Pengalaman Ikut Tes CPNS dan Lulus

berbagi pengalaman ikut tes cpns dan lulus

Seleksi CPNS saat ini bisa dikatakan 100 persen murni. Tidak ada lagi yang namanya KKN dalam proses pengadaan CPNS. Hal ini tentu terlaksana karena memang Undang-Undang ASN yang mengatur demikian serta keseriusan pemerintah dalam proses rekrutmen ASN yang tidak mau lagi mengangkat honorer secara langsung menjadi  CPNS. Walau masih ada yang berfikir negatif bahwa rekrutmen CPNS masih memakai pola KKN, namun hal itu sulit dibuktikan. Untuk berlaku curang pun sangat tidak mungkin, mengingat seleksi CPNS yang menggunakan CAT yang nilainya bisa dilihat langsung saat peserta melakukan tes. Tentunya kita pun masih ingat dengan kasus anak Presiden Jokowi yang tidak lulus SKD CPNS tahun 2017 lalu.

Berbagai macam usaha dilakukan agar bisa lulus tes CPNS. Dari bermain hal-hal gaib seperti membawa jimat saat tes. Dan adapula yang berusaha dengan belajar lebih giat seperti berlatih soal-soal tes CPNS, bahkan ada yang ikut bimbingan belajar. Wajar, bagaimanapun menjadi PNS hal yang diidamkan hampir sebagian besar orang.

Lulus tes CPNS tentu merupakan hal yang menggembirakan sekaligus membanggakan, betapa tidak karena keberhasilan itu dengan "menyingkirkan" saingan yang ada ratusan bahkan ribuan pelamar CPNS. Mereka yang lulus tentu tidak sembarangan dalam mempersiapkan untuk ikut tes CPNS. Dan banyak testimoni atau tip bagaimana agar lulus CPNS. Sebut saja rekan kita Kadek yang memberikan tips agar lulus CPNS, berikut ini penuturannya.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman mengikuti tes cpns 2018, dan syukur saya lulus.

1. Jangan terlalu fokus mempelajari soal2 tes cpns tahun2 sebelumnya,  terutama yang bersifat hapalan. misal seperti menghapal nama pahlawan, tanggal2 bersejarah dll. Karna pemerintah tidak akan mengulang soal yang sama. Ini masalah nasib, kalau beruntung anda akan mendapatkan soal hapalan yang kebetulan anda tahu.

2. Perbanyak pelajari soal kategori tiu. Karna soal tiu lebih ke pemahaman. Jadi kalau anda paham mau soalnya seperti apa pasti anda tau. Contoh soal tiu yang hampir  pasti muncul tiap tes cpns adalah tes deret angka dan gambar (pelajari pola2nya), silogisne, mean median modus, sinonim antonim.

3. Untuk soal tkp jika anda mendapat pilihan untuk memilih pekerjaan  keluarga, maka pilihlah dua2nya. Dengan catatan utamakan yang terlebih dulu bikin janji. Misal anda sudah minta cuti untuk ultah anak, tapi tiba2 disuruh ke kantor, ya anda hadiri duluultah anak baru ke kantor, walaupun terlambat sampai kantor. Dan kalau ada soal tentang teman yang malas di kantor maka pilihlah jawaban yang melapor ke pimpinan, jangan pilih yang misalnya menegur teman agar rajin. Karna kita karyawan, serahkan ke pimpinan.

4. Banyak ikut grup2 cpns di medsos seperti di fb ini, karna biasanya ada orang berhati mulia yang membagikan soal2 tes cpns yang baru saja dijalaninya. Jujur bagi saya ini sangat membantu, karena memberi gambaran bagi saya sebelum tes.

5. Berdoa dan meminta restu kepada orang tua.

6. Boleh percaya atau tidak, kata orang anak bawa rejeki. Pas saya tes kebetulan istri sedang hamil, jadi mungkin rejeki anak. Ada 2 teman saya yang serupa, yang satu istri nya hamil dan yang 1 sedang hamil besar waktu tes. Dua2nya lulus tes. Jadi yang jomblo segera nikah dan buat anak 😁

7. Terakhir pasrah

 Ada pula pengalaman salah seorang rekan pelamar yang mengikuti seleksi CPNS tahun lalu di Kemenkumham sebagai sipir. Diapun lulus di tahap awal seleksi yakni SKD.

