Cara Instal Dapodik Lengkap



Telah tersedia dapodik versi terbaru 2020 buka di link Unduh dapodikdas versi 2020

Kembali operator diharuskan mendownload installler baru dapodikdasmen versi 2020 terbaru. Karena versi lama sudah tidak bisa dipake lagi. Jika file installer dapodik sudah didownload, maka kita tinggal melakukan proses instalasi. Ingat sebelum instal versi terbaru Anda harus menghapus dapodik versi lama di komputer laptop. Pastikan juga spesifikasi komputer memenuhi standar yang ditetapkan oleh pengembang dapodik yakni:

Spesifikasi Minimum Untuk Instalasi Dapodik

Sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 1 Tahun 2018 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:
  1. Processor Intel core i3 atau yang setara
  2. Memori (RAM) standar minimal 4 GB
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  4. Sistem Operasi Microsoft Windows 10
  5. Komputer sudah terpasang browser web google chrome, mozilla firefox
Buka juga Solusi Permasalahan Dapodik 2020

Cara Generate Prefill Dapodik

Prefill sederhananya adalah database dapodik dari aplikasi dapodik aplikasi sebelumnya, atau dari isian sebelumnya.  Proses generate disini artinya mendownload database tersebut untuk dimasukkan ke aplikasi dapodik sehingga database sebelumnya bisa masuk ke dapodik terbaru, dan operator tidak perlu repot lagi mengisi dapodik terbaru.

cara instal dan generate prefill dapodik terbaru

Untuk mendownload prefill bisa menuju alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
Pilih menu Data prefill > Kemudian pilih Unduh Prefill propinsi sekolah berada.

Terserah Klik yang mana saja linknya, maka akan muncul isian username, password dan kode registrasi dapodik. Isikan secara lengkap dan benar, Klik generate, kemudian tunggu prosesnya hingga selesai

Klik “download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”

cara generate prefill dapodik
generate prefill


menyimpan prefill di komputer

OPsi generate prefill diambil jika instalasi dapodik memakai mode offline atau tanpa tersambung jaringan internet. Namun jika instalasi secara online maka tidak perlu melakukan generate prefill.

Cara Menghapus Aplikasi Dapodik Lama 

Sebelum menginstal dapodik terbaru yang wajib dilakukan adalah melakukan penghapusan aplikasi dapodik sebelumnya atau uninstal. Biasanya di awal tahun ajaran baru, kalau ada patch terbaru dapodik maka tidak perlu ada Uninstal.

Silakan klik tombol Search/pencarian, ketik control panel. Langkah selanjutnya sama klik Uninstall a program.

cara uninstal dapodik dapodikdasmen

cara uninstal dapodik dapodikdasmen
Jika sudah selesai, maka selanjutnya adalah menginstal aplikasi dapodik, cari dan temukan Installer aplikasi dapodik versi terbaru yang sudah Anda download.


Buka folder tempat hasil unduhan installer dapodikdasmen, Klik kanan pada file pilih Run As
 Administrator.
cara instal dapodikdas
install dapodikmen dapodikdas dapodik 2020

cara instal dapodik 2020


cara instal dapodikdas
Cara Instal Dapodik Versi Terbaru 2020

Sampai langkah di atas sudah cukup mudah, kalo anda operator lama pasti bisa, bagi operator baru juga pasti bisa karena cukup mudah.


Proses selanjutnya adalah registrasi dapodik, disini yang dibutuhkan adalah kode registrasi dapodik yang sama pada tahun lalu.Lihat video cara instal dapodik di tautan ini 

Cara Registrasi Dapodik

Hal yang dilakukan setelah kita berhasil melakukan instalasi dapodik , mendownload prefill dapodik serta memasukkan prefill dapodik di drive C komputer adalah registrasi dapodik. Artinya di sini kita akan mulai masuk ke aplikasi dapodik , dan mulai melakukan input serta update data. Proses registrasi wajib dilakukan, dan hanya sekali saja, kecuali saat instal dapodik kurang sempurna, Maka instalasi dan registrasi dilakukan kembali.
Pastikan Aplikasi dapodik 2020 sudah terinstal dan Kode Registrasi sudah ada dan benar. 

Yang perlu diingat, registrasi dapodik 2020 ini memakai 2 cara yakni Online dan offline.

