Back To Top

Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  lewat Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) membuka Pendaftaran Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI. Kegiatan Sertifikasi ini diadakan oleh BPPTIK setiap tahun yang biasa dibagi kedalam beberapa gelombang, Untuk tahun 2018 kegiatan ini merupakan gelombang pertama.

Pendaftaran untuk gelombang ke-1 paling lambat pada hari Jumat tanggal 6 April 2018 pukul 12.00 WIB. Seluruh pendaftar (calon peserta) akan melalui proses seleksi dan konfirmasi. Dan peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak dipungut biaya apa pun (gratis). Biaya transportasi pergi-pulang ditanggung oleh masing-masing peserta.

Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI

Skema Sertifikasi yang dibuka merupakan skema sertifikasi okupasi, yaitu sebagai berikut:


  1. Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer)
  2. Digital Artist Junior (Junior Digital Artist)
  3. Helpdesk
  4. Junior Office Operator
  5. Pengembang Web Pratama (Junior Web Developer)
  6. Teknisi Utama Jaringan Komputer

Skema sertifikasi di atas akan dibuka apabila jumlah peserta yang lolos seleksi pada skema tersebut minimal mencapai 28 orang.

Persyaratan Umum Calon Peserta

  1. Memenuhi Persyaratan Khusus Calon Peserta, sesuai dengan Skema Sertifikasi yang diikutinya (lihat di nomor C).
  2. Diutamakan usia maksimal 25 tahun.
  3. Diutamakan belum bekerja.
  4. Diutamakan belum pernah mengikuti kegiatan serupa yang diselenggarakan oleh BPPTIK.
  5. Mengupload scan ijazah pendidikan SMK/SMA/sederajat pada saat pendaftaran (atau Surat Keterangan Lulus Sementara bagi yang baru saja lulus namun ijazahnya belum diterima).
  6. Selama kegiatan mengenakan pakaian rapi dan sopan (laki-laki dan perempuan: kemeja berwarna putih dan bawahan berwarna hitam/gelap; tidak diperbolehkan mengenakan celana jeans; mengenakan sepatu)
  7. Membawa pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar.
  8. Mengisi formulir pendaftaran online hanya melalui website BPPTIK (klik di sini)
  9. Tidak mengundurkan diri jika dinyatakan lulus seleksi.
  10. Bersedia mengikuti peraturan dan tata tertib (tata tertib download di sini).
  11. Bersedia mengikuti kegiatan hingga akhir (susunan acara download di sini).
  12. Opsional: membawa notebook pribadi jika menggunakan perangkat lunak tersendiri, khususnya untuk yang mengikuti Sertifikasi Kompetensi dengan Skema: Desainer Grafis Muda (Junior Graphic Designer), Digital Artist Junior (Junior Digital Artist), Junior Office Operator, dan Pengembang Web Pratama.
  13. Opsional, dianjurkan: membawa sertifikat pelatihan bidang TIK yang pernah diikutnya.
Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, calon peserta harus memenuhi persyaratan, mendaftar secara online, dan lolos seleksi yang dilakukan oleh panitia. Informasi selengkapnya mengenai persyaratan dan pendaftaran Gelombang ke-1 dapat dilihat pada tautan ini


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



Arsip Blog