Pengalaman dari salah satu pelamar yang lulus passing grade tes CPNS 2018

TWK : 110
TIU : 85
TKP : 150
.Kemenkumham Sipir.

Soal yang keluar.
TWK
- Kebanyakan pancasila yang berhubungan sama kehidupan sehari, toleransi antar agama ada 5 soal lebih. Malah tentang sejarah pancasila, UUD gak keluar.
- Pasal gak keluar.
- Fungsi MPR, DPR 3 soal.
- Bhineka Tunggal Ika, kebanyakan tentang toleransi antar golongan.
- Sejarah Jepang gak keluar.
- Intinya TWK cari soal tentang pancasila yg berhubungan sama kehidupan sehari hari.
- Update politik 2010 - 2018 keadaan di Indonesia kyk gmana.
- Oiya tadi ada temen keluar soal asian games, apalin aja tgl pembukaan, penutupan, sama jumlah medali Indonesia
- Tadi juga ada yg keluar tentang ukuran bendera, kalo di lapangan istana brapa ukurannya, di lapangan umum, mobil presiden, ruangan, pesawat. Cari aja ukuran2 nya. Ada di UU NO 24 THN 2009 PASAL 4 AYAT 1-3 TENTANG BENDERA, BAHASA DAN LAMBANG.
- Supersemar, KRI dewaruci, PUTERA, linggarjati, westerling, RPJM, gada yg keluar saya dan temen saya. Tapi pelajari aja.

TIU
- Deret angka 3 soal
- Pecahan sederhana 3 soal,
- Soal yg ada x,y nya sekitar 5 soal
- Logika, Silogisme 5 soalan.
- EYD 1 soal.
- Cerita panjang disuruh cari tema, judul, implikasi sekitar 5 soal.
- Tebak gambar bentuk yg berhubungan antara A,B,C,D lalu di isi E yg cocok yg mana sekitar 5 soal. Biasanya kalo pernah psikotest di perusahaan paham. Banyak kok contohnya di google.
* Tebak gambar bentuk semua temen saya dapet, jadi pelajari aja *
- Khusus soal panjang kalo bisa baca yg ditanyakan nya dlu, usahain soal panjang baca intinya aja. Karna yg ditanyakan cma tema, judul yg tepat sama implikasi nya.

TKP
- Soalnya panjang2.
- Hubungan antar teman, lingkungan.
- Reaksi terhadap sesuatu.
- Untuk TKP usahain baca sekali langsung Shoot. Jgn baca 2 kali,
- Konsentrasi penuh gan, jgn mikirin macem2.

TRIK Pertama
- Kerjain TWK 16 soal yg udah yakin pasti benar.
16 soal x 5 = nilai 80 brati aman.
- TWK 16 soal x 5= 80 brati aman.
- TKP cari jawaban terbaik, ingat jawaban panjang bukan berati bagus. Pahami dlu soalnya.

TRIK ke 2
- Ketika mulai ujian langsung kerjain TKP dlu yaitu langsung klik nomor 66 sampe 100. (Usahain 20 menit selesai)
- Lanjut lari ke TWK, No 1-35 (usahain 15 menit kelar) karna soalnya pendek2. Ya gak pendek juga si.
- TIU kerjain terakhir No 36 - 65, brati masih ada waktu 55 menit. Kenapa TIU harus banyak sisa waktu???.... karna hitungan, tebak gambar sama soal panjang. Butuh konsentrasi dewa. Saya juga ada yg nembak kok di TIU, tapi usahain kalo nembak pelototin soalnya, kalo yakin langsung Shoot.

Kalo bisa sisain 10 menit waktu buat ngoreksi jawaban yg kira2 meragukan.

