Bantuan Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2021

Pesantren  yang  tumbuh  dan  berkembang  di  masyarakat  telah berkontribusi penting dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lil’alamin  dengan  melahirkan  insan  beriman  yang  berkarakter,  cinta tanah  air  dan  berkemajuan,  serta  terbukti  memiliki  peran nyata  baik dalam pergerakan dan perjuangan meraih kemerdekaan maupun pembangunan  nasional  dalam  kerangka  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia. Sebagai sub kultur, Pesantren memiliki kekhasan yang telah mengakar, hidup dan berkembang di tengah masyarakat dalam  menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi  pemberdayaan masyarakat. 

Demikian halnya Pendidikan Keagamaan Islam yang di dalamnya terdapat Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Kedua Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam tersebut  juga  didirikan  dan  diselenggaran  oleh  masyarakat  dan  telah berkontribusi  nyata  dalam  pembentukan  karakter  dan  akhlak  mulia, mempersiapkan  peserta  didik  dalam  penguasaan  pengetahuan  ilmu agama Islam dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat peran dan kontribusi Pesantren dan Pendidikan Keagamaan  Islam  tersebut,  pemerintah  melalui  Kementerian  Agama memberikan fasilitasi yang diwujudkan dalam Program Bantuan
Halaqah  pada  Pesantren  dan  Pendidikan  Keagamaan  Islam  Tahun Anggaran 2021.  Program bantuan ini diberikan dalam rangka penguatan moderasi beragama,  pembangunan  karakter,  dan/atau  peningkatan  kualitas sumber  daya  manusia  pada  Pesantren  dan  Pendidikkan  Keagamaan
Islam.

Direktorat PD Pontren Kementerian Agama RI akan memberikan bantuan bagi pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2021. 

Bantuan ini berbentuk uang sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta  rupiah)  untuk  fasilitasi  dan  dukungan  penyelenggaraan  kegiatan halaqah Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam.

Persyaratan Penerima Bantuan
Persyaratan penerima Bantuan sebagai berikut:
1. Pesantren terdaftar pada Kementerian yang dibuktikan dengan PSP.
2. LPQ/MDT  terdaftar  pada  Kementerian  yang  dibuktikan  dengan  PSLPQ/PSMDT.
3. Ormas Islam yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepengurusan yang sah dan masih berlaku.  
4. AFPSPP  yang  dibuktikan  dengan  Surat  Keputusan  Kepengurusan yang sah dan masih berlaku.  
5. Pesantren, LPQ/MDT, Ormas Islam, dan/atau AFPSPP memperoleh rekomendasi  dari  Kantor  Wilayah  dan/atau  Kantor  Kementerian Agama  yang  menyatakan  keberadaan,  keaktifan,  dan  kelayakan sebagai lembaga penerima bantuan.

Pengajuan bantuan dapat disampaikan melalui tautan di bawah:
https://ditpdpontren.kemenag.go.id/layananbantuan/

Pengajuan dan pelaksanaan penyaluran bantuan mengacu pada petunjuk teknis bantuan yang dapat diunduh pada laman https://ditpdpontren.kemenag.go.id/storage/archives/1629278271.pdf
Batas akhir pengajuan bantuan pada tanggal 10 September 2021

Baca Juga

1 Komentar

Posting Komentar