Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Orangtua Mengecek apakah Anaknya Mendapatkan PIP


Pada artikel sebelumnya telah admin bagikan perihal cara mengaktivasi rekening dan cara mencairkan rekening PIP di bank. Dalam hal ini adalah tugas sekolah yang melakukan atau membuat berkas administrasi sedangkan untuk aktivasi bisa dilakukan oeh siswa dan ortu siswa yang bersangkutan atau boleh juga diwakilkan oleh pihak sekolah dengan kondisi dan persyaratan tertentu.

Sekolah yang punya inisiatif boleh jadi mengumumkan nama siswa yang menerima PIP, tapi tidak sedikit pula yang cuek dan tidak urus terhadap bantuan PIP ini, jadi siswa yang padahal seharusnya dapat malah tidak jadi dapat, dan dana PIP hangus alias dikembalikan ke negara. Tentu sangat disayangkan, padahal dana PIP bisa dimanfaatkan untuk siswa membeli keperluan sekolah.

Bagi orangtua yang ingin tahu apakah anaknya mendapatkan PIP selain dari pengumuman pihak sekolah bisa juga mengecek secara langsung di laman website PIP. Yakni di situs yang beralamat di https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn . Namun sebelumnya siapkan dulu NISN siswa, tanggal lahir siswa serta nama Ibu kandung. Ketiganya harus ada, karena salah satu tidak lengkap maka pengecekan tidak akan muncul nama siswa yang bersangkutan, ntar maah dikiran tidak dapat padahal dapat PIP.

Silakan buka atau ketik alamat website https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn di browser Chrome atau yang lain.

Kemudian ketikkan NISN siswa lalu NIK (Nomor Induk Kependudukan) siswa
Lalu ketik hasil penjumlahan atau pengurangan yang tertera, lalu klik Cek Penerima PIP
Akan muncul hasil pencarian.

CARA cek siswa penerima PIP


Pastikan saat menginput data NISN, NIK dan jumlah angka benar.

Misalnya siswa tersebut tidak dipanggil atau diberitahu oleh pihak sekolah bahwa siswa ini mendapatkan PIP, maka orangtua siswa bisa menanyakan kepihak sekolah bahwa anak tersebut mendapatkan PIP.  Kemudian minta dibuatkan surat rekomendasi untuk aktivasi rekening PIP ke bank yang tertera.

Itu tadi adalah cara yang bisa digunakan oleh orangtua/wali siswa apakah anaknya mendapat dana PIP atau tidak. Untuk operator sekolah ya tinggal login di laman https://pip.kemdikbud.go.id/index untuk mengetahuinya.
Selain siswa dibawah naungan Kemdikbud, siswa madrasah juga bisa mengecek di laman ini. Silakan dicoba.

Related Posts