TRIK 3
Kalo misal ada soal yg udah dijawab tapi masih ragu, tulis aja di kertas coret coretanya. Misal No 70 ragu, tulis aja 70 dst. Jadi biar gak nyari2 lagi tadi soal yg ragu mana yakk. Hadehhhh

TRIK ke 4
Minta restu orang tua, cium tangan nya, doa yg banyak.
Karna berdoa tanpa berusaha itu bodoh. Berusaha tanpa berdoa itu sombong.

Itulah sedikit tips yg bisa ane berikan, terutama yg belum ujian SKD, Semoga bermanfaat


Pengalaman dari salah satu pelamar yang lulus passing grade tes CPNS 2018 TWK : 110 TIU : 85 TKP : 150 .Kemenkumham...
Dikirim oleh INFO GURU pada Minggu, 28 Oktober 2018

Tips Lulus CPNS  Lainnya

 TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN (PART. 1)

Sebagaimana rencana saya sebelumnya, ini adalah TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN bagian awal yang saya sediakan bagi teman-teman dan siapa saja yang sekarang sedang dalam tahap persiapan mengikuti seleksi CPNS, atau hanya sekedar ingin tahu dan memahami. Bagian yang kemudian teman-teman baca ini, saya sajikan terbatas hanya dalam  tiga pembahasan saja; pertama, Tentang apa itu CAT (Computer Assisted Test). Kedua, Ambang batas nilai kelulusan dalam seleksi CPNS, dan ketiga, Jenis-jenis soal dan di akhir nanti, mungkin sedikit kisi-kisi soal yang pada umumnya akan ditanyakan dalam seleksi CPNS menggunakan sstem CAT. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Lalu kenapa saya memilih ke-tiga pembahasan tersebut? Pertama, saya ingin teman-teman yang sebelumnya pernah  mengikuti seleksi CPNS, namun belum berhasil lolos agar tidak patah semangat dan mau berusaha kembali dalam kesempatan selanjutnya, dan agar kalian dapat kembali me-review materi apa saja yang kemudian dibutuhkan untuk melakukan persiapan-persiapan. Menurut saya, kalian yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya, akan lebih berpeluang lulus pada seleksi selanjutnya jika saja kalian mau melengkapi kekurangan-kekurangan sebagaimana kalian alami pada tes pertama. Itu karena kalian tau bagaimana sistem soal dan jawaban, ruang lingkup dan tingkat kerumitan soal hingga ketersediaan waktu yang sangat terbatas.

Kedua, tiga pembahasan tersebut merupakan dasar bagi teman-teman yang baru pertama kalinya mengikuti seleksi CPNS dengan sistem CAT. Tiga hal ini adalah wawasan awal dan juga modal untuk menyusun rencana dan strategi belajar yang baik, agar waktu tersisa hingga Kemenpan-RB mengumumkan formasi dan jumlah yang akan diterima pada masing-masing kementrian/lembaga nantinya, dapat dimaksimalkan dengan upaya belajar yang benar-benar terarah dan materi-materi yang sesuai. Kalian tidak perlu cemas karena belum berpengalaman dengan sistem CAT tersebut, toh banyak teman-teman saya yang lulus seleksi tahun 2017 juga merupakan pengalaman pertama bagi mereka. So, bukan tentang seberapa banyak seseorang berinteraksi dengan seleksi.. Tetapi lebih pada wawasan, kemampuan yang dibangun dan strategi belajar dalam menghadapi soal-soal yang kemungkinan akan ditanyakan.

APA ITU COMPUTER ASSISTED TEST (CAT)?

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), Computer Assisted Test (CAT) adalah sebuah mekanisme seleksi dengan alat bantu computer yang akan digunakan untuk menyelenggarakan ujian bagi seluruh peserta seleksi, dengan tujuan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar ini dibutuhkan untuk mewujudkan profesionalisme pegawai negeri sipil, dan CAT dipercaya dapat menjamin standar kompetensi dasar CPNS--melalui seleksi tahap awal-- yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Penggunaan sistem komputer mengharuskan para peserta mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer, pengoperasiannya juga cukup mudah dan sederhana. Soal berupa choice (pilihan ganda) membuat teman-teman cukup hanya menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar, bahkan.. Waktu yang tersisa untuk pengerjaan soal juga terpampang dengan jelas di monitor sehingga teman-teman tidak perlu gelisah mengira-ngira waktu yang masih tersedia.

