Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Download Rapor Pendidikan 2.0 (2023)

Kemdikbud hari ini secara resmi telah merilis Laporan Rapor Pendidikan tahun 2023. Apa itu Rapor Pendidikan? Dilansir dari situs pusatinformasibelajar.id Rapor Pendidikan merupakan platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu yang sudah ada sebelumnya. Platform ini digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh, dengan sistem yang terintegrasi.

Darimana nilai Rapor Pendidikan sekolah kita? Nilai Rapor Pendidikan diambil dari hasil Asesmen Nasional sekolah. Rapor Pendidikan tahun 2022 berarti nilai hasil Asesmen Nasional Tahun 2021 dan Rapor Pendidikan tahun 2022 artinya nilainya diambil dari hasil AN tahun 2022.

Keuntungan Menggunakan Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai:

  • Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.
  • Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional.
  • Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi,
  • Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.
  • Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).
  • Platform penyajian data yang terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

Cara Download Rapor Pendidikan


Penyelenggaraan Asesmen Nasional sudah 2 kali dilaksanakan yakni tahun 2021 dan 2022, maka Rapor Pendidikan yang tersedia adalah tahun 2022 dan 2023. Berikut ini cara unduh rapor pendidikan tahun 2023.

Pertama buka browser dan buka alamat web https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/
Kemudian Klik Lihat Hasil Satuan/Dinas Pendidikan Anda

laman rapor pendidikan kemdikbud untuk unduh rapor pendidikan 2023

Akan terbuka pop up untuk login ke rapor pendidikan

Akun yang digunakan untuk login di rapor pendidikan sekolah kita adalah akun admin belajar.id. Akun admin admin belajar.id bisa menggunakan akun belajar.id kepala sekolah, atau akun tenaga administrasi sekolah.
Misalnya muhammadjoni71@admin.sd.belajar.id


login di laman rapor pendidikan


Kemudian klik Next, akan diminta memasukkan password  akun admin belajar.id
Klik Next, pop up akan tertutup dan kita sudah berhasil login di laman rapor pendidikan.
Klik Lihat Data Anda.

Akan muncul rinkasan kondisi satuan pendidikan Anda tahun 2023

unduh rapor pendidikan 2023

Unduh  Rapor Pendidikan 2023

Kita sebagai admin juga bisa mengunduh nilai rapor pendidikan sekolah kita dalam format microsoft excel. Buka menu UNDUH di bagian atas halaman. Kemudian Klik Unduh Rapor Pendidikan (pastikan tahunnya 2023 jika ingin mengunduh yang terbaru). Maka dokumen excel rapor pendidikan akan masuk di folder unduhan/downloads di komputer Anda.

unduh rapor pendidikan 2023

Laporan akan terunduh dalam 1 file Excel yang terdiri dari 5 bagian/ sheet excel, yakni:
  1. Laporan Rapor Pendidikan
  2. Panduan Membaca Rekomendasi PBD
  3. Prioritas Rekomendasi PBD
  4. Seluruh Rekomendasi PBD
  5. Lembar Kerja Arkas

Jika Anda operator atau admin sekolah, setelah file terunduh silakan serahkan ke kepala sekolah dan bendahara BOS, karena file ini juga dimanfaatkan dan pasti akan diminta oleh bendahara BOS sekolah Anda.

Demikian tadi cara unduh rapor pendidikan 2023 versi 2.0, jangan lupa untuk login di laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ gunakan akun ADMIN belajar.id. Terima Kasih, Salam Sehat Salam Sejahtera untuk kita Semua. Video cara download rapor pendidikan tahun 2023 bisa dilihat di channel youtube kerjapns.com diSINI



Related Posts