Dalam tulisan sebelumnya kami telah berbagi tata cara membuat dokumen pdf dari foto atau gambar hasil jepretan kamera. Memang untuk membuat file pdf sangat mudah lewat HP. Namun hasilnya kebanyakan ukurannya lumayan besar, sehingga terkadang saat dibutuhkan untuk diunggah sebagai dokumen persyaratan, file pdf tersebut tidak memenuhi persyaratan ukuran maksimal dokumen.

Satu solusinya yakni mengkompres atau mengurangi ukuran dokumen pdf tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran memori file pdf tersebut. Bisa dilakukan secara online atau jika memiliki laptop kita bisa menggunakan software pdf yang terinstal di komputer.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi tata cara mengkompress dokumen pdf lewat situs online penyedia jasa kompress pdf serta mengkompress dokumen pdf lewat software nitro pdf.

Cara Compress Pdf Secara Online


Banyak website penyedia jasa compress dokumen pdf, Sebut saja Small Pdf, I Love Pdf, Soda Pdf, pdf2go, freepdfconvert, cleverpdf, pdfcandy dan masih banyak situs lainnya.

Namun disini kami hanya akan mencontohkan cara compress pdf di I love pdf, karena menurut admin, ada beberapa keunggulan jika kita compress pdf di situs ini, antara lain; tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna, hasil kompres cukup bagus dan sesuai dengan yang diinginkan, bisa mengompress beberapa file sekaligus dan lain-lain.

Nah langsung saja, Kita ikuti Tutorialnya. Hal utama adalah pastikan dulu di dalam folder mana letak file pdf yang akan dikompress, agar pekerjaan menjadi lebih cepat, selain itu pastikan juga nama dokumen pdf yang ingin dikompress.

1. Silakan menuju laman I love Pdf di alamat https://www.ilovepdf.com/compress_pdf

2. Akan muncul tampilan seperti ini. Klik Select Pdf Files

cara kompress file pdf online


3.  Cari file pdf yang akan dikompress. Contoh Disini adalah dokumen yang baru saja saya Unduh berupa file salinan POS Asesmen Nasional (AN). Klik file tersebut.

Cara Mengurangi Ukuran File Pdf (Compress Pdf)



4. Setelah tampil seperti ini, Anda bisa langsung mengkompress dengan mengklik Compress PDF, atau  Anda bisa juga menambahkan beberapa file lagi untuk dikompress sekaligus. Klik tanda tambah (angka 1) untuk menambahkan file yang ingin dikompres.

Cara Mengurangi Ukuran File Pdf


5. Jika muncul seperti ini, klik Download biru di bawah. Hal ini muncul karena ada file yang sama yang diunduh. Jika sebelumnya nama dokumen saya ubah, tidak akan muncul seperti dibawah.

Cara Mengurangi Ukuran File Pdf


6.  Setelah file terunduh dan ingin mencarinya, silakan cari di file saya. di menu unduhan.

Itu tadi salah satu contoh cara mengkompress pdf secara online.
Bisa dilihat setelah kita kompress, ukuran dokumen yang awalnya 6,12 MB atau 6120 KB setelah dikompres sangat jauh berkurang menjadi 634 KB saja.


Cara Kompress File Pdf Lewat Nitro Pdf


Jika Anda memiliki laptop, biasanya ada terinstal software pembaca pdf. Saya sendiri senang menggunakan Nitro Pdf karena beberapa kelebihan jika dibandingkan pembaca pdf lain. Salah satunya adalah kemampuan mengkompress file pdf sesuai keinginan kita.

Langsung saja kita ikuti tutorialnya.

1. Buka file pdf yang ingin dikompress, lewat Nitro Pdf.

2. Kemudian Klik File, Lalu Pilih Optimize Pdf

kompress pdf di nitro pdf

cara mengurangi ukuran pdf di nitro pdf

3. Disini Anda bisa memilih kualitas file pdf setelah dikompres. Jika ingin bisa mengklik custom > Klik Setting. Kemudian anda bisa mengubah angka-angka pada dwonsample, semakin kecil angka DPI maka kualitas gambar dalam file pdf akan semakin jelek. Klik OK, kemudian kembali seperti tampilan gambar diatas. Klik Optimize.

Cara Mengurangi Ukuran File Pdf lewat nitro pdf

hasil kompress file pdf di nitro pdf

Bisa dilihat ukuran file pdf setelah dikompress. Dari 6265 KB menjadi 1456 KB.Yang perlu diperhatikan dalam mengkompress dokumen pdf ini adalah, jika didalamnya terdapat gambar biasanya cukup berpengaruh kualitasnya, namun tulisan atau fontnya tidak terpengaruh besar.

Demikian saya kira cukup ya tutorial cara kompress file pdf baik itu lewat online maupun lewat software nitro pdf. Silakan Dicoba.
Baca Juga

Post a Comment