Bagi Anda yang akan mendaftar CPNS, melamar pekerjaan maupun yang bertujuan ingin menyimpan sebuah dokumen menjadi dokumen digital semisal dokumen berformat pdf. Saat ini tidak perlu sulit-sulit lagi. Kalau dulu kita membutuhkan alat scanner, saat ini untuk membuat dokumen pdf cukup menggunakan HP atau smartphone yang sehari-hari yang kita gunakan. Bagi pengguna Android maupun Iphone banyak aplikasi tersedia untuk membuat dokumen pdf tersebut. Baik dari dokumen office seperti Microsoft excel, word, powerpoint maupun dari dokumen berformat gambar atau foto.

Pada kesempatan ini admin kerjapns.com akan berbagi tutorial cara membuat dokumen file pdf dari foto atau gambar hasil jepretan sendiri. Misalnya kita ingin mengubah foto ijazah kita menjadi file pdf. Caranya pun sangat mudah, boleh dibilang tidak menggunakan aplikasi tambahan lagi.

Sekarang kita ikuti caranya.

Pastikan Di Smartphone Android Anda sudah teinstal Aplikasi MS Office, jika belum silakan unduh di playstore di link ini, kemudian Instal sampai selesai.


1. Siapkan dokumen yang akan dibuat pdf, semisal Ijazah SMA.

2. Foto atau jepret bagian depan dan belakang ijazah (dalam hal ini bagian berisi biodata dan transkrip nilai). Jadi dokumen ini akan jadi 2 (dua) halaman pdf nantinya.
Pastikan jepretan yang didapat adalah hasi yang terbaik, difoto dari posisi atas atau depan, jangan miring agar rapi nantinya.

3. Buka galeri di HP Anda. Cari dokumen yang baru saja difoto.

4. Pilih Foto yang akan dijadikan file pdf.
    Caranya Klik tanda 3 titik di pojok kanan atas, Pilih Ubah

Cara Mudah Membuat File Pdf Dari Foto

cara ubah gambar jadi dokumen pdf

Kemudian Pilih gambar yang akan dibuat file pdf.

cara ubah gambar jadi dokumen pdf

Cara Mudah Membuat File Pdf Dari Foto

Setelah ditandai, dengan tanda centang, kemudian klik tanda berbagi di bagian bawah.

5. Selanjutnya muncul mau dibagikan kemana, Disini kita pilih aplikasi Office.

cara scan pdf di hp


6. Akan muncul seperti gambar dibawah ini.
    Klik lagi tanda 3 titik di pojok kanan atas. Pilih Simpan Sebagai


 

menyimpan gambar foto menjadi pdf

7.  Pilih Perangkat ini, Pilih Documents atau folder yang lain terserah.

     Jangan lupa ganti nama, perhatikan di bagian bawah, Ketik nama dokumen yang ada, Klik Simpan.


cara scan pdf di hp

Maka file pdf Anda sudah jadi. Berisi 2 halaman pdf. Untuk mencarinya silakan buka Menu Saya.

Namun dokumen ini biasanya lumayan besar ukurannya. Sesuai ukuran foto awal. Semakin besar ukuran resolusi/memori foto, maka besar pula file pdf yang jadi. Jika anda ingin mengecilkan bisa mengkompress file pdf ini dengan software misalnya smallpdf compressor di link ini

Sebagai catatan, tutorial ini menggunakan HP Samsung Galaxy M11 Android 11. Mungkin akan sedikit berbeda tampilannya dengan HP milik Anda. Namun langkah-langkahnya pada dasarnya sama. Cara lain membuat file pdf bisa dibuka dilink ini.

Silakan dicoba-coba sambil belajar ya...


Baca Juga

Post a Comment