Bantuan Dana Pemberdayaan KKG, MGMP Madrasah


Setiap tahun Pemerintah khususnya kementerian yang mengurusi kependidikan terus berupaya meningkatkan mutu pendidik yang dilaksanakan lewat pelatihan secara berkesinambungan. Hal ini juga merupakan amanat UU Sisdiknas. Kucuran dana juga tak luput dari perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik. Salah satunya bantuan dana untuk kelompok kerja guru seperti KKG maupun MGMP.
Bantuan Dana Pemberdayaan KKG, MGMP Madrasah
Bantuan Dana Pemberdayaan KKG, MGMP Madrasah

Pun Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama tahun ini kembali mengucurkan dana bantuan untuk kelompok kelompok tersebut. Strategi peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan pada direktorat GTK madrasah Kementerian Agama memutuskan untuk memperkuat peran KKG/MGMP/POKJAWAS/KKM, dengan membangun komunitas belajar guru yang paling dekat dengan tempat kerja mereka (gugus). Berdasarkan strategi tersebut, maka pihak Direktorat perlu membuatkan petunjuk teknis pemberian bantuan Pemberdayaan KKG/MGMP/POKJAWAS/KKM guna memberi arah pengembangan, inisiatif, dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi secara sistematis dan berkelanjutan pada gugus terdekat dengan guru dan tenaga kependidikan.

Adapun sasaran penerima bantuan ini adalah sebagai berikut:


    Kelompok Kerja Guru (KKG) RA/MI
    Musyawarah GuruMata Pelajaran(MGMP) MTs/MA
    Kelompok Kerja Madrasah (KKM)
    Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas)

Buka Juga Bantuan Peberdayaan Lembaga Profesi Pendidikan Islam

1. Syarat Pengajuan Bantuan

1) Memiliki dasar hukum penyelenggaraan kegiatan KKG/MGMP/POKJAWAS/KKM, antara lain dalam bentuk surat penetapan dari kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
2) Memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)
3) Memiliki struktur organisasi yang lengkap, sekurang-kurangnya terdiri dari pembina, ketua, sekretaris, bendahara dan bidang.
4) Memiliki program kerja tahunan dua tahun kedepan.
5) Memiliki anggota aktif minimal 10 orang.

2. Mekanisme Pengajuan dan Penetapan Penerima Bantuan

a. Mekanisme Pengajuan Bantuan, adalah:
1) Mengajukan proposal permohonan bantuan (contoh proposal terlampir);
2) Menandatangani surat penyataan kesanggupan menerimadan melaksanakan kemanfaatan dana bantuan;
3) Menyertakan rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota;
4) Menyertakan Salinan NPWP lembaga;
5) Menyertakan Fotokopi buku rekening, validasi keaktifan rekening dari Bank, dan atas nama lembaga KKG/MGMP/POKJAWAS/KKM (bank pemerintah);
6) Bersedia melaporkan penggunaan dana sesuai kegiatan yangdilaksanakan.

Juknis bantuan ini berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor 3459 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemberdayaan KKG/MGMP/POKJAWAS Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah  Tahun Anggaran 2019.



Jumlah Bantuan dan Penggunaan Dana

Jumlah Bantuan Pemberdayaan KKG/MGMP/POKJAWAS/KKM pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2019 adalah sebesar Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) untuk setiap lembaga yang telah diseleksi dan ditetapkan sebagai penerima bantuan. Bantuan ini harus digunakan untuk membiayai pelaksanaan kegiatan dalam rangka mencapai target dan tujuan sebagaimana diatur dalam Juknis ini. Penggunaan Bantuan diarahkan pada prinsip efisiensi
dengan pelaksanaan kegiatan berbasis gugus di KKG/MGMP/POKJAWAS/KKMdengan fokus pada kegiatan inti pelatihan dan pendampingan.
Distribusi untuk masing-masing komponen kegiatan, dilakukan secara proporsional sesuai dengan
kebutuhan sebagai berikut:
  • Narasumber pelatihan(honor,akomodasi, dan transport);
  •  Pendampingan sebagai tindaklanjut dari pelatihan
  • ATK selama pelatihan dan pendampingan

Pembiayaan transport peserta, komsumsi, dan akomodasi (jika ada) diharapkan bersumber dari dana BOS, kontribusi yayasan, atau sumber lainnya yang sah.
Dana bantuan ini tidak boleh digunakan untuk pengadaan barang/belanja fisik, kecuali alat peraga atau sumber belajar dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi guru dan
tenaga kependidikan maksimal 20% dari total jumlah bantuan yang diterima. Segala kegiatan yang telah didanai dari bantuan ini tidak dapat diklaim ke sumber pembiayaan lainnya.

persyaratan, cara mendapatkan dana bantuan dll silakan unduh juknisnya secara lengkap di tautan ini

0 Response to "Bantuan Dana Pemberdayaan KKG, MGMP Madrasah"

Posting Komentar