Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

BKN: Tersisa 10 ribu PNS Fiktif Pasca PUPNS

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini tersisa 10 ribuan PNS Siluman alias fiktif pasca penjaringan data PUPNS lalu.

Data awal, 97.000 masuk PNS 'ghost'. Kemudian tersisa 74.000, kita verifikasi turun 25.000 dan sekarang masih ada 10.000, katanya saat meresmikan meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN Semarang.


Berdasarkan institusi, jumlah PNS siluman paling banyak bekerja di institusi TNI/Polri. Pihaknya mengaku sulit mengakses data tersebut lantaran dana pensiun PNS bersangkutan berada di PT Asabri.
"Dana pensiunnya tidak di Taspen, sehingga kita sulit mengakses data orang-orangnya. Kita minta tolong ke Kemenhan untuk memverifikasi 4.500 PNS di lingkungan TNI/Polri," ungkapnya.

Sedangkan sisanya, sebanyak 5.500 PNS "siluman" tersebut, lanjutnya, akan dipilah lagi mengenai status kepegawaiannya.

Ia mengaku belum bisa memastikan apakah PNS siluman tersebut fiktif atau tidak. Misalnya kemungkinan yang bersangkutan sakit stroke dan tidak pernah melapor. Data PNS yang misterius ini akan diserahkan ke masing-masing pembina kepegawaiannya untuk dipastikan lagi kebenaran status kepegawaiannya

Related Posts