Pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa.

JUKLAK KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) SD 2020

Dalam perspektif ini,pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (KOSN-SD) yang dilaksanakan setiap tahun. Juklak KOSN-SD disusun sebagai panduan pelaksanaan KOSN tahun 2020 terutama di daerah dalam rangka seleksi ditingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar Tahun 2020 (KOSN-SD 2020), akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Selatan.



LATAR BELAKANG
Pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah dasar (KOSN-SD) yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan KOSN-SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab)yang ada pada setiap pertandingan/ perlombaan cabang olahraga pada KOSN-SD ini. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar Tahun 2020 (KOSN-SD 2020) akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan KOSN merupakan pengganti dari O2SN-SD yang telah diselenggarakan satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah dasar sehingga dapat mewadahi para minat dan bakat peserta didik khususnya dalam bidang kinestetik.

DASAR HUKUM
 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang RI Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pedidikan Karakter (PPK). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Pusat dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonomi. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar No: SP. DIPA: 023.03.1.666.011/2018 tanggal 5 Desember Tahun 2019.

TUJUAN
1 Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga.
2 Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah.
3 Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.
4 Mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga.
5 Menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air.
6 Menjalin solidaritas dan persahabatan antarpeserta didik sekolah dasar di seluruh Indonesia.

Tema dalam KOSN Tahun 2020 adalah
Membangun Karakter Unggul  Melalui Kegiatan  Olahraga Pendidikan.


Pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar (KOSN-SD 2020) diselenggarakan pada: Waktu : 21 s.d 28 Agustus 2020 Tempat : Provinsi Sumatera Selatan

JUKNIS JUKLAK KOSN 2020 SD

Cabang olahraga yang dilombakan/dipertandingkan meliputi enam cabang olahraga yaitu:

Atletik (Kids’ Athletics)
Nomor : a.  Gawang/Sprint (Kanga Escape) b.  Loncat Katak (Frog Jump) c.  Lempar Lembing Anak (Turbo Throwing) d.  Formula 1 (Lari, Rintangan, Slalom).
Senam Nomor: 1 Senam Artistik Putra a Artistik Putra-Lantai
b Artistik Putra-Kuda Pelana c Artistik Putra-Meja Lompat d Artistik Putra-Semua Alat
2 Senam Artistik Putri a Artistik Putri-Meja Lompat b Artistik Putri-Balok Keseimbangan c Artistik Putri-Lantai d Artistik Putri-Semua Alat

Renang 
Nomor: 1 Nomor Perlombaan Putra a 50 m gaya bebas putra b 50 m gaya punggung putra c 50 m gaya dada putra d 50 m gaya kupu-kupu putra e 100 m gaya bebas putra f 100 m gaya dada putra
2 Nomor Perlombaan Putri a 50 m gaya bebas putri b 50 m gaya punggung putri c 50 m gaya dada putri d 50 m gaya kupu-kupu putri e 100 m gaya bebas putri f 100 m gaya dada putri

Bulu Tangkis 
Nomor: a.  Tunggal Putra b.  Tunggal Putri

Pencak Silat 
Nomor:
1. Tunggal Putra, Jurus Tunggal Baku
2.  Tunggal Putri, Jurus Tunggal Baku
3. Tanding Kelas C Putra (30--32 Kg)
4. Tanding Kelas C Putri (30--32 Kg)
5. Tanding Kelas E Putra (34--36 Kg)
6. Tanding Kelas E Putri (34--36 Kg)

Karate 
Kelas: 1 Kata Perorangan Putra
2 Kata Perorangan Putri
3 Kumite Perorangan Putra: Kelas -38 kg
4 Kumite Perorangan Putra: Kelas +38 kg
5 Kumite Perorangan Putri: Kelas -33 kg
6 Kumite Perorangan Putri: Kelas+33 kg

Sepakbola Mini 1 Kategori Putra

Persyaratan Peserta 

Peserta KOSN-SD 2020 yang dikirim wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI). 
  2. Peserta KOSN-I SD 2020 adalah siswa SD dan atau yang sederajat. 
  3. Siswa yang pada tahun pelajaran 2020/2021 masih duduk di SD dan atau yang sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2008 atau sesudahnya, dibuktikan dengan rapor asli, akte kelahiran asli, dan kartu keluarga asli beserta fotokopinya yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan. 
  4. Apabila siswa yang bersangkutan masih duduk di SD dan atau yang sederajat namun lahir sebelum tanggal 1 Januari 2008, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti KOSN-SD 2020. 
  5. Begitu pula apabila siswa yang bersangkutan lahir setelah tanggal 1 Januari 2008 namun telah tamat dari sekolah dasar dan atau yang sederajat, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat juga mengikuti KOSN-SD 2020. 
  6. Pelaksanaan seleksi di daerah siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020 tidak diikutsertakan. 
  7. Perwakilan tingkat kecamatan merupakan atlet terbaik hasil seleksi tingkat kecamatan, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) UPTD kecamatan/kepala koordinator wilayah. 
  8. Perwakilan tingkat kabupaten/kota merupakan atlet terbaik hasil seleksi tingkat kabupaten/kota, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan kabupaten/ kota. 
  9. Perwakilan tingkat provinsi merupakan atlet terbaik hasil seleksi peserta tingkat provinsi, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) kepala dinas pendidikan provinsi. 
  10. Belum pernah menjadi juara 1, 2, dan 3 pada 02SN-SD tahun 2018-2019. Belum pernah juara 1, 2, dan 3 pertandingan/perlombaan tingkat internasional resmi mengacu pada masing-masing cabang olahraga.
  11. Berlaku disiplin, sportif, menghargai sesama peserta lomba, menghargai panitia, juri/wasit, dan perangkat pertandingan/ perlombaan lainnya. 
  12. Memenuhi persyaratan peserta sebagaimana diatur pada ketentuan khusus masing-masing cabang olahraga. 
  13. Apabila peserta yang dikirim tidak memenuhi ketentuan sebagaimana tercantum pada butir 1 s.d. 11 di atas, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti KOSN-I SD 2020.

 

Seleksi peserta KOSN-SD 2020


Seleksi peserta KOSN-SD 2020dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi.  Seleksi dilaksanakan oleh UPTD kecamatan/koordinator wilayah (diketahui oleh camat setempat, apabila satuan pelayanan UPTD tidak ada di daerah tersebut), dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi berkoordinasi dengan pengurus/Askot/Aska/ kabupaten/kota atau pengurus provinsi/Asprov/pengurus daerah cabang olahraga masing-masing.

1 Tingkat kecamatan KOSN-SD 2020 di tingkat kecamatan dilaksanakan pada minggu pertama bulan April 2020 untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili kecamatan pada tingkat kabupaten/kota.

2 Tingkat kabupaten/kota KOSN-SD 2020 di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei 2020 untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili kabupaten/kota pada tingkat provinsi.

3 Tingkat provinsi KOSN-SD 2020 di tingkat provinsi dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juni 2020 untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili provinsi pada tingkat nasional.

Seleksi peserta KOSN-SD 2020 mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat provinsi mengacu pada petunjuk pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar Tahun 2020 (KOSN-SD 2020), yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.


File lengkap PDf silakan unduh di tautan ini

Post a Comment