Bagi rekan-rekan operator dapodik yang telah berhasil menginstal dapodik versi terbaru 2021, sebagian barangkali akan menemukan akun tidak/belum terverifikasi pada aplikasi dapodiknya. Akun tidak terverifikasi disini dimaksudkan adalah akun operator sekolah dan guru.

akun belum terverifikasi



Akun yang tidak terverifikasi ini karena belum melakukan verifikasi. Muncul pertanyaan bagaimana cara melakukan verifikasi akun operator sekolah tersebut? Selain akun operator dapodik, akun lain yang perlu diverifikasi adalah akun guru atau PTK.


Verifikasi akun pada sistem Dapodik dilaksanakan sampai dengan Sabtu, 31 Oktober 2020. Akun yang tidak terverifikasi sampai dengan batas waktu tersebut akan dihapus dari database Dapodik. Verifikasi akun dilaksanakan pada laman berikut ini:



Jadi, bagi Anda sesuaikan posisi Anda sebagai apa. Jika operator dapodik maka linknya adalah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id , kalau guru atau tenaga yang lain di link https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Baiklah kita ikuti pembahasan cara verifikasi akun Dapodik dan PTK berikut ini.

Sebelum melakukan verifikasi, sebaiknya operator login dulu di sp.datadik.kemdikbud.go.id untuk mengubah akun PTK, menambah akun PTK dll. Buka disini caranya

Di awal ini kita coba dulu akun PTK seorang guru.

Siapkan username atau email dan pasword yang akan digunakan untuk login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Untuk mendapatkan username atau email dan password bisa dilihat di aplikasi dapodik. Yakni di di data GTK /Tendik > Nama Guru > Penugasan > Buat Ubah Akun PTK




Kebanyakan operator sih pada lupa sama passwordnya. Nah kalo lupa silakan buka artikel cara mengetahui dan melihat akun GTK di dapodik


Kalau sudah tahu silakan buka laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id


Klik Login menggunakan SSO Dapodik

login SSO PTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/


Masukkan email dan password, Klik Masuk. Jika email dan password benar dan berhasil maka akan muncul autentifikasi berhasil.

email dan pasword login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
login verifikasi akun PTK


Lalu Klik Data PTK  >>> Klik BIODATA >>> Klik Akun >> Klik Verifikasi Sekarang

verfikasi akun PTK di SSO login SSO PTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
verifikasi PTK

verifikasi akun PTK

Disini kita boleh  menginput email guru yang aktif dan bisa dibuka untuk verifikasi. Boleh berbeda dengan data pada username di atas. Karena barangkali email/username diatas sudah tidak aktif/tidak bisa dibuka lagi. Klik Lanjutkan,


Akan muncul form untuk mengisi kode Verifikasi, nah kode ini dikirim ke email yang kita input tadi. Jadi silakan cek email, apakah sudah ada email masuk.

Banyak laporan ada operator yang mencoba namun belum ada email yang masuk dari Kemdikbud. Ini artinya proses verifikasi belum bisa dilakukan karena tidak ada kiriman kode verifikasi. Berarti ya kita disuruh lagi mencoba di lain waktu. Usahakan tengah malam atau subuh. hehehe.

Demikian tadi kira-kira cara verifikasi akun PTK. Intinya yang paling penting adalah untuk login di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ sama persis menggunakan akun untuk login info GTK. yang sudah dibuat di penugasan guru.

Cara diatas adalah cara yang bisa dilakukan mandiri oleh masing-masing guru atau PTK. Nah kalau mau sekaligus bisa dilakukan oleh operator sendirian, namun tetap PTK wajib memiliki email yang aktif yang harus disediakan untuk verifikasi. Dimana email diserahkan ke operator untuk dinput. 

Verifikasi Akun Operator Sekolah dan Update akun PTK


Untuk verifikasi akun operator Dapodik link yang dituju adalah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id

Login menggunakan akun dapodik (email dan password dapodik 2020). Kalau tidak berhasil atau muncul tulisan "email dan password tidak cocok"  padahal email dan password sudah benar kemungkinan ini adalah masalah di pusat sono. Tunggu aj 1 - 2 hari. Karena admin sendiri sebelumnya kasusnya begitu.

