Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah


Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga pendidikan yang memegang peran penting dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka tenaga administrasi sekolah perlu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Dalam rangka mewujudkan tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah sebagai  pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut. 

Buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah

Salah satu upaya untuk membimbing tenaga administrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun panduan kerja dimaksud dan menerbitkannya menjadi sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan kerja ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala tenaga administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.

Dalam setiap sekolah tentu membutuhkan tenaga administrasi sekolah, apalagi sekolah-sekolah besar yang memiliki siswa banyak. Selain itu banyaknya aplikasi baru baik yang berbasis online maupun offline menuntut sekolah untuk merekrut tenaga administrasi jika sebelumnya tidak ada. Mengingat beban kerja dan mengajar guru serta kepala sekolah juga sudah tinggi. Tenaga administrasi sekolah biasa juga disebut tata usaha sekolah ada juga yang menyebutnya dengan istilah operator sekolah.

Pada post sebelumnya sudah kami bagikan mengenai uraian tugas Tata Usaha Sekolah diantaranya tugas Kepala Tata Usaha, TU bagian kepegawaian, TU bagian inventaris/prasarana, bagian keuangan, persuratan, operator komputer, pustakawan, dan penjaga keamanan/satpam sekolah. Maka kali ini akan kami share buku panduan kerja khusus untuk tenaga administrasi sekolah.

buku panduan kerja untuk tata usaha tenaga administrasi maupun operator sekolah, tata usaha madrasah disertai contoh contoh surat administrasi sekolah Buku kerja administrasi sekolah

Buku panduan kerja tenaga administrasi disusun oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan bekerjasama dengan Kepala Asosiasi Kepala Tenaga Administrasi Sekolah (AKTAS)


Dalam buku panduan ini memuat:

    Kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah
    Deskripsi/uraian tugas tenaga administrasi sekolah
    Contoh-contoh surat, program kerja, buku kegiatan dan lain-lain


Sangat bagus dimiliki oleh anda yang bekerja di sekolah agar lebih mengenal apa saja tugas yang harus dikerjakan oleh tenaga admin sekolah. Apalagi biasanya jelang awal tahun pembelajaran, biasanya banyak sekolah yang merekrut tenaga baru untuk mengurus administrasi sekolah karena  jika guru yang mengerjakan administrasi sekolah akan cukup kerepotan disamping tugas guru yang memang sudah menumpuk.

Panduan kerja ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Nah jika anda bekerja sebagai tenaga administrasi tersebut ada baiknya mendownload buku panduan kerja tenaga administrasi sekolah ini.  Silakan unduh di tautan ini file lengkapnya.


Related Posts