Cara Mengerjakan PMP Daring (e-EDS)


Apa itu aplikasi PMP rekan guru dan operator sekolah sudah pasti tahu, karena setiap tahun ajaran baru, setiap guru diwajibkan mengisi aplikasi PMP ini. PMP atau yang dimaksud disini singkatan dari  Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan aplikasi semacam angket yang perangkat instrumennya dikembangkan oleh Ditjen Dikdasmen Penjaminan Mutu Pendidikan. Kalau di tingkat propinsi lembaganya disebut LPMP.

cara mengerjakan aplikasi PMP daring aplikasi pemetaan mutu sekolah


PMP sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu dimana aplikasi terintegrasi dengan aplikasi dapodik. Jadi jika ingin menginstal dan mengisi aplikasi PMP, maka wajib di komputer yang sama terinstal aplikasi Dapodik. Namun saat ini pengisian angket PMP sudah terpisah dari aplikasi dapodik. Masing-masing bisa mengerjakan secara online baik lewat komputer maupun gadget mobile.

Pihak yang wajib mengisi aplikasi PMP (aplikasi pemetaan mutu sekolah)


Sperti disebutkan sebelumnya aplikasi PMP merupakan aplikasi untuk mengisi kuesioner, tentunya ada pihak-pihak yang berkewajiban untuk mengisi angket PMP tersebut.
Warga sekolah yang memberikan data dan informasi pada level sekolah yaitu:

1. Kepala sekolah
2. Perwakilan guru 
  • minimal 1 guru per tingkat kelas untuk SD
  • minimal 1 guru pendidikan agama serta pendidikan jasmani dan kesehatan pada SD
  • Jadi total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru
3. Perwakilan siswa, dengan ketentuan:
  • minimal 5 siswa per tingkat kelas (siswa SD hanya untuk kelas 4 –  6
  • total perwakilan siswa minimal 15  siswa tiap sekolah.
4. Perwakilan komite sekolah 
  • minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite 
  • minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa



Untuk saat ini aplikasi PMP sudah tersedia atau bisa dikerjakan secara online oleh masing-masing pihak seperti disebutkan di atas.

Cara login dan mengerjakan Aplikasi PMP Online


Jika Operator atau guru ingin mengerjakan atau mengisi kuesioner PMP lewat komputer atau laptop maka silakan menuju alamat website http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/


cara mengerjakan aplikasi kuesioner PMP daring http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/
PMP online
Silakan login menggunakan username dan password yang dibuat oleh operator dapodik, atau minta dengan operator dapodik.

Seperti disebutkan di atas, ada 5 elemen pengisi kuesioner PMP atau E-eds ini yakni Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Komite Sekolah dan pengawas sekolah.

Ada beberapa menu diantaranya; Beranda, Menu Pengaturan; Seperti profil pengguna akun, manajemen pengguna, dan tukar pengguna Kuesioner, Peringkat pengisian, Rapor Mutu, pusat unduhan dan Laporan/Saran.

Menu Pengaturan menampilkan  data pengguna seperti nama, email, peran pengguna, bidang studi yang diampu (untuk guru), NIK, NUPTK dll




menu aplikasi PMP daring

Menu Peringkat Pengisian berfungsi untuk mengetahui hasil pengisian kuesioner secara keseluruhan dari pengguna kepsek, guru, siswa dan komite sekolah.

Menu Kuesioner
Disinilah fungsi utama aplikasi yakni mengisi kuesioner PMP, Klik menu-menu di perangkat kuesioner. Klik jawaban lalu klik Simpan. Cukup Mudah.

Menu Konfirmasi Selesai disini berfungsi seperti mengirim data hasil isi angket PMP. Jika belum selesai sepenuhnya maka tombol Konfirmasi Selesai tidak berfungsi.

cara mengerjakan login aplikasi PMP daring di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/

Struktur Aplikasi Mutu Sekolah 2019 

aplikasi PMP aplikasi pemetaan mutu sekolah

Selain pengisian kuesoner lewat aplikasi web,  pengguna juga bisa menggunakan HP Smartphone Android untuk mengisi kuesioner PMP  silakan mengunduh di playstore di alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=io.timkayu.pmp

Silakan klik instal jika sudah masuk ke laman playstore. Login username dan password bisa mmeminta dengan operator dapodik.

aplikasi PMP android playstore
aplikasi PMP android playstore

DOwnload isian kuesioner aplikasi PMP


Opsi ini tentunya ditujukan bagi operator dapodik yang mengerjakan banyak akun PMP, jadi perlu memakai isian yang diisi oleh kasek atau guru. Untuk mengisi kuesioner di aplikasi  PMP online ada baiknya sebelumnya kita isi dulu kuesioner versi cetak yang sebelumnya sudah kita bagikan kepada guru, siswa, komite sekolah, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Silakan unduh formulir kuesioner nya di link ini:

Perangkat Kuesioner PMS PMP e-EDS
Perangkat Kuesioner PMS PMP e-EDS untuk SD unduh disini

Perangkat Kuesioner PMS PMP e-EDS untuk SMP Klik disini

Perangkat Kuesioner PMS PMP e-EDS untuk SMA ditautan ini

Perangkat Kuesioner PMS PMP e-EDS untuk SMK di link ini

Didalam perangkat kuesioner sudah mencakup  Kuesiner SIM PMP untuk guru,  peserta didik,  untuk Sekolah/Kepala Sekolah dan  komite sekolah.



Prosedur Pengiriman  dan Pengolahan data PMP

  1. Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Komite sekolah mengisi instrumen PMP, setelah seluruh nya lengkap maka akan dihasilkan rapor mutu.
  2. Berdasarkan rapor mutu standar, kepala sekolah melakukan validasi dan verifikasi.
  3. Apabila kepala sekolah tidak menerima hasil rapor mutu standar, kepala sekolah dapat meminta responden mengisi ulang.
  4. Setelah semua lengkap dan sesuai dengan kondisi sekolah, Kepala sekolah mengirim data PMP ke server setelah mengisi Pakta Integritas.
  5. Pengawas sekolah dapat mengisi instrumen PMP kapan saja dan dimana saja (on line atau off line) dan setelah lengkap dapat mengirim ke server setelah mengisi Pakta Integritas.
  6. Setelah semua lengkap maka Rapor Mutu Sekolah dapat dipublikasi dan digunakan untuk PMP atau lainnya.


Progres Pengisian PMP


Untuk mengetahui progress pengisian kuesioner PMP bisa diakses di alamat

http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019/progres-pengisian

Demikian informasi terbaru tentang aplikasi PMP yang sudah berubah dari aplikasi offline menjadi online atau daring. Jadi operator dapodik tidak lagi mendownload atau instal aplikasi PMP di laptop tapi isi secara online atau guru/siswa/komite bisa mengunduh aplikasi android untuk mengisi PMP. Sedangkan Untuk versi offline mendengar kabar masih dalam tahap pengembangan. 


0 Response to "Cara Mengerjakan PMP Daring (e-EDS)"

Posting Komentar