Back To Top

Cara Daftar Tes CPNS 2018

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS tentu merupakan idaman dan keinginan setiap orang. Selain pekerjaan yang lumayan santai, menjadi PNS dianggap berbeda karena mampu menaikkan status sosial seseorang. Dengan menjadi PNS kehidupan terutama dalam hal ekonomi akan membaik. Tentu karena jaminan gaji yang diterima setiap bulan dan beberapa macam tunjangan yang juga rutin diterima setiap bulan. Ya pokoknya jadi PNS itu enak deh.

Hidup ini merupakan sebuah persaingan atau kompetisi, mereka yang terbaik tentu saja akan mendapat hal yang terbaik. Pun dalam mendapatkan pekerjaan kita terlibat dalam sebuah persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Mendapatkan pekerjaan gampang-gampang susah. Yang mau kerja kantoran, tentu harus memiliki skill dan tingkat pendidikan yang memadai yang dipersyaratkan oleh sebuah perusahaan. Beda jika kerja serabutan seperti buruh bangunan atau pekerja kasar lainnya.Selain itu dalam melamar kerja, tidak sedikit pula pesaing untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
Cara Daftar Tes CPNS 2018

Tidak berbeda dengan menjadi PNS pun kita harus bersaing dan siap menyingkirkan saingan kita tersebut. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang bersaing hanya untuk mendapatkan beberapa formasi yang disedikan oleh pemerintah. Misalnya untuk menjadi guru SD, formasi yang tersedia cuma 5 orang namun yang melamar ribuan orang. Dulu, dalam beberapa kasus, untuk menjadi PNS kita harus keluar puluhan juta dan orang dalam. Namun berbeda dengan jaman now, untuk menjadi PNS harus melewati beberapa tahapan Tes yang tentu saja tidak mudah, tidak bisa mengandalkan bokap, nyokap atau keluarga yang sudah bekerja di pemerintahan. Jaman Now menjadi PNS harus pintar. Tak hanya pintar otak, namun juga strategi khusus.

Oalah kebanyakan ngalor ngidul kayanya saya ya... Oke dah. kita kembali ke inti masalah saja gimana cara daftar tes CPNS 2018.

Gaung penerimaan CPNS sudah terdengar beberapa bulan yang lalu, mengingat beberapa tahun, tes CPNS khususnya CPNS Pemda tidak dibuka oleh pemerintah. Di 2017 lalu pemerintah hanya membuka penerimaan CPNS untuk Lembaga pusat  dan kementerian. Nah direncanakan tahun 2018 ini pemerintah akan membuka kembali tes CPNS, jadi bagi rekan-rekan yang ingin menjadi PNS inilah saatnya mempersiapkan segala sesuatunya. Karena kurang lebih 200 ribu formasi akan disediakan baik untuk lembaga kementerian maupun CPNS daerah propinsi maupun kabupaten Kota.
Dan diperkirakan antara 80 ribu sampai 100 ribu dikhususkan untuk tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan.

Pendaftaran maupun tes CPNS 2018 dilakukan secara online, lewat SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional nya BKN, terpusat dan terintegrasi. Dalam berita rakornas kepegawaian 2018 telah disebutkan mengenai hal ini. Hingga berita ini ditulis memmang pendaftaran tes CPNS belum dibuka, namun tidak ada salahnya jika admin tulis terlebih dahulu dan pembaca mempersiapkan diri dan mengetahui seluk beluk penerimaan CPNS 2018. Pihak Badan kepegawaian negara dan kementerian PAN RB saat ini masih terus berkoordinasi untuk memaksimalkan proses penerimaan CPNS dan hasilnya tidak mengecewakan.

Yang perlu diketahui oleh calon pelamar CPNS, nantinya pengumuman pendaftaran adalah lewat alamat situs www.bkn.go.id dan www.menpan.go.id. Selain itu situs-situs kementerian maupun web badan kepegawaian daerah maupun pemerintah daerah tentu saja akan turut serta dalam mengumumkan pendaftaran tes cpns 2018 termasuk formasi-formasi apa saja yang dibuka. Jadi rekan calon pendaftar harap bersabar dan jangan termasuk kabar palsu alias hoax. Termasuk kabar akan diangkatnya tenaga honorer menjadi CPNS.

Alamat pendaftaran CPNS 2018 nantinya beralamat di https://sscn.bkn.go.id/  baik untuk CPNS daerah maupun CPNS kementerian menjadi satu di alamat tersebut. Tidak ada lagi portal pendaftaran mandiri oleh masing-masing lembaga. Disebutkan di atas, bahwa Tes CPNS menggunakan tool atau aplikasi buatan BKN yang disebut CAT atau Computer Assisted Test, yang bisa dicoba bagi calon pelamar CPNS di laman web http://cat.bkn.go.id/simulasi/ dengan terlebih dulu mendaftar di http://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar/ 

Selain BKN banyak juga situs-situs yang menyedikan sarana untuk berlatih soal-soal tes CPNS secara online. Tidak hanya itu untuk belajar soal-soal latihan CPNS rekan-rekan juga bisa mengunduh contoh soal yang banya tersebar di dunia maya. Jadi intinya pelajari aja dulu contoh-contoh soal latihan tes CPNS. Tunggu update selanjutnya. 



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



Arsip Blog