Teman-teman, salah satu keunggulan penggunaan sistem komputer dalam seleksi ini adalah  mekanisme penghitungan kelulusan secara realtime atau di saat itu juga. Ketika sesi ujian selesai dan teman-teman menutup halaman ujian, maka akan terpampang hasil/nilai ujian dari soal-soal yang telah berhasil teman-teman jawab sebelumnya. Jika kalian melewati ambang batas minimal yang telah ditetapkan panitia, maka saat itu juga kalian akan melihat kelulusannya. Demikian juga jika kalian tidak lulus ambang batas penilaian. So, tidak perlu lama untuk menunggu hasil atau was-was apakah hasil ujian teman-teman berpotensi dicurangi karena itu mustahil dilakukan dengan sistem ini. Bahkan, di luar ruang tes panitia menyediakan sebuah layar lebar untuk memantau lajunya seleksi peserta. Dari satu soal pertama yang benar kalian jawab sampai soal terakhir, prosesnya terpantau dengan baik. Begitu juga jika teman-teman lulus ambang batas, maka di layar pantauan tersebut nilainya bewarna hitam, itu artinya kalian sudah lulus, sedangkan bila masih dalam proses menuju ambang batas nilai yang terpampang masih berwarna merah. Tentu saja teman-teman tidak melihat progres nilai yang di luar karena sedang bertaruh untuk keberhasilan masing-masing ketika sedang di ruangan tes dan bergelut dengan soal-soal yang ada.

Pelaksanaan tes akan dilakukan secara regional, hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian CPNS pusat akan dibagi dari tiap kementrian ataupun lembaga Negara yang mengadakan seleksi penerimaan CPNS di lembaganya maupun kementriannya. Saya pada saat itu berkesempatan mengikuti tes di kantor BKN regional IV Kota Medan, sedangkan teman-teman dari Aceh yang sejak awal mendaftar untuk tes di Aceh, mendapatkan lokasi tes di Banda Aceh. Sebenarnya di lokasi manapun tidak ada bedanya, karena teman-teman akan berhadapan dengan satu sistem tes yang sama dan tingkat pengawasan, bahkan soal SKD yang tidak berbeda.

 

BERAPA AMBANG BATAS (PASSING GRADE) NILAI UNTUK KELULUSAN UJIAN CPNS?

Nah, untuk sesi ini. Saya ingin teman-teman tahu bahwa seleksi dengan sistem CAT itu akan dilalui dalam dua tahap. Tahap pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), sedangkan tahap kedua adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pengalaman saya pada 2017, jangka waktu antara SKD dan SKB adalah satu bulan lamanya, jadi, jangan khawatir bahwa teman-teman akan kekurangan waktu untuk mempersiapkan SKB jika telah lulus pada tahapan SKD.

Soal SKD CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara. Yang harus teman-teman ingat, tahapan SKD punya tiga bidang pengujian yaitu; Tes karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ketiga bidang pengujian ini memiliki ambang batas kelulusan masing-masing, artinya teman-teman harus memastikan bahwa jumlah jawaban yang benar harus memenuhi angka yang ditetapkan panitia. Berikut saya kutipkan rinciannya;

↗ Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal. Skala penilaian adalah 1 sd 5, tidak ada nol untuk jawaban yang tidak tepat. Nilai maksimalnya adalah 175, ambang batas kelulusan adalah 75% dari nilai maksimal, artinya kalian harus mendapat nilai minimal 126 pada bidang TKP ini.

↗ Tes Intelejensi Umum (TIU) sebanyak 35 soal, skala penilaian 5 jika benar dan 0 jika salah. Nilai maksimal dari TIU adalah 175, ambang batas kelulusan adalah 50% dari nilai maksimal, jadi harus berhasil mendapat nilai 75 pada bidang TIU.

