Apa itu Sirekap?

Sirekap merupakan singkatan dari Sistem Informasi Rekapitulasi. Sirekap merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh KPU. Awalnya ditujukan untuk tujuan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada 2020. Namun karena masih ada kekurangan dan berbagai alasan lain  Penggunaan Sirekap akhirnya diputuskan hanya merupakan uji coba dan alat bantu penghitungan dan rekapitulasi, serta untuk publikasi.

Buka Juga
Buku Panduan KPPS Pilkada 2020



Cara Kerja Sirekap

Karena Sirekap merupakan aplikasi, maka wajib di instal di Smartphone berbasis Android. (Aplikasi bisa diunduh di bagian akhir artikel). Aplikasi sirekap wajib diinstal di HP anggota KPPS yaitu 2 orang anggota. Cara kerja sirekap adalah anggota KPPS mengunduh aplikasi, menginstal aplikasi, melakukan aktivasi sirekap dan pada hari H pemilihan melakukan upload hasil penghitungan manual lewat aplikasi sirekap.

Download Aplikasi Sirekap

Aplikasi Sirekap merupakan aplikasi mobile, namun saat saya coba download di playstore ternyata belum tersedia di Playstore. Jadi aplikasi yang beredar ini berasal dari grup WA PPS/PPK di wilayah saya, dijamin aman. Silakan klik di tautan ini untuk mengunduh aplikasi sirekap.


Update 5 Desember 2020


Bersama ini kami sampaikan langkah2 yg perlu dilakukan oleh KPPS dalam penginstallan Sirekap Mobile  versi 1.9.5 sbb :

1. KPPS melakukan unistall Sirekap Mobile yg sebelumnya telah terpasang pada HP KPPS

2. Setelah melakukan langkah 1 di atas, Silakan install Aplikasi Sirekap Mobile di playstore melalui link:
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kpu.sirekap

3. Setelah berhasil menginstal, tidak diperbolehkan melakukan Aktivasi, sebelum ada pemberitahuan resmi dari KPU.

4. Proses Aktivasi akan dilakukan besok sesuai dengan waktu per Gelombang masing2. Adapun jadwalnya akan kami bagikan sebelum proses aktivasi.




Untuk cara instalasi sirekap silakan Buka di Youtube Sirekap

Atau nonton videonya di bawah

Anda juga mengunduh paparan powerpoint untuk melihat tata cara instalasi sirekap mobile, cara penggunaan sirekap mobile serta cara menggunkan sirekap web di tautan ini




1 Komentar

  1. Sy punya terhenti di laman login. Saat mau lanjut buat kode akses, hp jatuh dan mati. Sy hidupkan untuk lanjut. Jawaban yang Aada alah Kode aktivasi sudah pernah digunakan. Sy terus mencobanya. Apk shy uninstal dan insatal LG. Selanjutnya saya coba telusuri riwayat dan sy coba masuk laman login. Di situ saya senang Krn terakhir sy sampai di laman itu. Sy coba msukn no HP dan Password utk login dan apk sirekap terbuka hanya sampai di situ sjja. Mohon solusi BNN untuk mslhh sprti ini.

    BalasHapus

Posting Komentar