Sebelum PTK baik guru maupun tenaga kependidikan lain melakukan verifikasi akun di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ (selanjutnya kita sebut PTK DATADIK) ada hal lain yang perlu dilakukan oleh operator sekolah yakni melakukan update data atau akun PTK lewat akun operator sekolah di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ (selanjutnya kita sebut SP DATADIK).

Opsi ini dilakukan jika operator atau PTK lupa password akun GTK yang pernah di input di dapodik. Walaupun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui email dan password PTK yang lupa tersebut (silakan buka disini). Namun juga bisa dilakukan secara online lewat akun Opsek di SP Datadik.

Langsung saja kita ikuti caranya dibawah ini.

Buka laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ lalu masuk sebagai operator menggunakan email dan password dapodik.


Setelah berhasil login silakan klik Akun > Daftar Akun > Jenis akun pilih PTK > Klik Tampilkan.

akun PTK
daftar akun PTK update dan ubah akun PTK

Dibawahnya akan muncul nama-nama PTK.

Untuk melakukan update akun maupun perubahan akun seperti email dan password silakan klik icon pensil warna biru. Selanjutnya akan muncul seperti dibawah. masukkan email terbaru yang aktif, jika yang lama sudah tak aktif atau tidak bisa dibuka. lalu masukkan pasword. Klik Update, tunggu hingga menutup otomatis. Maka akun PTK (email dan password) berubah. Jika berhasil maka untuk verifikasi PTK di laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id wajib menggunakan email dan password yang baru saja dibuat.

Jika PTK yang ingin diverifikasi tidak muncul, Klik tambah akun, klik tanda panah kecil akan muncul nama-nama PTK yang belum muncul seperti gambar di atas.

cara menambah akun PTK di server datadik


Masukkan nama PTK, email PTK yang aktif dan password, Klik Simpan. Jika berhasil maka akun PTK akan muncul di menu "daftar akun".

Cara di atas juga solusi untuk operator yang ingin menambah akun PTK secara online, atau lupa akun salah satu PTK yang sudah pernah dibuat di dapodik. Jika sudah selesai semua maka tinggal melakukan verifikasi akun PTK, bisa dilakukan oleh operator maupun guru / PTK yang bersangkutan.

1 Komentar

  1. email akun operator sekolah sebagai email akun ptk indivudu, maka tidak bisa verifikasi pada akun ptk individu

    BalasHapus

Posting Komentar