Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Cetak Info GTK ke Format Pdf


Link Info GTK merupakan tautan resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang paling banyak dibuka paling tidak setiap 6 bulan sekali dalam rangka pengecekan validitas data Guru dan Tenaga Kependidikan.  Di awal tahun atau semester genap tahun ajaran biasanya Info GTK sudah bisa di cek dan diketahui hasilnya pada bulan Maret.

Sudah mafhum diketahui oleh guru maupun operator sekolah, bahwa data yang ditampilkan di Info GTK merupakan hasil penarikan data dari aplikasi dapodik, baik Dapodikdasmen maupun Dapodik PAUD. Jika pengisian data di dapodik sudah benar, data yang ditampilkan harusnya juga benar.

Cek Info GTK


Untuk apa guru mengecek Info GTK? Di laman Info GTK data yang ditampilkan adalah diantaranya adalah data Individu berdasarkan Dapodik, disini memuat data Sinkronisasi terakhir yang ditarik server Info GTK, Nama Guru, NUPTK, Tanggal lahir, NIK, Jenis PTK, Status Kepegawaian, Ijazah, Jumlah Jam Mengajar dan data lainnya.

Selain hal tersebut, guru bisa juga mengecek di laman info GTK data lainnya seperti Tugas Tambahan, Status NUPTK Pada database NUPTK, Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
Rombongan Belajar (Rombel), Verifikasi Data Tunjangan Profesi, Data Kehadiran Guru, Tunjangan Guru.

Namun yang paling utama atau inti dari laman Info GTK adalah jika Status Tunjangan Profesi bertuliskan VALID. Kalau sudah valid tunjangan profesi guru dipastikan aman, dan hanya menunggu proses penerbitan SKTP serta pencairan tunjangan di bank. Jika masih bertuliskan VALID (perlu verifikasi dinas) tinggal menunggu verifikasi admin SIM Tunjangan dinas pendidikan kabupaten. Nanti akan berubah menjadi valid.

Cara Login Info GTK


Untuk Login Info GTK 2021 di semester 2 ini, Guru bisa meminta bantuan operator sekolah ataupun mengecek sendiri di laman Info GTK. Adapun laman Info GTK Kemdikbud beralamat di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
Anda bisa mencarinya di kotak pencarian di Google ataupun mengklik tautan http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 

Sebelum bisa masuk ke Info GTK, tentu guru membutuhkan email dan password yang harus diinput sebelum login. Silakan tanyakan dan koordinasikan email dan password untuk login Info GTK ke operator sekolah. Atau buka cara mengetahui akun PTK untuk login INFO GTK

Baiklah kita ikuti cara login Info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Masukkan email pada tulisan account GTK pada dapodik, dan password pada dapodik, lalu kode Captcha yang ada disitu. Sebagai contoh email saya isi idaiasha_rhoma_ani@gmail.com, kemudian password dan kode 103461, yang bisa berubah-ubah setiap kali mau login. Lalu Klik LOGIN.

Status Valid (Menunggu penerbitan SK), jika sudah seperti ini maka Info GTK aman. Kita tinggal menunggu saja sampai SKTP keluar seperti gambar di bawah. Jika sudah valid maka bisa di cetak ke Pdf


catak laman info gtk guru 2023 2024 ke pdf


Jika sudah login dan status tunjangan profesi sudah valid, maka guru bisa melakukan cetak halaman Info GTK. Bisa secara langsung maupun simpan dulu sebagai pdf.  Jika belum valid silakan cek kembali pengisian dapodik apakah sudah benar, khususnya di JJM Sekolah Induk dan non Induk, Jumlah siswa pada rombel. Biasanya untuk guru yang sudah lama dan sudah sering mendapatkan tunjangan sertifikasi itu saja yang bermasalah. Jika ternyata ada kesalahan segera perbaiki bersama operator dapodik. Setelah dilakukan sinkronisasi, cek kembali 4-7 hari kemudian. Perhatikan tanggal penarikan data terakhir (Update Data terakhir), cocokkan dengan tanggal sinkronisasi dapodik.

Selanjutnya adalah jika sudah valid tentunya guru ingin mencetak laman Info GTK. Hasil print Out Info GTK ini biasanya dikumpul saat pemberkasan untuk pencairan tunjangan sertifikasi guru.


Cara mencetak Halaman Info GTK


Setelah kita login di Info GTK dan Valid dan ingin mencetak halaman info GTK tinggal tekan saja tombol keyboard di komputer ctrl dan huruf P bersamaan. Akan muncul tampilan seperti ini di browser Mozilla firefox. Pada tujuan pilih Simpan ke Pdf untuk menyimpan ke format Pdf.
Silakan diatur juga tampilan tegak atau mendatar, pun ukuran kertas dll.


cetak info GTK 2023


Setelah itu klik Simpan

Akan muncul seperti gambar dibawah. Jika ingin menyimpan di D: Data klik Data, pilih Folder untuk menyimpan file.
Sebaiknya buat dulu folder di D: Data tadi, misalnya Info GTK Print Out.
Lalu beri nama sesuai file misalnya Info GTK Ida Iasha. Klik SAVE. Maka file pdf tersimpan di folder tersebut.

Di tampilan baru info gtk tidak tersedia lagi menu atau tombol cetak langsung seperti pada laman info gtk tahun-tahun sebelumnya.

simpan sebagai pdf  info gtk 2023 cara print halaman info gtk yang sudah valid menggunakan google chrome
save as pdf Info GTK 2023

Demikian tadi bagaimana cara masuk ke Info GTK tahun 2023 semester genap tahun pelajaran 2023 semester ganjil beserta cara mencetak laman info GTK yang sudah valid dan menyimpannya sebagai dokumen pdf.

Buka juga Cara Cetak Info GTK lewat HP

Sebaiknya simpan saja dokumennya sebagai dokumen pdf, jangan langsung dicetak walau sedang tersambung ke printer.  Jika dibutuhkan misalnya untuk dikumpulkan ke dinas dalam rangka pencairan Tunjangan sertifikasi maka barulah kita cetak langsung halaman Info GTK tersebut.

Untuk video tutorial bisa di buka di bawah ini



Related Posts