↗ Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, skala penilaiannya sama dengan TIU yaitu 0 jika salah dan 5 jika benar. Nilai maksimalnya adalah 150, ambang batas kelulusan adalah 40% dari nilai maksimal, kalian harus berhasil mendapat 70 poin pada bidang TWK ini.

jadi, jika seluruh soal (100 soal) berhasil dijawab dengan tepat, maka nilai maksimum yang akan teman-teman dapatkan adalah 500, dan nilai minimumnya adalah 35. Masing-masing ke-tiga bidang uji tersebut harus berhasil dijawab di atas nilai ambang batas, jangan heran jika di akhir ujian  kalian dinyatakan tidak lolos bila berhasil melalui ambang batas TKP dan TWK sedangkan TIU tidak berhsil mencapai passing grade (ambang batas nilai) nya. Penting juga untuk diketahui, tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini, jadi pastikan tidak ada soal yang dibiarkan  tidak terjawab. Tentang berapa durasi waktu pengerjaan soal? Ini yang buat peserta kebanyakan pusing, waktunya hanya 90 menit. Itu artinya, hanya tersedia 1 menit 11 detik saja, untuk menyelesaikan satu soal dengan tingkat kerumitan jawaban yang berbeda-beda. Nanti kita akan bahas satu bagian tersendiri tentang tips menjawab soal, stay ya.

 Bagaimana? Masih semangat kan.

 

TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN (PART. 1) Sebagaimana rencana saya sebelumnya, ini adalah TIPS LULUS CPNS; BERBAGI...
Dikirim oleh Islahul Umam pada Minggu, 03 Juni 2018

KOMPOSISI SOAL (KISI-KISI) SOAL SKD.

Nah, tadi sudah saya jelaskan tentang tiga bidang pengujian. Sekarang izinkan saya jelaskan tentang komposisi atau kisi-kisi soal yang diaplikasikan oleh Peraturan Menteri (Permen) PANRB Nomor 35 Tahun 2013 bada msing-masing bidang pengujian tersebut.

↗ Tes 1 tediri dari 35 soal TKP dengan materi uji; aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek kemandirian, aspek, pengendalian diri, aspeksemangat berprestasi, aspek inisiatif dan kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan dan aspek efisiensi cara kerja. Semua soal, akan menguji sejauh mana teman-teman mencerminkan sikap berdasarkan aspek-aspek yang dinilai tersebut.

↗ Tes 2 terdiri dari 35 soal TIU dengan materi uji; pertama, kemampuan verbal (sinonim, antonim dan padanan kata). Kedua, kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhtungan angka melalui tes; aljabar dan aritmetika. Ketiga, kemampuan berpikir logis melalui tes deret dan silogisme. Keempat, kemampuan berpikir analitik yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematis, melalui tes; analitik dan spasial.

↗Tes 3 terdiri dari 30 soal TWK dengan materi uji; 1. Pancasila, 2. UUD 1945, 3. Bhinneka Tunggal Ika, 4. NKRI melalui uji wawasan tentang; sistem tatanegara Indonesia baik pemerintah pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Jadi, jika teman-teman serius ingin menghadapi seleksi CPNS tahun 2018.. Mulailah dengan menyusun strategi atau rencana belajar yang sesuai dengan komposisi soal TKD di atas. TKD tersebut merupakan standar sikap dan kemampuan yang telah ditetapkan Negara dan harus dimiliki oleh setiap pegawai. Pegawai Negeri Sipil punya tiga fungsi pokok; pertama, PNS sebagai pelayan masyarakat. Kedua, sebagai pelaksana kebijakan, dan ketiga, sebagai alat pemersatu bangsa. So, jika ingin menjadi abdi Negara.. jadilah sosok yang dibutuhkan Negara. Berpikir, bersikap dan bertindaklah sebagaimana abdi Negara, dan jangan lupa.. Bangun kemampuan yang sesuai dengan standar minimal  yang sudah ditetapkan oleh Negara kita Indonesia. Semoga bermanfaat, ya.

To be continued..

 

0 Response to "Pengalaman Ikut Tes CPNS dan Lulus"

Posting Komentar