja setiap bulan yang berarti tunjangan kinerja dihitung dan diberikan setiap bulan.

Namun tidak semua pegawai atau PNS di lingkungan kemenag yang diberikan tunjangan kinerja yakni mereka yang: Tidak memiliki jabatan tertentu, pegawai yang diberhentikan sementara atau nonaktif, pegawai yang sedang cuti di luar tanggungan negara dan yang sedang menjalani MPP (Masa persiapan Pensiun) dan pegawai pada badan layanan umum yang telah mendapatkan remunerasi.

Adapun perhitungan tunjangan kinerja didasarkan pada; kehadiran kerja dan capaian kinerja yang secara gamblang mekanismenya dijelaskan dalam PMA nomor 11 tahun 2019 Pasal 4 hingga pasal 16 PMA tersebut.

Tunjangan Kinerja Guru/Dosen di Kemenag


Sebagaimana disebutkan diatas Guru di lingkup Kemenag selain mendapatkan tunjangan profesi juga mendapatkan tunjangan kinerja. Namun ada ketentuannya seperti disebutkan dalam pasal Pasal 24, tunjangan kinerja bagi pegawai yang diangkat sebagai pejabat fungsional dan mendapatkan tunjangan profesi dibayarkan sebesar selisih antara tunjangan kinerja pada kelas jabatannya dengan tunjangan profesi pada jenjangnya. Jadi tidak dibayar penuh untuk tukinnya jika sudah mendapatkan tunjangan profesi.

besaran tunjangan kinerja PNS Kemenag berdasarkan kelas jabatan
besaran tunjangan kinerja PNS Kemenag

Beda halnya jika guru atau dosem tersebut belum sertifikasi maka tunjangan kinerja dibayar 50% sesuai kelas jabatannya seperti disebutkan dalam ayat 3 pasal 24.

Sebagai contoh misalnya guru dengan Golongan IV/a masa kerja 6 tahun, masuk kelas jabatan
masuk kelas jabatan 10 dengan jumlah tunjangan kinerja Rp 5.183.000,- dan besar tunjangan profesi misalnya Rp. 4.000.000.- maka perhitungan selisih tunjangan kinerja adalah Rp 5.183.000- Rp 4.000.000= Rp 1.183.000,-

Jadi tunjangan kinerja yang dibayarkan kepada guru tersebut adalah sebesar Rp 1.183.000,-

Untuk kelas jabatan guru Kemenag diatur lewat  PMA nomor 51 tahun 2014 tentang jabatan ASN kemenag (link) Atau bisa dilihat pada tabel di bawah



GolonganJabatan (PMA 51 Tahun 2014)Grade/Kelas Jabatan
II/aTerampil Pelaksana Pemula4
II/bTerampil Pelaksana5
II/cTerampil Pelaksana Lanjutan6
II/dTerampil Penyelia7
III/aGuru Pertama8
III/bGuru Pertama8
III/cGuru Muda9
III/dGuru Muda9
IV/aGuru Madya11
IV/bGuru Madya11
IV/cGuru Utama13

PMA nomor 51 tahun 2014 tentang jabatan ASN kemenag
kelas jabatan guru madrasah

Kesimpulan:

PNS di lingkungan Kementerian Agama mendapatkan tunjangan kinerja termasuk guru, dosen dan pejabat fungsional lainnya, kecuali PNS yang telah disebutkan di atas. Pemberian perhitungan kinerja didasarkan pada grade atau kelas jabatan serta kehadiran dan capaian kinerja PNS yang bersangkutan. Mekanisme atau juknisnya bisa dilihat pada Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 11 tahun 2019.


File PMA nomor 11 tahun 2019 bisa diunduh di bawah ini

0 Response to "Besaran Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenag"

Posting Komentar