Beberapa hari terakhir para guru dan tenaga kependidikan disibukkan dengan login ke Info GTK, baik untuk urusan mengecek BSU maupun untuk verval ijazah S1/D4. Banyak diantaranya yang berhasil login namun tidak sedikit pulan yang gagal login.

Jika berhasil login info GTK tentu tidak masalah, namun jika gagal bisa jadi ada masalah. Banyak dari mereka yang gagal login padahal email dan password yang dimasukkan sudah benar. Ini juga terjadi kepada salah satu tenaga administrasi di tempat saya. Saat login Info GTK muncul tulisan password incorrect. Sudah berkali-kali dicoba tetap aja gagal.

Setelah saya coba saya mendapatkan solusi. Jadi ini berbeda ya jika lupa password. Kalau lupa passsword  info GTK bisa dicoba di tautan ini.

Untuk kasus gagal login di info GTK, hanya operator yang bisa membenahinya yakni lewat akun SSO manajemen dapodik oleh operator di alamat https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

1. Operator Login di SP Datadik

2. Setelah berhasil login Klik Menu  Data Pokok > AKUN > Daftar Akun > Tampilkan




3. Cari Nama Guru/PTK yang gagal login tadi lalu Klik Icon Pencil



4. Masukkan password yang baru > Klik Update

ganti password Info GTK



Nah bagi guru atau tenaga pendidikan yang tidak berhasil masuk di Info GTK padahal email dan password yang dimasukkan sudah benar, silakan menghubungi operator dapodik di sekolahnya. Katakan saja mau ganti password atau reset password Info GTK. Sebaiknya antara password yang lama dan baru harus berbeda.

Jika sudah selesai, silakan coba lagi masuk Info GTK dijamin pasti berhasil. Ini sudah saya ujicoba sendiri.




Baca Juga

Post a Comment