Beberapa hari yang lalu telah diumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar SKD CPNS tahun 2019. Peserta tentunya sudah mengetahui apakah lolos ke SKB atau tidak lolos. Pengumuman nama-nama yang lulus passing grade dan berhak melanjutkan ke tahap SKB sendiri bisa di cek di akun SSCN masing-masing peserta tes, maupun lewat website resmi instansi pelaksana tes CPNS.

Yang paling hangat saat ini dari beberapa penelusuran admin adalah pada formasi guru di instansi pemerintah daerah. Diketahui bersama tiap formasi akan diambil 3 besar yang memiliki nilai PG SKD tertinggi, untuk lolos ke tahap SKB. Teka teki selanjutnya adalah dari 3 orang tersebut tentu bertanya-tanya apakah pesaing saya memiliki sertifikat pendidik atau tidak.

Wajar kiranya pesaing dalam satu formasi ingin mengetahui hal tersebut, karena jika seseorang yang lolos SKB dan memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi jabatan guru yang dilamar maka nilai SKB nya adalah 100 poin.

Sedangkan bagi yang belum memiliki sertifikat pendidik, maka harus berusaha sekuat tenaga untuk mengalahkan pesaing yang sudah dipastikan mendapat nilai 100 SKB karena sudah memiliki sertifikat pendidik tadi.

Bagi rekan pelamar CPNS khususnya formasi guru yang ingin mengetahui apakah pesaing saat SKB memiliki sertifikat pendidik atau tidak bisa mengikuti cara mengetahuinya di bawah ini.

cek sertifikat pendidik guru
Langkah Pertama


1. Buka website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

Ketik nama pesaing Anda, sesuaikan lokasi dia, kalau tidak ditemukan cari semua lokasi
Jika tidak ditemukan berarti tidak terdaftar di DAPODIK / dia tidak berprofesi guru




Langkah Kedua

2. Copy Nomor Peserta UKG dia ke  alamat website:
https://sergur.id/pub/index.php?pg=seleksi

Jika tidak ada data berarti tidak ikut PPG tahun 2017-2019
Jika ada datanya berarti dia sudah Serdik.



Contoh diatas artinya guru tersebut memiliki sertifikat pendidik lewat jalur PPG dalam Jabatan (PPGJ)


Catatan

Cara diatas adalah cara untuk mengetahui guru yang sudah mengajar dan memiliki sertifikat pendidik lewat jalur PPG dalam Jabatan.

Jika pesaing memiliki sertifikat pendidik lewat jalur PPG Prajabatan (SM3T dll) maka tidak bisa dicek dengan cara tersebut. Adakah cara mengetahuinya dengan cara lain. Bisa. tanyakan langsung ke pesaing. wkwkwk

Saat ini tidak bisa kita mengecek pesaing kita secara online yang memiliki sertifikat pendidik lewat sergur Pra Jabatan. Terkecuali kita mengetahui nomor sertifikat pendidiknya. Hehehe

Link yang bisa dibuka adalah di laman http://ppg.ristekdikti.go.id/tracer/ dengan cara memasukkan nomor sertifikat pendidik. Ya sama saja gak bisa, karena yang tahu nomor sertifikat pendidik tersebut tentunya yang punya serdik.

cara cek sertifikasi guru pendidik
cek serdik ppg prajabatan


Jadi kita cuma berharap bahwa pesaing kita tidak memiliki serdik, karena jika pesaing memiliki serdik, ya sangat sulit bersaing di SKB. Apalagi jika nilai SKD kita dibawah dia, otomatis kita juga gugur.

Demikian cara mengetahui pesaing kita saat tes SKB apakah sudah punya serdik atau belum, jadi admin hanya tahu cara tersebut. Khususnya yang sudah ikut PPG dalam Jabatan masih bisa diketahui, jika dia sergur atau mendapat sertifikasi pendidik lewat PPG Prajabatan yang diselenggarakan oleh DITJEN DIKTI maka sulit untuk ditracking.

Perlu diketahui jenis-jenis PPG Prajabatan khususnya yang diselelenggarakan ditjen Dikti di masa lalu ada berbagai macam, antara lain PPG S1 PGSD berasrama, PPG SM3T atau Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Pendidikan yang dikhususkan bagi calon pendidik yang akan ditempatkan pada kawasan 3T, PPG Prajabatan Bersubsidi,  PPG Prajabatan Swadana, dll

7 Komentar

  1. Kalau tertulis masih persiapan PPG 2020 apakah sudah ada serdik?

    BalasHapus
  2. Kalau tertulis persiapan PPG 2020 apakah sdh ada serdik?

    BalasHapus
  3. Min mau tanya, kalo pas diinput no. UKG di web sergur keterangannya tercatat tapi tidak lolos seleksi akademik 2018 maksudnya gimana ya?

    BalasHapus
  4. Kak barusan saya cek nama pesaing saya terus muncul tulisan "nomor peserta UKG tersebut tidak lulus seleksi akademik th.2017 dan th.2018" itu maksudnya gimana ya kak? Terimakasih

    BalasHapus
  5. Kak barusan saya cek nama pesaing saya terus muncul tulisan "nomor peserta ukg tersebut tercatat tidak lulus seleksi akademik th.2017 dan th.2018" itu penjelasannya gimana ya kak? Terimakasih

    BalasHapus
  6. Kalau mau mengecek nama yang sudah punya serdik dari mengikuti kuliah profesi 1 tahun, gimana ya min..? Coz stlh dicek di link gtk ga ada..

    BalasHapus
  7. Dear, admin. Mohon pencerahannya. Nama pesaing saya ada di website sergur. Namun ada tulisan "tidak mengikuti UKMPPG". Apakah itu tetep berarti dia lulus dan punya serdik? Terima kasih, min.

    BalasHapus

Posting Komentar