Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Download dan Membuat SPTJM Verval Ponsel


Bagi rekan rekan operator yang sudah mengerjakan SPTJM untuk verval ponsel mungkin saat login di web verval ponsel gagal atau link untuk membuat SPTJM verval POnsel rusak. Nah Saat ini link atau tautan untuk membuat SPTJM verval Ponsel sudah tersedia yang baru yakni di tautan

https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/

Silakan klik tautan di atas untuk membuat SPTJM verval PD. Lalu login menggunakan akun seperti verval ponsel. atau akun SDM Data

Akan muncul tampilan seperti ini: Ada NPSN, Nama Sekolah, Status sekolah dan alamat sekolah, serta nama operator di pojok kanan atas.

cara membuat SPTJM verval ponsel
SPTJM verval Ponsel

UPDATE SPTJM VERVAL PONSEL OKTOBER

Bagi operator yang sudah pernah membuat SPTJM pada bulan September, maka untuk bulan Oktober tetap membuat dan mengunggah ulang SPTJM untuk periode bulan Oktober. Apalagi nomor ponsel yang belum diverifikasi kepemilikan maka wajib dibuatkan SPTJM nya. Karena jika belum tidak akan muncul pada SPTJM periode Oktober.

Jadi Sebelum membuat, mendownload dan mengunggah SPTJM pastikan verifikasi kepemilikan sudah selesai semuanya agar tidak terjadi lagi SPTJM berkali-kali.


Silakan klik Menu SPTJM. Ada 3 pilihan sub menu, Belum SPTJM, Sudah SPTJM dan Daftar SPTJM.

Untuk membuat SPTJM silakan klik Belum SPTJM lalu klik Formulir Pembuatan SPTJM > Lalu Klik Buat SPTJM Baru > Oke






Submenu Sudah SPTJM akan muncul seperti di bawah ini

Berisi nama siswa dan PTK di bagian bawah, berikut kode atau nomor SPTJM.



Langkah berikutnya adalah mendownload dan mengunggah SPTJM tersebut.

Klik Sub menu Daftar SPTJM

Klik icon panah biru kecil ke bawah atau disebelah kiri untuk mendownload SPTJM.

unduh SPTJM

Setelah di klik akan muncul di tab baru browser, Silakan download  SPTJM harus di cetak dan  ditandatangani kepala sekolah bermeterai 6000.

contoh sptjm verval ponsel
SPTJM


Setelah SPTJM tersebut kita cetak dan ditandatangani Kepala Sekolah, lalu discan pdf, maka selanjutnya adalah mengunggah atau upload SPTJM ini. Silakan buka Sub Menu Daftar SPTJM, klik icon panah biru sebelah kanan.Klik telusuri, cari file SPTJM yang sudah discan, klik open, lalu Klik Unggah SPTJM. Tunggu beberapa menit, proses agak lambat pemirsa. hehehe. Nanti akan muncul pemberitahuan SPTJM berhasil diunggah.



cara unggah sptjm verval ponsel
unggah SPTJM

unggah sptjm
unggah SPTJM

cara upload dan kirim SPTJM verval HP siswa
SPTJM berhasil diunggah


Jadi ada beberapa tahapan SPTJM verval ponsel ini
1. Membuat SPTJM Klik Submenu Belum SPTJM
2. Mendownload SPTJM > Klik Submenu Daftar SPTJM
3. Mencetak dan tandatangan Kepsek bermeterai 6000, lalu discan PDF
4. Mengunggah SPTJM yang sudah discan

Catatan Penting buat operator,


Operator tidak perlu menyelesaikan verval kepemilikan , asal yakin data nomor HP di verval sudah benar, dan tidak masuk residu maka bisa membuat SPTJM.

SPTJM bisa dibuat lebih dari satu kali / gelombang, sebagai contoh diatas, siswa kami 329, tapi yang sudah valid nomor HP ada 280, jadi itulah yang kami buatkan SPTJM. Sisanya akan dibuatkan di gelombang berikutnya setelah perbaikan nomor HP yang masuk residu, maupun siswa yang tidak muncul saat mebuat SPTJM pertama kalinya.


SPTJM Gelombang 2 oleh Operator Sekolah


Yang dimaksud disini adalah jika kita selesai membuat SPTJM pertama tadi tentu masih ada yg tersiswa, padahal nomor HP siswa aktif dan sudah diverifikasi. Contoh lagi seperti diatas, dari 329 yang sudah SPTJM 280, masuk residu 28, maka ada beberapa siswa yang harusnya bisa dibuat SPTJM. Namun pada gelombang pertama belum muncul.

Silakan operator login di verval ponsel klik SPTJM, Klik Menu SPTJM > Pilih Belum SPTJM, maka akan muncul siswa yang belum di SPTJM kan di gelombang 1. Silakan klik Buat SPTJM seperti pada langkah sebelumnya. Untuk mengunduh SPTJM klik menu SPTJM > Daftar SPTJM. Download SPTJM gelombang 2. Cetak, tanda tangan bermeterai kepala sekolah, Scan ke format PDf lalu unggah.

  

SPTJM tahap 2


Berdasarkan surat yang kami terima, bahwa setelah kita membuat SPTJM verval ponsel tahap 1, tentunya masih ada yang tersisa atau belum di SPTJM kan. Sisa yang belum di SPTJM inilah yang nanti bisa diusulkan SPTJM nya pada tahap 2. Silakan dibaca surat edaran tersebut di bawah ini:

SPTJM Verval Ponsel


Sebagai contoh siswa kami yang 280 sudah di SPTJM kan, jadi masih ada tersisa 49 siswa (dari total 329 yang muncul di verval ponsel) yang masih perlu di SPTJM kan. Siswa yang belum di SPTJM kan ini terkendala proses verifikasi dan nomor HP yang  tidak aktif.

Jadi tugas operator adalah memperbaikinya di laman verval ponsel sebelum tanggal 25 September 2020, atau lebih cepat lebih baik.



Demikian tadi cara membuat, mendownload dan mengunggah SPTJM verval Ponsel.

Silakan komentar jika masih ada yang belum paham.




Related Posts