Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Pedoman FLS2N Tingkat SMP & SMA

 

Pedoman FLS2N Tingkat SMP & SMA

Penyelenggaraan FLS2N SMP


Penyelenggaraan FLS2N SMP sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik Sekolah Menengah Pertama karena melalui FLS2N SMP akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. FLS2N SMP menggali potensi peserta didik sekolah menengah pertama di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan   berkompetisi   secara   sehat   dalam   mencapai   puncak   prestasi   sesuai   dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Selain itu diharapkan

Berdasarkan visi dan misi maka tema FLS2N tahun 2023 adalah “MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI” Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni.

Pelaksanaan  FLS2N  SMP  tahun  2023  dilaksanakan  melalui  dua  tahapan  yakni,  seleksi tingkat  daerah/provinsi  dan  seleksi  tingkat  nasional  dengan  mengikuti  standar  prosedur pelaksanaan seleksi yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Persyaratan Umum Peserta


  1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (FLS2N SMP) Tahun 2023 adalah peserta didik sekolah menengah pertama yang tercatat sebagai peserta didik SMP atau sederajat dan peserta didik dari perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.
  3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.
  4. Merupakan peserta didik sekolah menengah pertama terbaik tingkat provinsi tahun 2023 yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMP di tingkat Nasional pada Cabang Lomba dan jenjang yang sama.
  6. Peserta FLS2N SMP adalah peserta didik sekolah menengah pertama hasil seleksi di tingkat provinsi tahun 2023 dan dinyatakan sebagai juara I pada cabang lomba yang  diikutinya.  Apabila  juara  I  berhalangan  dan  tidak  bisa  bertanding,  dapat digantikan oleh juara II dan seterusnya.
  7. Kriteria usia peserta FLS2N SMP Tahun 2023 saat melaksanakan registrasi:
    Tingkat  Sekolah  Menengah  Pertama,  Peserta  didik  lahir  setelah  tanggal Januari Tahun 2008.
  8. Cabang lomba yang bersifat terbuka (Tingkat Sekolah Menengah Pertama).
  9. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada portal pendaftaran   ttps://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/,  pada  tanggal  20  maret  – 30  april 2023.
  10. Untuk  hasil  karya  perserta  yang  telah  menjadi  juara  di  tingkat  kabupaten/kota diunggah melalui aplikasi lomba https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. tanggal 1 mei – 10 juni 2023.
  11. Selanjutnya dilaksanakan seleksi di tingkat provinsi 11 juni – 15 juli 2023.
  12. Video karya juara provinsi yang mewakili ke tingkat nasional dapat di unggah melalui aplikasi lomba  https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Paling lambat tanggal 16 Juli 2023.
  13. Hasil juara seleksi tingkat provinsi yang di tetapkan dalam bentuk SK kepala Dinas Pendidikan di sampaikan kepada Balai Pengembangan Talenta Indonesia  Paling lambat tanggal 20 juli 2023.
  14. Selanjutnya seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan dengan 2 tahapan:
    1.   Tahap semifinal yang  akan diselenggarakan secara daring  pada tanggal 20Juli  – 23  Juli  2023  untuk  memilih  10  terbaik  dari  seluruh  peserta  tingkat nasional pada setiap Cabang Lomba FLS2N.
    2.   Tahap final diselenggarakan yang  akan diselenggarakan secara  luring pada tanggal 5 Agustus – 9 Agustus 2023, untuk menentukan juara nasional dari seluruh peserta tingkat nasional pada setiap Cabang Lomba FLS2N.


Jadwal Pelaksanaan FLS2N tingkat SMP

Jadwal Pelaksanaan FLS2N tingkat SMP

Bidang Seni yang dilombakan dalam FLS2N tingkat SMP

  1. Tari Kreasi                                                        
  2. Kreativitas Musik   Tradisional
  3. Ensambel Musik: Satu Gitar  Dan  Satu Alat  Musik  Lain nya
  4. Menyanyi Solo                               
  5. Ilustrasi                                  
  6. Pantomim         

Bidang Seni yang dilombakan dalam FLS2N tingkat SMP


Unduh  Pedoman FLS2N Tingkat SMP DISINI

 

Penyelenggaraan    FLS2N    SMA

Pada  tahun 2023, FLS2N  SMA  diselenggarakan  secara tatap muka  pada sembilan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat Provinsi hingga tingkat nasional. Diharapkan setiap Provinsi melakukan seleksi dengan meningkatkan kompleksitas materi lomba untuk memperoleh peserta FLS2N SMA yang akan berlaga di tingkat nasional dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan.