1. Registrasi online wajib tersambung dengan internet namun tidak membutuhkan atau tidak perlu memasukkan Prefill dapodik di folder C system komputer

2. Sedangkan registrasi offline tidak perlu tersambung ke internet, namun wajib memasukkan prefill yang sudah di generate dan dimasukkan ke komputer.

Oke kita coba registrasi dapodik dulu, secara online,
Saya coba setelah instal dapodik, maka secara otomatis akan terbuka aplikasi di browser dengan alamat http://localhost:5774/registrasi seperti gambar di bawah. Kemudian saya isikan kode registrasi dapodik, username dan password dapodik yang lama. Jenis registrasi secara Online. Lalu klik Submit.

Memakan waktu yang lumayan lama dengan jaringan provider XL, mungkin lagi sibuk server disana, hehehe. Admin pake yang registrasi cara online, karena saat generate prefill tidak berfungsi tombolnya. Prefill dipakai untuk registrasi secara offline.

cara instal dan registrasi Dapodik 2020
cara registrasi dapodik 2020

Cara registrasi dapodik secara offline

Pastikan prefill sudah didownload dan dimasukkan ke komputer. Lihat cara generate prefill dapodik

Pertama klik ikon Dapodikdas di Desktop komputer. Atau biasanya setelah selesai instal dapodik, maka secara otomatis akan muncul di browser dengan alamat http://localhost:5774/registrasi
 Akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Namun disini kita pilih offline, jika prefill kita masukkan ke komputer.
cara instalasi registrasi dapodikdasmen versi terbaru 2020


Proses registrasi berhasil ditandai dengan munculnya Nama Sekolah, NPSN dan Kode Registrasi. Lihat gambar di bawah.

cara instalasi dapodikdasmen versi terbaru 2020
KLIK OK SETELAH BERHASIL REGISTRASI DAPODIK

Cara instal dan registrasi dapodik



Selanjutnya adalah login atau memasuki aplikasi dapodik, lihat gambar di atas, prosesnya sama, klik ikon DAPODIKDAS di desktop komputer,  hanya nantinya yang di klik adalah masuk. Selesai, tinggal anda kerjakan deh dapodiknya

Harap dicatat baik-baik email/username dan password aplikasi ini.

Urutan proses Instalasi Dapodik



Hal ini begitu penting dilakukan agar operator tidak salah langkah dan aplikasi menjadi error. Biasanya operator lupa mengenai hal ini, tak terkecuali operator dapodik lama, begitu selesai ada yang tidak beres dengan aplikasinya. masalah muncul Seperti kode registrasi tidak ditemukan dll.

Nah berikut proses yang benar sebelum dan saat kita melakukan instalasi dapodik versi terbaru

1. Pertama kali, hapus aplikasi dapodik versi lama.

2. Lakukan generate prefill dapodik dan download juga prefillnya.

3. Setelah kita Uninstal dapodik, folder prefill masih ada masukkan saja disitu. (Untuk yang melakukan instal dilaptop baru, sebelumnya belum ada, maka wajib membuat folder baru bernama prefill_dapodik di drive C:). Lalu Hapus prefill dapodik lama, kamudian masukkan prefill dapodik yang terbaru hasil download tadi. Prefill baru adalah database hasil sinkronisasi terakhir yang kita lakukan. sedangkan prefill lama tidak bisa digunakan lagi untuk versi terbaru.

Urutan yang benar proses instalasi dapodik 2020. bagaimana proses sebelum dan sesudah proses instalasi dapodik 2014 versi 3.00.
Prefill dapodik di drive C komputer


4. Setelah kita masukkan prefill baru di komputer. Baru kita lakukan proses instalasi dapodik versi terbaru. Silakan download di link ini resmi dapodikdasmen Kemdikbud aplikasi installernya. Instal sampai benar-benar tuntas.

5. Berikutnya adalah mengatur waktu di laptop/komputer kita, jika sudah sesuai, tidak perlu lagi. Jika belum segera lakukan.

6. Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi aplikasi dapodik.Selesai registrasi kita tinggal login, menggunakan email dan password saat melakukan registrasi dapodik tadi. Dan saatnya melakukan pengisian dapodik.

 Demikian tadi bagaimana cara instalasi aplikasi dapodik terbaru lengkap dari awal hingga selesai.Silakan dilihat video youtube cara instal dapodik


0 Response to "Cara Instal Dapodik Lengkap"

Posting Komentar