Jaman sekarang dunia maya alias internet bukanlah hal yang mewah. Apalagi dari handphone saja sudah bisa mengakses internet. Selain mengubah cara manusia bersosialisasi, internet juga menjadi cara baru dalam shopping alias berbelanja. Banyak sekali orang yang menawarkan barang dan produk secara online, baik lewat blog, jejaring sosial facebook,  twitter dan lainnya. Memang, shopping online sangat mudah, dengan berbagai aneka barang dan tentunya tinggal transfer uang lewat ATM saja. Beda halnya jika kita membeli barang secara langsung di toko, kita harus membawa uang tunai, belum lagi jika barang yang dicari tidak ada, terpaksa kita memesannya secara online.

cara aman belanja barang secara online

Layaknya di dunia nyata, berbelanja di dunia maya tak selalu aman. Kasus yang sering terjadi ialah barang tidak dikirim padahal uang sudah ditransfer. Setelah melakukan pembayaran, ponsel penjual tak aktif. Atau barang dikirim namun tak sesuai dengan pesanan. Pernahkah Anda mengalaminya?
Berikut ini akan Julak paparkan tips aman agar tidak tertipu saat membeli barang di internet.

1. Cek Situs atau Websitenya
Dari penampilan website nya, kita bisa mengecek apakah website itu dirawat atau diupdate secara berkala. masuklah ke halaman utama homepage. Lihat tanggal posting terakhir, Jika web seperti tampak tak diurus, harga produk yang tertera beda dengan yang dijual, maka Anda perlu lebih waspada.
Khusus yang berjualan produk di facebook yang biasanya main tag foto, banyak sekali sekarang penipuan-penipuan. Toko atau pedagang yang serius pastinya juga memiliki website khusus juga untuk mempromosikan produknya, tidak sekedar facebook page atau halaman facebook semata yang bisa dibilang "gak punya modal". Dengan alasan dari Batam, black market lah, sehingga mereka menjual secara rahasia alias terselubung. Hati-hati dengan modus seperti ini.

2. Periksa kontak yang bisa dihubungi.

Biasanya, penjual profesional alias bukan gadungan, banyak memberikan kontak yang bisa dihubungi, baik secara online seperti Yahoo Messenger, email, BBM, maupun nomor telepon. Khusus untuk nomor telepon Handphone, waspadalah jika nomor kontaknya asal-asalan, contohnya; 0813211435486, waspada dengan nomor  seperti ini, mengapa? Anda tahu, berapa sih harga sebiji kartu prabayar sekarang, dengan uang 5 ribu rupiah kita sudah dapat, jika sudah tidak terpakai tinggal buang. Beda jika nomor kontak dengan nomor cantik atau unik, misalnya 08115426666. Saya yakin anda sudah paham maksud saya. Anda juga bisa mengecek ada tidaknya Yahoo Messenger, BBM, maupun telepon kabel si penjual. Biasanya mereka yang serius dan profesional menyediakan berbagai macam kontak yng bisa dihubungi.

3. Cek rekening penjual

Pembelian online tentu saja pembayaran juga via online alias transfer antar bank. Cek apakah rekeningnya atas nama pribadi atau bukan. Anda patut waspada jika nomor rekeningnya atas nama pribadi.

4. Jangan pernah memberikan informasi pribadi.

Jangan pernah untuk memberi tahu berbagai informasi mengenai data keuangan bank  Anda, seperti nomor PIN atau password ATM. Karena sejatinya para pedagang tidak akan pernah membutuhkan hal itu, justru Anda lah yang membutuhkannya. jadi jika ada yang menanyakan hal tersebut lebih baik diabaikan saja

5. Cek harga barang

Anda bisa membandingkannya dengan website lainnya atau jika ada barang sejenis di toko yang dekat dengan Anda, Anda bisa menanyakannya langsung. Jika perbedaannya cukup mencolok sangat murah dan terpaut sangat jauh, waspadalah!

6. Akhirnya... Mending beli offline aja deech,  Bagaimanapun, jika bisa beli langsung ditoko, ngapain tergiur dengan harga yang murah tapi akhirnya tertipu. 
Baca Juga

Post a Comment