Peserta FLS2N SMA tahun 2023 adalah peserta didik Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah / sederajat dan peserta didik perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)
Berdasarkan visi dan misi maka tema FLS2N tahun 2023 adalah   “MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI” Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni.

Pelaksanaan FLS2N SMA tahun 2023 dilaksanakan melalui dua tahapan yakni, seleksi tingkat daerah/Provinsi dan seleksi tingkat nasional dengan mengikuti standar    prosedur    pelaksanaan    seleksi    yang    ditetapkan    oleh    Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

BIDANG SENI YANG DILOMBAKAN DALAM FLS2N TINGKAT SMA

  1. Baca Puisi
  2. Gitar Solo
  3. Monolog
  4. Tari Kreasi
  5. Menyanyi Solo
  6. Desain Poster
  7. Film Pendek (FIKSI)
  8. Kriya
  9. Komik Digital
  10. Cipta Lagu
  11. Cipta Puisi
  12. Jurnalistik (FeLSI)
  13. Fotografi (FeLSI)
  14. Menulis Cerpen (FeLSI) 
BIDANG SENI FLS2N SMA
 

PERSYARATAN UMUM PESERTA

  1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (FLS2N SMA) Tahun 2023 adalah peserta didik sekolah dasar yang tercatat sebagai peserta didik
  2. Memiliki   Nomor   Induk   Siswa   Nasional   (NISN)   dan   Nomor   Induk Kependudukan (NIK) yang valid.
  3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.
  4. Merupakan peserta didik sekolah dasar terbaik tingkat Provinsi tahun 2023 yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMA di tingkat Nasional pada bidang lomba dan jenjang yang sama.
  6. Peserta FLS2N SMA adalah peserta didik sekolah dasar hasil seleksi di tingkat Provinsi tahun 2023 dan dinyatakan sebagai juara I pada cabang lomba yang diikutinya. Apabila juara I berhalangan dan tidak bisa bertanding, dapat digantikan oleh juara II dan seterusnya;
  7. Kriteria  usia  peserta  FLS2N  SMA  Tahun  2023  saat  melaksanakan registrasi, merupakan Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Januari Tahun 2005;
  8. Cabang lomba yang bersifat terbuka (Tingkat Sekolah Menengah Atas).
  9. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada portal pendaftaran  https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/ pada tanggal 20 Maret s.d. 30 April 2023.
  10. Untuk   hasil   karya   peserta   yang   telah   menjadi   juara   di   tingkat Kabupaten/Kota dapat diunggah melalui aplikasi lomba pada laman https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/  Pada  tanggal  1 Mei s.d. 10 Juni 2023.
  11. Selanjutnya dilaksanakan seleksi tingkat Provinsi 11 Juni s.d.15 Juli 2023.
  12. Video  karya  juara  Provinsi  yang  mewakili  ke  tingkat  Nasional  dapat diunggah melalui aplikasi lomba pada laman https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ paling lambat tanggal 16 Juli 2023.
  13. Hasil juara seleksi tingkat Provinsi, yang di tetapkan dalam bentuk SK Kepala  Dinas  Pendidikan  disampaikan  kepada  Balai  Pengembangan Talenta Indonesia pada tanggal paling lambat 20 Juli 2023
  14. Seleksi tingkat Nasional akan dilaksanakan dengan 2 (dua) tahapan:
    a. Tahap  Semifinal  tingkat  Nasional akan  dilaksanakan  secara daring pada tanggal 20 s.d 23 Juli 2023 untuk memilih 10 terbaik dari seluruh peserta tingkat Nasional pada setiap bidang lomba FLS2N.
    b. Tahap Final tingkat Nasional akan dilaksanakan secara luring pada tanggal 12 s.d 16 Agustus 2023 untuk menentukan juara tingkat Nasional pada setiap bidang lomba FLS2N.

Waktu Pelaksanaan FLS2N SMA


Pelaksanaan FLS2N SMA

Unduh Juknis pelaksanaan FLS2N tingkat SMA DISINI

Related Posts