Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Cara Membuat dan Trik mengetahui Akun GTK di Dapodik yang Lupa Password



Setiap semester setidaknya operator sekolah minimal harus mengirimkan atau melakukan sinkronisasi dapodik 1 kali untuk kebutuhan laman Info GTK. Sinkronisasi ini bisa dilakukan berkali-kali jika data di dapodik berubah, misalnya karena adanya penambahan dan perubahan data siswa, data guru dan dan data sekolah.

Salah satunya adalah data guru yang akan ditampilkan sepenuhnya di laman Info GTK. Halaman Info GTK menjadi sangat krusial bagi guru karena disinilah guru bisa melihat data hasil pengiriman dapodik, yang terkait erat dengan tunjangan yang sebelumnya diawali dengan valid tidaknya info GTK untuk penerbitan SK tunjangan profesi guru.

cara membuat akun GTK
cara membuat akun GTK

Untuk login di Info GTK sudah admin bagikan caranya di beberapa artikel sebelumnya yakni dengan   lewat manajemen dapodik (yang bisa dilakukan operator) ataupun menggunakan akun PTK yang sudah dibuat operator di aplikasi dapodik.

Namun terkadang kendala yang dihadapi oleh operator dapodik adalah saat ingin memberikan akun PTK kepada guru, passwordnya malah lupa. Jadilah guru tidak bisa mengecek sendiri info GTK jika lewat akun PTK. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi cara dan trik untuk mengetahui email dan password akun PTK yang biasa digunakan untuk login ke laman INFO GTK.

1. Cara mengetahui akun email dan password Akun PTK di dapodik

1. Operator membuka Dapodik atau browser kemudian ketik dan masukkan link http://localhost:5774/rest/Pengguna di bar browser seperti pada gambar di bawah





Maka muncul tampilan seperti di atas berupa kode-kode aneh, hehehe. Disinilah kita bisa mengetahui akun PTK yang sudah dibuat pada menu GTK > Guru > Penugasan > Buat Ubah akun GTK

2. Silakan tekan tombol Ctrl dan F secara bersamaan untuk mencari nama guru beserta akun email dan passwordnya.

Contoh di bawah saya mencari atas nama Hidayat



lupa password akun GTK info GTK
akun ptk gtk di dapodikdas

Akan muncul alamat email dan  Nama guru. perhatikan yang saya tandai berwarna kuning. Disini saya menggunakan browser Opera. Kolom pencarian muncul di kiri atas Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox munculnya di kiri bawah, sedangkan jika menggunakan Chrome muncul di pojok kanan atas.

Disini sudah kita dapatkan akun atas nama guru Hidayat dengan alamat email k***dayat@yahoo.co.id, langkah selanjutnya adalah mengetahui password akun PTK.

Cari kata jabatan_lembaga setelah nama guru dan NIP, seperti gambar di bawah


password akun GTK info GTK
akun ptk dapodikdasmen

jadi kata setelah jabatan lembaga itulah yang digunakan untuk password akun PTK.

jadi disini sudah kita dapatkan email dan password PTK yang bisa kita gunakan nantinya untuk login Info GTK. dengan email k*****dayat@yahoo.co.id dan password SDN04SS

Cara di atas adalah untuk mengetahui password akun GTK yang lupa.
Bagaimana jika nama guru tidak ditemukan atau passwordnya tidak ada, maka operator harus membuat akun PTK dulu di aplikasi dapodik.

Cara Membuat Akun PTK di Dapodik


Dari kasus beberapa bulan lalu, banyak operator yang lupa password akun PTK atau belum membuat akun PTK, akhirnya operator terpaksa membuat akun PTK atau mengubah password padahal untuk mengetahui nya bisa menggunakan cara diatas tadi.

Untuk membuat akun PTK silakan login ke aplikasi dapodikdasmen

kemudian Klik Menu GTK > lalu Guru, Pilih/Klik Guru yang akan dibuat akun, Klik Penugasan

akun info gtk di dapodik
membuat akun PTK di dapodikdasmen

membuat akun GTK

masukkan alamat email, dan password dan konfirmasi password yang sama.

Klik simpan. Kasus disini admin sudah ada email yang tidak bisa di ubah, jadi hanya bisa membuat dan mengubah password nya saja. Lalu klik simpan. Dengan demikian akun GTK sudah jadi. Email dan password inilah nantinya yang digunakan untuk login info GTK, jika guru meminta. Jangan lupa lakukan sinkronisasi jika telah membuat akun GTK yang baru maupun karena mengubah password.

Setelah membuat password segera lakukan sinkronisasi

Jika lupa password akun GTK, silakan ikuti langlah pertama di atas tanpa mengganti password baru.
membuat password baru justru membuat guru tidak bisa login di Info GTK. Bisa saja mengubah password, namun membutuhkan waktu beberapa hari bahkan mingguan, karena dapodik harus disinkronisasi terlebih dulu dan ini membutuhkan waktu yang lama.

2. Mengubah Password akun GTK lewat akun SP Datadik


Cara yang lain untuk mengetahui dan mengubah pssword untuk login di Info GTK adaah lewat akun SP Datadik yang beralamat di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Tentu saja ini operator sekolah yang melakukannya. Jika Anda guru minta bantuan sama operator dapodik sekolah Anda.

Caranya Operator Dapodik login di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Klik Menu Data Pokok > Klik Akun > Daftar Akun > Jenis Akun; PTK > Klik Tampilkan

Cari PTK/Guru Yang Bersangkutan > Klik icon pensil Warna biru

Misalnya disini akun a.n Jamilah, ada tertera email, masukkan pssword, lalu Klik Update


akun GTK Dapodik

edit password akun GTK


 

akun PTK guru sp datadik

 Setelah kita klik update, maka email dan password tadi bisa digunakan untuk login di info GTK, jangan lupa operator juga melakukan sinkronisasi agar data masuk ke local dapodik. Cara kedua ini adalah untuk mengubah password. Jika cara pertama sudah bisa dan benar maka cara tidak pelu lagi melakukan cara kedua, karena tujuannya disini adalah untuk mengubah password akun GTK secara online.

Demikian tadi cara membuat akun GTK dan mengetahui password akun GTK yang terlupa, maupun mengganti password. Silakan coba cara-cara diatas. Semoga bermanfaat buat operator sekolah. Silakan disimak juga videonya di bawah ini


Related Posts