Saat admin mencoba login, lumayan lelet, entah kenapa. Begitu berhasil muncul seperti di bawah ini. 


verifikasi akun operator dapodik sekolah
verifikasi akun operator dapodik sekolah


Alias gagal verfikasi, artinya server tidak berhasil mengirimkan kode verifikasi ke email kita. wkwkwkw. Asem tenan, tiap aplikasi baru. Kena Prank lagi operator dapodik. Udah akhirnya kututup laptop, tinggalin nonton tipi.

Lanjut lagi. Malamnya saya coba ulang verifikasi  operator. Berhasil masuk kode verifikasi di email. Dan kode tersebut saya salin ke form. kemudian klik simpan. Ya udah selesai.
Nanti di dapodik tidak akan langsung berubah, kecuali kalau sudah sinkron.

kode verifikasi dapodik


Ada pula pertanyaan dari operator, apakah bisa sinkron kalau akun sekolah atau PTK belum terverifikasi, jawabannya tentu saja bisa. Jadi ya kerjakan aja dulu isian dapodik sampai selesai, baru sinkron. Selanjutnya ya baru dikerjain verifikasi PTK.

Update akun  PTK lewat akun operator.


Setelah berhasil login silakan klik Akun > Daftar Akun > Jenis akun pilih PTK > Klik Tampilkan.

akun PTK

Dibawahnya akan muncul nama-nama PTK.

Untuk melakukan update akun silakan klik icon pensil warna biru. Selanjutnya akan muncul seperti dibawah. masukkan email terbaru yang aktif, jika yang lama sudah tak aktif atau tidak bisa dibuka. lalu masukkan pasword. Klik Update, tunggu hingga menutup otomatis. Maka akun PTK (email dan password) berubah.

update akun

Apakah cara ini adalah pilihan lain untuk verifikasi? Dalam artian kode verifikasi akan dikirim ke email? Karena saat saya update, belum ada email masuk dari dapodik untuk PTK yang saya ubah.  Saya tidak tahu, yang pasti kalau saya sih untuk verifikasi PTK saya lakukan cara paling atas.

Saran saya sebaiknya sebelum melakukan verifikasi PTK lakukan update akun PTK lebih dahulu. Lalu lakukan verifikasi ke masing-masing akun PTK.

Jadi alurnya begini:


Operator mengubah/mengupdate akun PTK secara online lewat akun operator di alamat https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/
Jika sudah berhasil  diubah maka otomatis akun pribadi PTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ juga akan berubah.

Tidak lagi menggunakan email lama yang ada didapodik.

Demikian cara melakukan verifikasi PTK dan verifikasi akun operator dapodik.

8 Komentar

  1. kenapa g muncul ya di menu BIODATA utk verifi akun PTK...thanks udah sharing

    hi new friend YT..support me..thanks
    https://youtube.com/channel/UC5ShtFWvTHla5zcYKO2yDdg?sub_confirmation=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana Pak solusinya? Permasalahannya sama dengan kami

      Hapus
  2. Saya bka diSdi sso datadik dan sy sbg operator tp nm saya tidak bisa d ijinkan mnggunakan aplikasi dapodik, sudah saya updet ptkny tolong solusinya

    BalasHapus
  3. bang, saya operator SD, saya sudah install apk dapodik, kemudian saat mau verifikasi keterangan akun dan pasword salah, dah dicoba 3 hari tapi masih gitu terus, gimana bang?

    BalasHapus
  4. ini nomer wa sya bang, 085228445655

    BalasHapus
  5. mau tanya pak..kalau akun ops merangkap sebagai PTK bagaimana?kalau saya login menggunakan akun PTK disitu tertulis sudah verifikasi tapi menggunakan email ops..tetapi di ptk.datadik belum aktif..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus kita sama pak... Nyimak.. semoga aja ada solusinya..

      Hapus
  6. Mau tanya Pak, saya sudah sering melakukan verivikasi akun PTK saya tapi setelah melakukan verivikasi yg muncul pd keterangan verivikasinya adalah belum verivikasi. Itu solusinya apa ya Pak?

    BalasHapus

Posting Komentar